besok masi lanjut hijau ga ya? 

terus untuk apa garis-garis di chart tapi ga bisa jawab besok harga naik apa turun? 

etc.. etc..

jika kamu ngasi pertanyaan itu ke saya, jangan kaget kamu saya kali link artikel ini. karena artikel ini akan jadi default answer untuk model pertanyaan diatas, pertanyaan tebak menebak masa depan…

seriously, tanpa bermaksud menyinggung atau merendahkan. jawabannya saya ga tau. maaf. mungkin yang lain lebih tau..

tapi jika kamu penasaran lantas apa gunanya saya tarik2 garis di chart… maka lanjutkan membaca..

imho, tarik tarik garis buat saya untuk menunjukan :

  1. trend: apakah chart yang saya analisa sedang uptrend, downtrend atau sideways. informasi ini saya gunakan sebagai pertimbangan keputusan jual / beli dan tentu strategy yang akan saya gunakan. 
  2. risk reward rasio: ini istilah keren dari perbandingan potensi risk vs reward, jika dalam tarikan garis yang saya lakukan, garis resisten lebih dekat dari pada garis support, artinya risk > reward. again, informasi ini saya gunakan sebagai pertimbangan keputusan jual / beli dan tentu strategy yang akan saya gunakan.

that’s it. hanya itu. 

perlu di ingat tarikan garis resisten dan support juga bukan hal yang pasti. tarikan garis support dan resisten tidak lebih hanya untuk menandai bahwa secara histori ada kecenderungan ketidakseimbangan supply dan demmand di area tersebut. apalagi jika terkonfirmasi volume. informasi ini digunakan sebagai input deduksi yang akan digunakan sebagai pertimbangan keputusan jual / beli dan tentu strategy yang akan saya gunakan.

contoh. 

PGAS

di gambar diatas, area berwarna hijau, merah dan garis diagonal hitam adalah area ketidakseimbangan supply dan demmand 

karena harga sudah di atas area hijau, kita akan anggap area hijau sebagai area support. dimana jika harga mendekati harga tersebut akan terjadi ketidakseimbangan supply dan demmand. karena area hijau adalah support, maka default believe kita adalah jika harga mendekati area tersebut DEMMAND akan lebih banyak ketimbang SUPPLY.. begitu juga sebaliknya untuk area merah dan diagonal hitam karena kedua tarikan ini adalah area resisten, maka asumsi kita adalah jika harga mendekati harga tersebut akan terjadi ketidakseimbangan supply dan demmand yaitu SUPPLY > DEMMAND.

ingat ini hanya believe kita (and most people)  JANGAN SIMPULKAN BAHWA MARKET AKAN SETUJU AKAN HAL TERSEBUT.

sebelum kita simpulkan tarikan garis diatas, for the sake of simplicity, kita akan hiraukan garis diagonal, maka jika hanya ada tarikan garis merah dan hijau diatas kita bisa menyimpulkan beberapa hal,

pertama: secara trend PGAS saat ini downtrend. karena sejak awal 2018 saham ini konsisten membuat lower low. sepakat?

kedua: harga baru saja menembus area ketidakseimbangan. menembus dari bawah ke atas, artinya ada demmand yang lebih tinggi dari supply.  sepakat?

ketiga: jika kita bandingkan jarak harga dari kedua area imbalance (area support dan potensi resisten). secara kasat mata kita bisa simpulkan bahwa potensi reward > potensi risk. sepakat?

mungkin akan ada pertanyaan, kenapa dua area itu yang di jadikan support dan resisten, mengapa area 2010 (last high terdekat) tidak jadikan potensi resisten,  etc etc.

jawabannya: itu tergantung preferensi si penarik garis. mau short atau medium swing, minor atau mayor imbalance.. intinya tergantung strategi dan elmu. :))

that’s it.

3 informasi diatas menjadi salah 3 dari hal yang saya pertimbangkan saat memutuskan mau beli PGAS atau tidak. jadi wajar saja setiap ada yang dm atau tanya apakah emiten x atau y besok akan naik atau tidak jawabannya saya ga tau.. 

ok. stop.

penjelasan diatas itu penjelasan waras.. diakui atau tidak diakui, deep down tentu terkadang saya punya analisa tingkat cenderung naik apa turun sebuah saham, apalagi jika kita punya posisi.. sometimes kita juga berharap

mungkin, pertanyaan apakah akan naik atau turun juga hanya sekedar untuk mem-validasi analisa anda. jadi anda sebenarnya punya analisa, cuma belum pede aja. seriously, ga ada yang tau masa depan, jadi pede aja gan.. jangan galau.. jika anda ragu karena anda newbie, saya punya tulisan bahwa tidak ada pengaruh senioritas terhadap kualitas analisa.

buat saya menjawab pertanyaan besok naik apa tidak berdasarkan harapan atau tebak-tebakan ga menambah value untuk anda. maka untuk pertanyaan model diatas jawaban saya selalu sama. sorry, saya ga tau.

namun jika anda tertarik untuk diskusi more than that, misalnya anda tau saya punya LSIP, lantas anda bertanya apa pertimbangan saya dalam membeli LSIP, saya akan sangat terbuka untuk berbagi… kenapa beli LSIP? kenapa baru beli sekarang? dst dst. diskusi seperti ini buat saya lebih menambah value. 

mau diskusi? join slackworkspace saya dengan membaca artikel disini

ps: ingat ini bukan room rekomendasi, apalagi tanya-tanya masa depan. room ini di dedikasikan untuk berdiskusi, demi pengambilan keputusan yang lebih baik. (halah.)

terima kasih sudah membaca. jika dirasa bermanfaat, share artikel ini ya guys.. hatur nuhun.