ini quick update dari gambar di artikel sebelumnya disini , di artikel tersebut saya menuliskan

Jangan lupa, sebuah pola itu akan valid jika memang sesuai alurnya. jadi jika mengikuti pola cup and handle ini, arah IHSG akan setinggi dalamnya si cawan. enak to. agar pola ini valid syaratnya ihsg ga boleh bikin low lebih dari garis bibir cawan

Nah, walaupun kemarin sempat koreksi sebelum rebound dihari jumat lalu, bibir cawan masih aman. belum ditembus dengan sempurna. ingat, syaratnya ditembus dengan sempurna adalah 3 hari, 3 persen atau 3 apa gitu. pokoknya the rule of three.

So, karena masih aman, proyeksi IHSG jangka pendek, menengah dan panjang IHSG masih bullish. jika anda khawatir krisis yunani, suku bunga the fed, sampai ISIS, jangan terlalu kawatir, market discounted everything. nanti kl memang akan terjadi perubahan trend maka grafik akan menunjukan. trade what you see. and we did’t see any support break down last week.

again, jumat kemarin DOW ditutup minus signifikan, anda panik? si DOW lagi alay karena di amrik sana lagi musim earning report. jadi pergerakannya cukup volatile, dan biasanyaaaaa, pergerakan DOW di saat earning season pengaruhnya tidak terlalu signifikan / tidak (terlalu) linier dengan pergerakan IHSG.

so, selama garis merah pada gambar diatas engga di tembus, pergerakannya masih positif, semoga si minggu depan kita akan bikin rekor lagi. sentimennya adalah rilis data ekonomi senin besok. semoga datanya baguss yaa. amiin.