Bulsh*t ‘Round Here

Posted on Posted in stockactivist

disclaimer: jangan terlalu diambil hati ya guys, judul dan premis artikel ini cuma gimmick yang menurut saya paling mewakili pesan yang saya ingin sampaikan.

Terinsipirasi lagu Blake Shelton – Boys ‘Round Here, akhirnya muncul tulisan ini, tentang statement-statement trader yang menurut saya adalah bullshit. yes.. bullshit, taik kebo.. eh banteng.

Jika anda seorang investor di pasar saham, dan tergabung di komunitas, seringkali anda akan menjumpai statement-statement, ada yang seperti battle cry yaitu sebuah kata atau ungkapan yang diteriakkan oleh tentara yang bertempur untuk mengekspresikan solidaritas dan mengintimidasi musuh. ada yang menunjukan ketegaran, keberanian, keputus asa-an atau terkadang menyiratkan ke kepercayaan diri yang tinggi.

dibawah adalah statement yang menurut saya cuma di omong doank tapi ga bakal di lakuin, mari kita mulai:

  • Seroookkk… ayo ndar di turunin kalo berani, ane bakal serookk terusss!

Entah yang ini menunjukan keberanian atau keputusaan,.. founder stockbit mr. Wellson atau investor kawakan macam Bpk. Joeliardi Sunendar, walaupun ingin memiliki margin of safety yang baik tentu ga bakal sampe nulis statement macam diatas. why? ada wisdom yang mengatakan ‘it’s not intrinsic characteristics or personal habits that determine whether you’re successful or not. It’s your behavior.’

dan imho, tingkah laku ‘ayo ndar turunin kalo berani’ tentu bukan salah satu ciri dari investor sukses.

tapi bukan tidak mungkin sukses, karena seiring berjalan waktu sebagai trader bisa saja kita terus berkembang, dulu-nya alay terus tobat kan boleh saja.

sek paktua…. statement diatas konteknya dia mau nambah kok, bukan dia sukses apa engga…

yes i know, but No, you will not keep adding your stock when it plunged. instead, you will pray to the god and blame the rigged market.

jika peluang nulis statement diatas adalah nol persen untuk investor waras, gimana untuk trader?

seriously guys, apa mungkin pak alfatih bakal nulis statement diatas, atau ko Asun atau Bang Bern. atau pak dannybuffet deh. zero. null.

Nambah sekali dua kali si masih mungkin, jika harga masih diatas batas stop, namun jika sudah dibawah dan anda masih average, anda sangat rentan membuat anda lupa tujuannya avg sebelumnya apa..

tadinya agar avg mendekati support biar pas mantul nampol, tujuannya akan menjadi merendahkan avg serendah-rendahnya agar begitu mantul biar keluar dengan selamat… pas loss ditungguin lama, pas ijo baru se-iprit udah dijual.

paktua! statement diatas konteknya dia mau nambah kok, bukan dia sukses apa engga…

iya,.. , still statement above is bullshit. biasanya yang nulis itu udah nyangkut akut. trader yang terpaksa jadi investor. and he/she wont do the add shit

  •  Tutup laptop, buka lagi tahun depan

Mungkin statement ini saya bisa lakukan karena besok saya akan mudik dan ga bawa laptop, balik-balik  wiken pertama januari.

mungkin ini kiasan karena secara harfiah ini jelas sulit,.. ga buka laptop sepanjang tahun, apa laptopnya dijual?

jika yang dimaksud adalah tidak membuka aplikasi trading? itu mungkin saja, tapi jika yang dimaksud adalah tidak ‘mengikuti’ market. kecuali adan punya kesibukan lain yang menghalangi anda melakukan statement diatas atau anda pernah sukses diet atau kegiatan lain yang perlu disiplin tinggi, mungkin saya akan percaya.

otherwise, i called it bullshit

apa hubungannya ama diet? disiplin.

btw setahun aja bullshit apa lagi kalo nemu statement ‘beli lalu buka 10 tahun lagi’… that’s mega bullshit :)) 

  • Saham ….. besok (atau lusa) bakal ARA. 

Statement ini 98%-nya adalah doa, 2% lainnya putus asa.. jadi bukan ngasi tau bakal ARA.

  • Statemen klaim tentang metode analisa apa yang paling baik, perdebatan biasanya terjadi antara antara penganut teknikal analisis dan fundamental analisis

it’s all bullshit, perdebatan yang kayak begini dilakukan semata-mata karena dorongan birahi.

iya.. menurut segitiga maslow, perdebatan bullshit ini didorong keinginan akan aktualisasi diri. puncak dari hierarchy of needs seseorang. biarin aja jangan diladenin. buang-buang waktu.

buat saya, kalian mau menggunakan arah angin, gelombang laut atau kalo perlu siklus putaran bumi untuk keputusan jual beli itu bebass dan semua benar.. wong harga mau kemana ga ada yang tau.. jangan sok-sok-an paling benar.

 

apa lagi y..ada statement lain yang saya lewatkan?

 

Now let's talk about it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *