sebagai pembuka, saya mau mengingatkan jika project rsgn resmi kick off sejak 1 maret. artinya, 31 maret nanti saya akan mulai nulis monthly income report 🙂 .  project rsgn adalah project melaporkan income bulanan se-transparan dan akuntabel mungkin selama setahun penuh. why? dalam rangka self respect, sebagai cermin kelakuan saya dalam trading. sengaja di publish biar tau malu. hehe

oke next!

pekan lalu nyaris semua portofolio saya ada di tipping point, titik penentuan apakah akan saya hold, profit taking atau malah accept loss. penentuan tipping point keputusan keep atau jual saya dipengaruhi oleh candle weekly. adalah sebuah keharusan candle weeklynya making higher high. why? agar terkonfiramsi jika portofolio saya masih dalam trend naik. saat ini portofolio saya : ASRI, BMRI, INTP, KLBF, LSIP, LPKR all of them has good accumulation and weekly chart.

so, karena nyaris semua stock dalam portofolio saya memiliki chart dan akumulasi weekly keren, jadi saya akan cenderung hold dan add more di stock stock yang sudah masuk porto. namun tentu diluar porto saya juga tertarik dengan beberapa saham. dibawah ini adalah saham saham layak pantau, mari kita mulai parade chartnya.

INTP.JK

photo_2016-03-05_09-27-29

intp ini saham sepi, bid offer tipis tipis, emosi kita mudah sekali dibikin galau (lihat saja chart weeklynya, body candle panjang-panjang bener). tapii… jika dilihat dari akumulasinya, dan tentu pola higher high dan lower high yang terus di bentuk sejak mid januari tentu hold barang ini jadi cukup pede. apalagi candle weekly terakhir berhasil keluar dari pola konsolidasi.

yang bikin ga enak dari saham ini adalah sudah 2 hari berturut turut penutupan ditarik ke atas. maka untuk intp saya akan cenderung hold tanpa menambah. just ride the price. buat yang belum punya barang, seharusnya kmrin beli saat break 20300. masuk senen besok juga belum terlalu jauh. support line adalah area 20000-20300. hopefully next candle tetap making higher high.

KLBF.JK

photo_2016-03-05_09-27-34

jika dilihat dari chart daily, tidak ada yang mnarik dari KLBF. serius. saya belinya karena chart weekly yang ngarepnya membentuk high low. jumat kemarin ngarep banget KLBF nutup diatas garis merah bawah dari chart weeklynya. eh malah persis di posisi itu. yasutralah. hehe. untuk yang belum punya, saya sarankan si nonton aja, atau kalau kebanyakan peluru bisa akumulasi buy mulai minggu depan dengan keputusan hold jika jumat minggu depan candlenya tidak nutup dibawah open week-1.

ASRI.JK

photo_2016-03-05_09-27-39

saya masuk di garis merah bawah pada daily chart, lalu nambah lagi saat koreksi. target pertama asri tentu garis merah atas pada daily chart. kayaknya si kesampean. hehe. amiin. mau tau kenapa saya masuk asri? karena ada positive divergence di weekly chart. didukung power buyer yang bisa saya lihat via data accum.

untuk yang belum punya, posisi harga asri ini sudah di tengah jalan. too late. kecuali mau hold dan yakin harga garis merah di candle weekly akan disamperin. saran saya masuknya nanti if break garis merah atas di daily chart saja. better late then wrong, right?

BMRI.JK

photo_2016-03-05_09-27-44

modal saya di garis merah daily chart untuk BMRI, beli karena ada akumulasi buyer dan ngarep nutup gap. eh beneran kejadian, hehe. tapi ga dijual karena ngarep (again) candle weeklynya nutup di atas candle merah week-2 (yang ada angka 1 nya). eh ternyata kagak.

ditilik dari chart daily BMRI, targetnya memang cukup jauh, saya yakin perjalannya akan cukup terjal. apalagi ini saham banking. mudah sekali ditoel ama news. hehe. so jadi yang belum punya sebaiknya nonton saja. harga sudah setengah jalan.

LPKR.JK

saham pilihan, saham pemenang, chart saham, analis saham pekan ini, saham cuan
seperti yang sudah sering saya tulis, saya itu tipe buy on breakout, LPKR saya beli saat breakout di candle merah tu. yang digaris. ternyata fake breakout dan dibawa nyelem sampe mendekati support, hebatnya saya tetep hold. actually, i dont know why i hold this stock. hahaha. kacaw.

akumulasi? well, data akumulasi ga valid di lpkr karena this stock terlalu didominasi bandar. semua data accum-nya positif. saya hanya modal price action aja. jika dilihat dari daily dan weekly chart, ada harapan saham ini akan keluar dari masa konsolidasi.

untuk yang belum punya barang ini. pantengin baik baik. karena jika beneran jalan. lpkr biasanya suka ngamuk. hehe.

LSIP.JK

photo_2016-03-05_10-09-19

untuk saham ini saya akumulasi buy saat candle merah di h-2 sebelum hari jumat. why? karena saya ada moving average support disitu dan tentu data accum. itu doank? tidak, karena saya yakin merah 2 hari itu cuma buat nuruin penumpang sebelum ditutup hijau di hari jumat. kenapa musti ijo dihari jumat? agar chart weeklynya making high high. eh beneran kejadian. hahaha…. pret. btw di weekly ada positive differgence.

namun ada yang ga saya suka dari chart weekly lsip ini. high di week-2 (yang merah) gagal menyentuh resisten. artinya momentumnya kurang. jadi bagi yang belum punya barang, saya sarankan masuknya nunggu resisten breakout di daily chart.

KESIMPULAN

okeh. itu tadi 6 chart dari portofolio saya. dari kesemuanya, gacoan saya untuk anda buy adalah INTP. dan perhatikan baik baik price action dari LPKR dan KLBF. 

diluar portofolio tentu ada beberapa saham menarik antara lain ADRO, ANTM, GIAA, SSIA dan INCO. cuma udah jalan semua. saya dihari jumat nyopet inco. jual pas di xx85. lumayan banget. ga di hold karena it is too hot. sehari naik tinggi bet.

saham saham diatas yang belum jalan hanya GIAA dan SSIA. sisanya semua sudah di upper bolinger. karena itu strateginya adalah akumulasi buy. pilih salah satu saja. target saya si INCO. atau ADRO saat brekout. eh iya ada satu stock yang layak pantau banget adalah LPCK. mari kita lihat chartnya.

LPCK.JK

photo_2016-03-05_09-27-49

LPCK already making lower low di mid term. saat ini posisi di resisten. plus POSITIVE DIVERGENCE yang didukung akumulasi oleh buyer (iya, data accumnya bagus). keren kan? hehe

portofolio sudah, watchlist diluar portofolio sudah. maka saatnya bahas indeks. THE WEATHER

photo_2016-03-05_10-30-14

mari kita list beberapa hal yang layak menjadi pertimbangan :

  1. lihat dua ribbon dibawah? itu satu adalah data akumulasi dan satu lagi area donchian. di qtp (ini nama room telegram) selama area donchian ijo maka hold. nah ini dua dua nya ijo. jadi?
  2. ada gap dibawah, saya pikir hari jumat kemarin bakal disamperin. mungkin minggu depan, mungkin malah bukan minggu depan. hehe
  3. chart DOW  masih seteroooong. menuju target double bottomnya.
  4. di tulisan disclaimber sebelumnya saya menulis bahwa IHSG sedang koreksi sebelum melanjutkan uptrendnya. memang bener kejadian namun ada hal yang harus menjadi pertimbangan adalah minggu lalu blue chip khususnya bangking tidak banyak mendukung pergerakan IHSG. cuma balancer dan duo indofood yang bagus lainnya peran pusher dipegang second liner dan saham komo, apakah minggu depan para balancer (HMSP, UNVR, GGRM) akan istirahat dulu dan perannya digantikan oleh bangking? gerakan banking buat saya penting karena menunjukan sentimen ini beneran bullish apa bullish kerupuk. tapi INDF si beneran kayaknya.
  5. chart weekly IHSG cakep bener.

NEWS :

  1. harga minyak seterong. nembus $36. nickle dan komoditas lain sepertinya juga bagus.
  2. tanggal 7 bakal ada pengumuman data reserves duit dari BI.

STRATEGY

minggu depan saya dipalembang sampe rebo. jadi cenderung hold. atau nambah yang sudah ada di portofolio. ga jual? unless ada yang menunjukan selling power dominan, baru saja jual.

targetnya si, mau beli ADRO dan LPCK saat breakout, untuk INCO saya ngarep koreksi untuk akumulasi buy. namun saat ini di portofolio sudah 6 stock. it is too much! i’ll enjoy what i already have aja. ga perlu nguber INCO, ADRO dan LPCK, well, mungkin dikecualikan untuk LPCK. abis cakeep bet. haha. let’s see next week.