Wah, baru semalam saya post tentang DJI yang sudah di resisten. jangan pada panik kalo minggu depan akan koreksi. ternyata semalam beneran koreksi doi. entah apa semalam itu artinya DJI gagal breakout resisten dan akan menuju support atau hanya istirahat.  dibawah ini gambar terakhir dari DJI.

kalau anda tipe yang percaya pergerakan IHSG linier dengan DJI berarti sudah tau dong jika DJI menembus supportnya yaitu low si ijo tinggi terakhir berarti DJI arahnya ke garis merah yang bawah. kalau terjadi sebaliknya, DJI menembus resisten ya kita bisa ikutan rally. hehe.

Nah, sentimen minggu depan untuk DJI apa? semalam data pengangguran di atas ekpektasi. jadi isu bahwa juni interest rate akan naik bakal ramai minggu depan. kl sudah isu itu si biasanya koreksi. secara teknikal stochastic sudah di area oversold dan MACD sudah golden cross. karena masih di sekitaran garis 0. maka biasanya sideways. sidewaysnya ya garis merah itu. dan ya kalau diperhatikan si DJI memang sideways.

kalau yang diatas ini gambar IHSG. jumat kemarin kembali menembus ascending price channelnya. tinggal lihat 2 candle berikutnya. kalau konsisten diatas price channel tsb. berarti target selanjutnya 5367. terus langit deh. ga ada yang tau. hahaha. jika koreksi gimana? selama garis merah yang bawah ga ditembus kita aman.

nah, yang bikin seru adalah, dengan DJI yang semalam sudah koreksi. jika beneran koreksi terus. tentu akan memberikan sentimen negatif atas upaya break rekor IHSG. bahasa analisnya ‘wait and see atas koreksi pergerakan index global’. hahaha

yang selanjutnya, dari dalam negeri kita minim sentimen. kalau ga salah periode ini adalah periode earning report ya. semoga ada yang wow gitu reportnya. biar jadi sentimen positif. biasanya kalau dari dalam negeri minim sentimen gini ya kita sideways atau koreksi.

dari segi teknikal stochasticnya mirip mirip saham uptrend. diatas terus. karena masih naik terus. kl sudah diatas terus gitu udah ga masuk istilah oversold. nanti malah ga belanja belanja karena takut dah kemahalan. untuk MACD masih uptrend diatas garis 0. so far so good.

Jadi gimana? saya galau. deep down saya yakin kita akan lanjut bikin rekor minggu depan. tapi agak choppy kali y. soalnya DJI asumsi saya akan koreksi. kalaupun minggu depan koreksi. berdoalah tidak menembus garis merah yang ke dua. kalau cuma sampai garis merah yang paling atas kita aman banget.

lantas apa saya akan tetap belanja. lah iya. sekarang saya ga liat IHSG untuk belanja. saya liat yang potensi breakout. kalau ga breakout kan saya ga dapet. jadi ga rugi. hehe. pergerakan IHSG hanya mempengaruhi positioning size saya. kalau keliatan bakal oke. saya pede. kalau engga ya tetep belanja tapi agak dikit. menej risiko biar ga rugi fee.

udah ya. happy trading 😀