the secret to success in trading,  is surviving long enough to start a paid group 

@psychonwallst

saya pernah menulis soal layanan grup premiun yang merupakan paid services untuk jasa signaling saham-saham potensial, pendapat saya tidak berbeda, layanan grup premium memang seharusnya berbayar. 

apakah saya juga akan melakukan hal tersebut? well, sebelum dijawab mari kita bahas sebuah portfolio modern seorang freelancer, tiago dari fortelab.com memperkenalkan istilah fullstack freelancer, apa itu?

pertama definisi freelancer, freelancer biasanya digunakan sebagai term seseorang yang self-employed dan bekerja paruh waktu, biasanya project based.. freelancer yang yahud umumnya sangat spesialis, semakin expert doi di bidangnya maka semakin tinggi bayarannya. cth bidang pekerjaan freelancer adalah programmer, photografer, desain grafis dll. 

keywordnya makin jago, makin mahal bayarannya… Namun ada kelemahan sebagai pekerja lepas yaitu mereka terlalu spesialis, dipaksa untuk mempertahankan keterampilan utama sehingga sulit untuk pindah ke bidang lain.. tapi itu dulu, dengan perkembangan teknologi, porfolio seorang photografer tidak hanya jasa poto saja, belakangan bisa tumbuh ke bidang-bidang lain, inilah yang disebut full stack freelancer. berikut beberapa opsi stream income bagi seorang freelancer. 

fullstack freelancer

tiago dari fortelab memberi contoh ada 7 potensi porfolio seorang freelancer, mulai dari blogging – pendapatan di dapat dari ads, sebagai influencer di social media, memberikan online course hingga consulting. 

do you see where i’m going? 

jadi opsi stream income sebagai ‘fullstack’ trader juga banyak, tidak melulu soal paid grup, bisa online course atau menulis, atau yang lain. tinggal memanfaatkan teknologi yang ada. 

honestly saya menulis di blog ini juga tujuannya untuk mendapat stream income dari adsense (maklum dlu jaman kuliah rajin dpt cek dari google), tadinya saya mau nulis enggris biar cepet build up trafik, tapi karena yang saya tulis soal market indonesia, jadi lah tulisan indonesia yang ternyata readernya juga sedikit. (kecuali mau nulis soal stock pick). bisnis model blisaham.com juga sederhana, cuma mau jualan merchandise. itu kalo udah rame, sampai sekarang baru saya doang yang nulis disono T_T

jadi sementara ini belum ada opsi ‘stack’ lain yang saya lakukan, baru trading doang, masih fokus mengembangkan blog dan blisaham.com, apakah akan membuka paid group? rasanya belum terpikirkan. 

alternatif ‘stack’ income lainnya adalah remisier, ini lebih menarik, banyak trader senior yang begini, biasanya kalo mau jadi di-remisier-in nanti akan bonus ikut private grup.

satu lagi yang menarik adalah kelas donasi, ini umum dilakukan di salah satu grup saham @beta_bisa, terus terang saya suka banget pendekatannya, memberikan free class namun wajib donasi yang hasilkan akan di salurkan ke hal-hal sosial, mantab. walaupun secara finansial tidak menghasilkan, tapi secara networking ini sangat baik. efeksampingnya adalah respek dari trader lain. terobosan yang sangat baik, yang ngajarin juga ga main-main ilmunya. ane respek berat bosque

kira-kira begitu, porfolio seorang trader memang terbatas, tapi tidak melulu via paid group. ada banyak opsi seperti yang di contohkan pada gambar diatas,

anda punya ide lain? monggo ditulis di kolom komentar. 

terima kasih

tiago forte website: https://praxis.fortelabs.co/the-rise-of-the-full-stack-freelancer-c14a375445d9/