tadinya saya mau nulis resume trading podcast, namun karena podcastnya sangat keren, saya kawatir saya malah terjebak dalam narative fallacy. terlalu menyederhanakan pesan dari narasumber, anda-anda malah bisa tersesat karena tulisan saya. jadilah misi untuk menulis resume podcast batal.

silahkan luangkan waktu anda untuk mendengarkan podcast dari @futurestrader71. keren banget deh. https://t.co/9ZtFJyPmC6 , sebagai contekan, ada satu qoute bagus dari hasil saya mendengarkan podcast ini. saya rasa ini sangat penting untuk diresapi setiap trader.

“Follow each trade as if it’s the first trade of the day.” – @FuturesTrader71

well, karena udah terlalu lama puasa nulis. saya ga boleh absen nulis lagi. mari kita nulis soal rekomendasi dan asumsi index di pekan depan. sebelum kita mulai. ada satu hal yang perlu kita catat sebagai sentimen pergerakan di pekan depan.  sentimen tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah speech dari mbok yellen. pidato si mbok langsung berdampak bagi DOW yang turun -0.29% dan dollar index yang lompat +0.84%. artinya kita boleh curiga sepanjang minggu depan, selain isu soal kenaikan interest rate oleh the fed,  isu soal rupiah melemah juga akan menjadi sentimen negatif.

mari kita lihat chart IHSG dibawah. dengan posisi yang sudah diarea resisten dan secara momentum IHSG terus melemah, jadi tanpa news yang wow sepertinya potensi menjebol resisten agak sulit. posisi chart + sentimen dari luar saya rasa kurang ideal untuk ambil posisi agresif dipekan depan.

photo_2016-08-28_19-31-47

THE UNKNOWN UNKNOWN

beberapa chart saham cukup menarik untuk saya, diantaranya adalah AKRA, BBNI, INTP, MPPA, PGAS dan LSIP. namun tanpa meremehkan faktor-faktor lain yang bisa saja menjadi sentimen namun tidak kita ketahui, IHSG sepertinya minggu depan akan koreksi. dengan asumsi seperti itu, sebaiknya hindari saham saham blue chip. biasanya mereka cenderung mengekor index dengan 1 atau 2 yang berlaku sebaliknya untuk menahan index. untuk daftar saham menarik yang tadi saya sebutkan, jika pun masuk atau auto buy saya berjalan, saya akan masuk dengan size yang relatif kecil.

saya sendiri hingga saat ini masih kosongan. posisi saya terakhir adalah LSIP dan INTP, keduanya terkena stoploss sebelum besoknya mantul dengan luar biasa T_T. hehe. jadi saya ga mau buru-buru. IHSG sepertinya sedang menanti momentum yang tepat untuk koreksi. bisa saja speech mbok yellen manjadi alasan bagus untuk market koreksi.

mau koreksi atau lanjut saya sih ikut aja. auto buy sudah disetting buat 3 dari 6 saham diatas, 3 lain menunggu gimana besok. sok atuh, gimana mr. market aja.

okesip. sampai jumpa ditulisan berikutnya. 🙂