DISCLAIMER: WELCOMING APRIL

again, sebagai pembuka, saya mau mengingatkan jika project rsgn resmi kick off sejak 1 maret. artinya, 31 maret nanti saya akan mulai nulis monthly income report  . the progress so far so good. lah iyalah kan index kita bullish. hehe.  bagi yang belum tau, project rsgn adalah project melaporkan income bulanan se-transparan dan akuntabel mungkin selama setahun penuh. why? dalam rangka self respect, sebagai cermin kelakuan saya dalam trading. sengaja di publish biar tau malu. hehe

info ke dua, saat ini website kembali migrasi (lagii!!). semoga untuk yang terakhir. hehe. alamatnya tentu http://www.paktua.id . di ingat ya.

oke next!

REVIEW : 

pada laporan portfolio sebelumnya, posisi saya ada di ASRI, BMRI, INTP, KLBF, LSIP, LPKR. alhamdulillah semua profit kecuali KLBF. semua juga sudah di jual kecuali BMRI dan LPKR yang saya jual 1/2 posisi karena masih yakin bakal rally. INTP sebenarnya layak banget di HOLD. entah kenapa ada feeling kalo INTP sebaiknya saya jual dulu untuk nanti kembali saya buyback.

selain yang disebutkan diatas, saya juga sempat masuk di MNCN, GIAA, SRIL. dan tentu LPCK yang saya tulis sebagai inceran utama di tulisan terdahulu. GIAA dan SRIL diakhiri dengan cutloss. untungnya di MNCN dan LPCK saya dapet jackpot. secara chart, baik LPCK dan MNCN masih sangat menarik. saya sendiri baru jual jumat keduanya akhir pekan lalu.

jika loss di evaluasi, loss di KLBF memang sudah terlihat dari tulisan laporan portfolio sebelumnya keputusan beli KLBF memang aneh. haha. saya sendiri nulis kalau saya ga ngerti kenapa saya beli KLBF. payah. untuk GIAA dan SRIL keduanya di beli dengan metode Buy if break. accumulasi juga bagus. namun ternyata hanya false breakout karena 2 hari berikutnya terjadi distribusi yang lumayan. maka pilihannya sederhana. realisasikan kerugian. hehe.

untuk evaluasi profit. saya sepanjang pekan kemarin malah tersadarkan bahwa konsep “LET PROFIT RUN” yang sudah ratusan kali saya baca dan diamini oleh nyaris seluruh trader ternyata sangat sulit diterapkan. jujur saja, selama saya trading. saya ga pernah let profit run. biasanya saya profit taking di resisten atau malah -1 tick dibawah resisten.

dengan alasan tersebut itu kenapa saya hanya jual 1/2 untuk BMRI dan LPKR. karena ternyata saya GA PERNAH let profit run. mencoba let profit run sangat penting. karena untuk yakin dengan sebuah konsep seperti let profit run, konsep tersebut harus pernah dirasakan dan dialami agar semakin greget saat melaksanakannya dan agar ga mengganggu psikologi.

apalagi setelah di lihat kelanjutannya LSIP dan ASRI makin moncer. haha.

PORTFOLIO : ADHI.JK, BMRI.JK, CPIN.JK, LPKR.JK dan WSKT.JK

ADHI.JK

photo_2016-03-19_21-08-02

chart ADHI.JK baik secara daily dan weekly mengindikasikan akhir dari masa konsolidasi setelah 5 minggu cuma mentok disupport dan resisten. namun jika di perhatikan lagi. pada chart weekly adhi saat ini persis di high sebelumnya. maka mari berharap harap cemas bahwa minggu depan adhi akan breakout weekly chartnya. untuk size, posisi saya di adhi sudah maksimal. jadi jika diajak turun dulu. ya diem aja. hehe

BMRI.JK

photo_2016-03-19_21-08-07

pasca 3 candle hijau gendut berturut turut. tentu kita boleh curiga bahwa BMRI.JK akan konsolidasi. dan ternyata memang terjadi pada chart daily. sebenarnya saya ingin sekali avg nambah barang saat bmri mengetes support daily. namun kok saya lebih memilih nanti saja saat bmri breakout resisten weekly. biar afdol. hehe. kalo kata kasino warkop. ini BMRI.JK jangan sampe lolosssss. potensial bingiitt.

oiya. saham bangking lain yang sangat potensial adalah BBNI.JK. weeklynya cakep. dailynya sedang konsolidasi. persis BMRI. akumulasi? tentu mantap. makanya potensial. sangat layak diperhatikan. saya sendiri ga menayangkan chart BBNI di artikel ini karena seinget saya bbni mau cum dev. saya menghindari saham saham seperti itu.

CPIN.JK 

photo_2016-03-19_21-08-28

saya baru masuk di hari jumat akhir pekan lalu. lihat chart diatas. dibawah candle baru nongol angka 1. jadi perjalanan masih panjaaang. haha. amiin. kenapa CPIN? karena CPIN baru saja menyelesaikan kriteria penting dari sebuah uptrend yaitu membentuk Lower HIGH. see? maka masuk disaat harga meninggalkan lower high seperti pada INTP dan LPKR di chart weekly adalah golden opportunity. rare.

ya semoga saja perjalanan lancar. doakan ya mak! haha

LPKR.JK

 photo_2016-03-19_21-26-23

menjual 1/2 dari posisi LPKR saya sebenarnya adalah kecelakaan. karena sebenarnya saya saat itu mau set auto sell if price >= 1150. harga ini tentu sepanjang 2 minggu terakhir blm disentuh. lantas kenapa terjual? karena saya salah masukin angka. haha. saya jual di 1105. payah betul.

dilihat dari chart daily, LPKR sudah nyaris menyentuh resisten 1150. apakah saya akan jual? tidak. karena posisi saya sudah tinggal 1/2. lalu LPKR adalah saham yang kalo sudah rally itu bandel. bandar lippo grup itu ga peduli posisi index. haha.

WSKT.JK

 photo_2016-03-19_21-31-16

asal tau saja, pada dua candle terakhir, akumulasi di WSKT.JK cukup edan. lalu wskt secara sah telah breakout chart daily. jadi ga ada alasan saya untuk ga ambil posisi. avg awal saya ada di garis merah bawah. lalu saya avg sampai target size saya terpenuhi. so far masih si masih > close price. kalo sudah begini. tinggal tunggu mr. market do their job. hehe.

 WATCHLIST

harga udah pada terbang, jadi ga banyak yang masuk kriteria watchlist, lagi pula 5 stock di portfolio cukup memuaskan. sulit mencari yang lebih oke dari 5 stock di portfolio. haha. baeklah. ini dua watchlish yang menurut saya menarik. ERAA.JK dan BMTR.JK

photo_2016-03-19_21-08-33

jika anda perhatikan chart volume ERAA.JK maka ada ledakan volume sepanjang dua minggu lalu. itu volume akumulasi. lalu sepanjang pekan kemarin ERAA.JK hanya konsolidasi. kita tentu sangat boleh curiga ERAA sedang istirahat sebelum melanjutkan periode markup. saya si ngincar beli digaris merah pada chart diatas. semoga dapat. hehe

photo_2016-03-19_21-08-24

BMTR.JK adalah salah satu saham yang data akumulasinya bisa di ignore. karena ga valid. bandarnya sangat dominan. jadi modal kita analisa hanya price action. BMTR.JK jika di analisa saat ini sedang konsolidasi setelah meninggalkan LH. jadi strateginya mudah, buy if break garis merah atas. gampang to? jangan banyak-banyak sizenya. bandarnya terlalu dominan bro.

selain dua saham diatas tentu ada saham yang saya incar. pertama ASII dan TLKM. keduanya sedang dalam akumulasi. dan memiliki chart weekly yang bagus. namun saya tidak suka saham balancer IHSG. saham saham seperti ini sering sekali digunakan bandar untuk balancing. jadi bkin males.

lalu saham saham komoditi juga menarik. LSIP, ADRO, PTBA, walaupun akhir pekan kemarin kena bantai. data akumulasi di saham saham tsb masih lebih dominan ketimbang buangan.

inceran lain adalah saham saham di portfolio terdahulu yang sudah saya lepas. yaitu LPCK dan MNCN. akumulasinya masih setroooong.

dari semua watchlish diatas. jagoan saya adalah ERAA.JK dan LPCK.JK.

okeh. sekarang the weather. IHSG

photo_2016-03-19_21-07-56

hal hal yang harus dipertimbangkan :

  1. IHSG sudah jenuh beli? pasti asumsi ini akan rame pekan depan. apalagi jika beneran koreksi. secara momentum IHSG ada divergence. pokoknya ga boleh nutup dibawah garis merah di gambar. jika hal itu terjadi, maka IHSG akan membentuk loweh high dulu sebelum melanjutkan uptrend. feeling saya si kita akan konsolidasi
  2. pasca pengumuman interest rate. news dalam negeri kayaknya bakal sepi. biasanya ni, biasanya loh ya, pas sepi sepi gini kita konsolidasi cenderung koreksi.
  3. news dari luar negeri? pertama kita lihat chart DOW. sudah di area resisten. jika dow akhirnya koreksi atau konsolidasi maka jadi klop sama masa masa sepi news di dalam negeri. klop sudah jika kita konsolidasi cenderung koreksi.
  4. pengumuman penting di luar negeri sendiri ada data GDP amrik di 25 maret.

THE STRATEGY

power kenaikan IHSG pekan kemarin adalah potensi pemotongan suku bunga. dan seperti biasa, pasca pengumuman dari kabar baik adalah profit taking. so dengan sepinya daya dorong baru. asumsi saya IHSG akan konsolidasi cenderung koreksi. maka strategy saya adalah be very cautious.  jangan sampe cuan diambil lagi ama mr. market.

Leave a Comment