Jika anda mengikuti channel youtube paktua.id, di 2 video terakhir saya, selain getol minta teman-teman subscribe channel (please jika belum subscribe silahkan subscribe dulu ya guys.. ) dan saya juga ga pake malu mem-promosi-kan grup chat paktua.id.. dan jika anda belum join, feel free to join me at our slack workspace. it’s gonna be fun

sebelumnya di stockbit saya punya grup/channel charthero yang dimana saya sering share analisa chart, namun sejak fitur grup / channel di stockbit bubar, maka buyarlah grup tersebut.. pasca era grup stockbit saya sempat mencoba membuat channel telegram (biar kayak yang lain).. lantas mencoba membuat menggunakan engine google hangout, terakhir karena saya punya preferensi khusus untuk grup chat, akhirnya kita menggunakan slack.

saya sebenarnya tipe silent reader, jadi pilihan sikap untuk membentuk grup chat cukup menantang, apalagi melihat kebanyakan grup chat yang isinya lebih banyak bertanya soal ramal-meramal harga, pamer akurasi, dst. buat saya lebih banyak mudharatnya..  potensi untuk terjebak dalam bias sangat tinggi. 

namun pendapat tsb berubah saat saya membaca buku thinking in bets-nya annie duke.. annie duke adalah pemain poker, dalam buku ini annie membagi teknik pengambilan keputusan dan menjadi pemain game theory yang lebih baik. buku ini buat saya seperti versi ringannya thinking fast n slow-nya daniel kahneman untuk subtansi how brain works. dan jelas punya tips kece untuk menjadi truthseeker yang lebih baik yaitu dengan buddy system 

menurut wikipedia, The buddy system is a procedure in which two people, the “buddies”, operate together as a single unit so that they are able to monitor and help each other.

dalam kontek poker, the buddy system adalah metode untuk mengukur kualitas decision making, karena orang punya tendensi tinggi akan resulting. menyimpulkan bad outcome as bad decision making atau sebaliknya adalah resulting. kita perlu menghindari hal ini, karena sometimes bad dicision making has a good outcome. jadi fokusnya adalah soal mengukur kualitas decision making, mengelompokkan-nya dalam skill atau luck dan mendapat feedback atau perspective lain dari anggota grup. 

ada satu bab sendiri menjelaskan pentingnya buddy system dan bab berikutnya adalah tentang dissent to win. berbeda pendapat untuk menang. kalo ditulis disini bisa panjang, tapi jika boleh menyimpulkan dalam satu paragraf maka hal yang perlu di ingat adalah we all have conflict of interest

kita semua punya konflik of interest, maka untuk mengukur kualitas decision making sangat penting membuat grup sesama truthseeker. tujuannya untuk berdiskusi jika ada strategi/approach/metode yang lebih baik, kesimpulan yang kurang tepat, informasi yang kurang/belum dipertimbangkan dan seterusnya. kita mencontek pendekatan ‘devil advocate‘ , discent channel atau red team. semua agar meningkatkan kualitas decision making di kemudian hari. 

ada satu bab sendiri tentang bagaimana grup yang baik, rasanya tidak perlu di tulis disini, namun inti yang mau saya sampaikan adalah itulah mengapa saya membuat grup chat. . tertarik? silahkan join grup chat paktua.id di alamat http://paktua.slack.com atau cukup klik link invitation pada logo di bawah ini

klik disini untuk join grup slack paktua.id

Howto join: install slack mobile. lalu register dengan email-mu, login. dan klik link diatas (akan expire dalam 7 hari). 

selamat bergabung. sampai jumpa di grup.