Sore ini saya ikut seminar dari junior_trader. lihat iklan dan daftarnya juga dadakan. satu satunya yang bkin tertarik adalah pak satrio utomo @rencanatrading tertulis sebagai pembicara, ga banyak mikir saya langsung daftar. H-2 pak satrio ngasih pe’er untuk baca 4 topik yang menjadi judul di atas. saya sih sudah baca semua tulisan di blog pak satrio, iya semua, semua artikel, iyaaa, semuanya. jadi saya pede aja dateng.

Sampe ke TKP saya telat, bukan telat acara pak satrio tapi telat pembukaan, masuk keruangan ternyata materinya gokil juga, kalo jadi value investor cocok banget deh materinya. saya malah dapet ide materinya untuk analisis timing top up reksadana saya. dari pada jadi value investor, qt percayakan saja sama manajer investasi, selama timing top up tepat. return niscaya baik. tanpa timing yang tepat saja return manajer investasi kelas atas selalu melibihi IHSG. ya gak? keceh deh.

Balik lagi ke pak satrio, beliau memaparkan bagaimana melakukan stockpick, positioning, entry hingga exit hanya dengan 4 indikator di atas. yoi! (udah mulai serius) cuma 4 itu doank, gile. ga pake volume, MACD, moving average dkk. aje gile. saya sih emang ga pake moving average. tapi volume? volume gitu loh. trend is a friend kan pak satrio? ancur semua pemahaman saya tentang analisis saham. gawat. tapi yang begini saya suka banget. selama make sense sih saya percaya. tapi tiap baca penjelasan indikator sih semua make sense. pkoknya gawat deh pak satrio. malam ini saya langsung download ebook terkait 4 topik di atas. agar lebih paham lagi. dan makin yoih (super serius) hehe.

Untuk positioning senin, bocoran dari pak satrio kalau neraca bakal defisit, tapi malam ini DJI naik. +93! saya sih netral saja. toh portofolio saya alhamdulillah masih positif. jika senin pagi gelagatnya buruk saya early profit taking aja. kalau naik, saya sudah stockpick atau nambah posisi.tapi pak satrio pengennya turun dulu, menjemput 4500. baru rebound. ya pkokya lihat senin deh.