akhirnya saya bisa fokus kembali, tepatnya saat waktu makan malam akhirnya bisa fokus mendengarkan podcast, podcast dari chatwithtrader no 159. sebenarnya iseng aja, kepala lagi puyeng kebanyakan lihat layar seharian. sepanjang minggu sebenarnya saya mendengarkan 2-3 podcast yang hanya lewat begitu saja, tapi entah mengapa, malam ini walaupun pembahasannya cukup membosankan, ada satu pesan yang disampaikan greg newman menurut saya penting. yaitu menganalisa keputusan jual beli yang sudah dilakukan secara detail.

sebenarnya saya pernah melakukan pencatatan seperti ini, bahkan rasanya saya masih disiplin mencatat transaksi jual beli saya (kecuali 1-2 bulan terakhir) di web chartHero yaitu chart.paktua.id , tp setelah mendengarkan podcast diatas, rasanya ada yg mayoritas trader lewatkan dalam pencatatan atau trade review bagaimana seharusnya dilakukan. yaitu mindset extreme ownership dan in depth trade review.

extreme ownership adalah mentalitas yang meyakinin seluruh output / outcome yang kita terima adalah sebab dari keputusan dan merupakan tanggung jawab kita. sedangkan in depth review adalah analisa mendetail atas keputusan beli dan jual yang kita lakukan. detail. tidak sekedar menuliskan output dari trade tapi secara menyeluruh menceritakan apa yang kita rasakan dan alami sehingga memutuskan mengambil keputusan yang kita ambil.

menurut greg, dua hal diatas yang membuatnya menjadi trader lebih baik.

terdengar basi?

rasanya sering banget kita membaca pentingnya mencatat trade yang kita lakukan, cuma pertanyaannya apakah kita  sudah melakukan pencatatan? jika ya, apakah kita melakukannya secara konsisten? jika ya, apakah kita melakukannya secara detail? jika iya, apakah kita benar-benar mempelajari kelemahan dan kelebihan kita dari catatan tersebut?

dari pertanyaan diatas, jika ada satu yang dijawab tidak, maka bisa jadi itulah penyebab anda belum menjadi trader sesukses yang anda inginkan hingga saat ini.

bagaimana dengan saya? hmm.. saya tidak konsisten melakukan pencatatan, dan sepertinya tidak pernah benar-benar membaca ulang catatan tersebut agar bisa menganalisa kelebihan dan kekurangan saya dalam mengambil keputusan. biasanya cuma di ingat-ingat saja.

kurang tertarik? atau merasa journaling tidak bisa memecahkan masalah anda untuk menjadi trader lebih baik?

baik, kita ubah perspektifnya, jika anda merasa sudah melakukan semua dengan benar, tidak ada salahnya anda melakukan pencatatan hanya untuk mengetahui klaim ‘sudah melakukan dengan benar’ tersebut.. karena seperti quote diatas, melakukan pencatatan adalah upaya untuk mengetahui keyakinan ( baik yang disadari atau tidak disadari) yang anda miliki.

sekali lagi.. untuk mengetahui keyakinan (baik yang disadari atau tidak disadari) yang anda miliki.

gimana? jadi melakukan journaling bukan dalam rangka menjadi lebih baik, cuma mau membuktikan klaim . misalnya klaim bahwa saya adalah trader disiplin, yang selalu cut loses short dan let profit run itu benar adanya.. klaim bahwa saya punya edge saat market trending karena saya selalu buy on breakout… apa benar saya mayoritas buy on breakout.. mari kita bandingkan dengan catatan.

karena kadang kala apa yang anda yakini kita lakukan, tidak berbanding lurus dengan kelakukan kita sebenarnya.

so? tertarik untuk melakukan in depth review? malu? atau ga punya tempat menulis?

jangan kawatir, anda bisa melakukan journaling di halaman ChartHero di url http://chart.paktua.id

jika ragu, anda bisa membaca journaling saya di laman disini, http://chart.paktua.id/q/in-depth-trades-review-paktua/

kalo mau lihat analisa chart saya, bisa di menu ‘Arsip Analisa Saham’, di update mingguan… tertarik? cukup daftar lalu anda bisa lalu membuat thread sendiri untuk melakukan journaling, semua orang bsia membaca dan memberi komentar, jadi kita punya mata lain untuk membantu evaluasi.

sampai jumpa di ChartHero !