Lagi males positioning, soalnya sibuk thesis, ane nulis beberapa catatan penting hasil trading selama ini. semoga bermanfaat.

  1. 15-30 menit awal jam perdagangan adalah waktu yang paling sering false signal. kadang saat dibuka IHSG merosot tajam. tentu trader yang disiplin cenderung stoploss apa lagi jika support telah ditembus. namun sering kali juga hanya dalam periode 15-30 menit tersebut IHSG sudah kembali rebound. hal ini sering menimbulkan rasa kesal, menyebabkan trader yang sudah cutloss buru-buru buyback padahal setiap transaksi beli / jual dikenai fee. dengan begitu maka sebaiknya keputusan cutloss / nambah posisi dalam periode tersebut harus sambil memantau pergerakan volume bid dan offer dari saham begitu juga dengan pergerakan dana asing. intinya 15-30 menit awal jam perdagangan menuntut kewaspadaan 🙂
  2. Perlu di ingat trailing stop untuk proteksi profit pada saham dalam porto yang jumlah lotnya besar wajib dilakukan secara partiall sell. agar jika ternyata harga rebound.
  3. Jika ingin mengayun posisi. Jual lalu beli di saham yang sama sebaiknya dilakukan pada sesi ke II. harga lebih cenderung stabil dan tidak fluktuatif.
  4. Sebelum positioning sudut pandang sebaiknya di zoom out dari beberapa hari belakang, maksudnya agar dapat melihat dan menganalisis gambar sentimen market lebih jelas. contohnya 17 aril 2014. sejak awal pekan IHSG positif karena berharap pengumuman wapres jokowi akan dilakukan dalam 2-3 hari. umumnya berspekulasi jika wakil jokowi adalah JK maka pasar akan positif. hari ini hari rabu 17 april. sejak kemarin IHSG ditutup positif seadanya. sepertinya market berharap pengumuman wapres akan segera dilakukan jokowi. padahal kepastian dan pengumuman wapres menurut pendapat saya akan dilakukan PDIP setelah koalisi dgn PKB jelas atau koalisi dng 1 partai lain sudah jelas. jadi asumsinya paling cepat weekend ini atau minggu depan. jadi pilihannya hari ini adalah profit taking dan positioning minimalis diharga support. jgn lupa pasang auto sell jarak dekat. karena jika wapress tidak sesuai keinginan pasar maka terproteksi dari bantingan harga.