Dow Futs hingga saat ini (17:13 WIB) -118poin. HSI -336poin, STI -24poin. dengan tekanan seperti ini sepertinya besok masih belum rebound. seperti pada artikel sebelumnya, menurut hitungan saya support gap paling dekat dengan IHSG adalah 4579-4567. saat ini IHSG bertengger di 4584. jadi masih ada jarak untuk mengalami penurunan. support ‘gawat’ yang jika ditembus ada di 4490-4510. Jika itu tembus maka maka buttom dan trend jangka menengahnya IHSG menjadi bearish. 

Satu pelajaran penting yang saya dapatkan hari ini adalah profit proteksi harus lebih agresif jika tekanan jual sangat tinggi. 3 saham saya yang terjual hari ini memang terjual +, namun jika dihitung dengan fee jual dan beli maka akumulasinya justru negatif. alhamdulillah dapat pelajaran berharga. :) 

Porto saya saat ini BBNI saja, kaget juga dapat BBNI, Besok saya pasang support dekat saja. karena tekanan jual masih tinggi. dan artikel ini saya tulis sore pukul 17:30 WIB karena bagi saya nyaris hampir pasti besok IHSG akan melanjutkan koreksi. karena watchlist saya ada di LQ45 yang cenderung mengikuti pergerakan IHSG saya meminimalisir risiko dengan full cash sampai menunggu signal rebound. karena dalam saham, Tidak bijaksana melakukan positioning dalam keraguan.