dalam permainan poker, dikenal istilah position, position mengacu kepada posisi duduk seorang pemain, ada under the gun, cut off, button dst untuk meja dengan 9 pemain, kira-kira gambar dibawah ini adalah nama-nama posisi tersebut: 

dalam poker, posisi duduk punya andil besar dalam menentukan hand range yang akan anda mainkan, misalnya anda ada di posisi UTG +1, MP dan MP+1, sangat jarang anda terlibat bermain jika cuma pegang off suited card, pair-pair rendah, kartu dengan jarak 2 angka atau lebih, bahkan jika punya 10-J off, atau Q-J off suit juga agak deg degan, karena di kiri anda masih banyak pemain yang berpotensi punya kartu lebih baik yang ga segan me-raise dan membuat posisi anda semakin sulit.

jadi hand range, secara harfiah adalah kelompok kartu yang paling mungkin di -main- kan untuk membuka posisi, secara teori, mulai dari UTG sampai cutoff akan bermain cukup tight atau sangat selektif. berbeda dengan SB dan BB, apalagi dealer, karena dealer akan yang paling akhir merespon pasca flop (3 kartu awal) dibuka. range dealer biasanya lebar.

dengan pemahaman diatas, maka jika ada UTG atau MP player yang memutuskan ikut bermain, katakanlah dia tidak hanya limping atau cuma naruh duit senilai big blind melainkan dia me-raise hingga 3-4x big blind maka itu jelas ngasi kode dia punya high pair (7 keatas) atau high card, AA, AK, AQ, AJ, AT. bisa diperhatikan, kita berhasil menyaring potensi hand pemain lawan cuma dari tempat duduknya, ini benar-benar yang namanya posisi menentukan prestasi. ini yang di sebut proses hand reading. 

proses ini terus berlanjut untuk kartu kartu selanjutnya, mudahnya jika flop muncul 3,6,2 rainbow. lalu anda re-raise dan UTG / MP yang posisinya di kiri anda melakukan call atau malah re-raise, bisa disimpulkan dia punya high pair. so, dari sekian banyak potensi kombinasi kartu, kita berhasil  memperkecil range nya jadi cuma 3-4 kombinasi, keren kan.. 

guna hand reading tentu untuk mengukur relativitas kekuatan kartu yang anda pegang dengan lawan anda, this will determine how you play the card. kalo kepalang tanggung, mau bluff terus atau berlagak ga punya high card atau the nut. bebas. yang pasti jika punya kemampuan hand reading yang baik, you never gamble. you just play the odds. just like trading

hand reading in trading

poker, seperti juga trading, jika dilakukan dengan perhitungan dan edge yang memadai buat saya tidak termasuk judi, it’s just math. playing with probability. risk yang terukur, dan dgn tujuan memperoleh  positif expectancy. which one harder?

both simple, but super hard, jika bermain dalam table dgn 9 orang, pasca bermain 50/100 hand anda akan punya gambaran karakter pemain di meja tersebut, mana yang compulsive, mana yang selektif, mana yang lagging, dst. jadi saat anda berhadapan dengan mereka anda punya gambaran how they will think and react. mereka mungkin saja terdeviasi 2-3 kali, tp namanya manusia, you do what you have inside. they’ll do what mostly they did.   

dalam trading ‘lawan’  kita adalah market, masses yang kadang rasional, kadang tidak… EVERY TIME IS DIFFERENT. everyyyyy dayyyy!! tidak ada variabel yang berulang, semua selalu berbeda. how we do hand-reading analysis dalam trading? sama seperti poker diatas, by having a systematical approach… bah,, yang jelas paktua. kongkritnya gmn.. 

hmm..biar jelas let’s do hand reading for tomorrow market then, oiya, hand reading dalam hal ini adalah membaca kecenderungan market besok, gunanya sama seperti poker, the output will determine how we trade tomorrow.

contohnya hari ini 18/10. market analysis untuk besok 19/10:

WAIT.

sebelum lanjut, saya mengajak teman-teman untuk join di forum saham blisaham.com, Blisaham adalah tempat berbagi analisa saham dengan berbagai metode dan pendekatan. tempat berdiskusi proses berpikir saat mengambil keputusan beli/jual. tujuannya agar semua bisa berbagi perspektif berpikir, sebagai input pengambilan keputusan di masa depan.. yuk join y. 

fyi. disitu ada watchlist saya. plus proses berpikir saat beli / jualnya (hanya bisa dilihat oleh registered user)

OKE LANJUT..

Teknikal wise

some good news: index back to back 3 hari terakhir akumulasi, the gap has been closed, not so great news: index sudah di mendekati resisten. dan dalam posisi market trend turun begini, potensi false breakout atau kegagalan menembus resisten itu tinggi, kl ga salah 70%. TUJUH PULUH PERSEN!. kl nebak lawan poker punya 70% kartu lebih tinggi dari yang kita pegang, apa yang kita lakukan? NEVER GAMBLE!

dari proses analisa posisi teknikal harga market diatas kita sedang mengukur potensi arah market, coba tulisan ini saya buat kemarin, sudah pasti saya tulis market bakal koreksi, lah wong TLKM satu candle penuh di luar BB, candle penuh di luar BB cing!!!. TELKOM pula! kalo telkom bisa 2 kali berturut2 punya full candle di luar BB di saat market downtrend. itu si kode keras market bakal balik arah atau lanjut downtrend. tidak lagi sideways. harga naik karena sentimen positif index akan uptrend, atau harga naik karena repositioning ke stock defensive sblm market tanking, cuma 2 itu opsinya.

tapi karena 70% trend selalu berlanjut, maka saat hari kemarin market yang ditutup gap up saat closing plus TLKM full candle di luar BB, saya yakin market akan koreksi.

oke lanjut.. 

ingat ya, kita ini sedang menganalisa untuk mempersempit potensi arah gerak market. padahal cuma ada 3 kemungkinan, TURUN, NAIK atau TETAP… hahahaha.. itu aja sulit banget, gimana kombinasinya ada banyak.. itu baru dari segi teknikal, analisa arah index bisa hanya mengandalkan teknikal composite, atau seperti contoh diatas. pakai analisa saham-saham mover.. jangan di bilang ini riweh, ini baru teknikal, belum sentimen, belum teknikal komoditas, dst dst. tergantung kalian mau memasukkan variabel apa dalam upaya mempersempit ‘nebak’ 3 kombinasi diatas. 

3 kombinasi aja itu sulit bet,, and it’s pretty stupid. but hey.. kalo kamu punya kemampuan dan bisa exploit hal tsb, misalnya jadi scalper, tentu akan sangat membantu. 

Fundamental wise

jangan gila mikir saya bakal analisa fundamental disini, tapi kira-kira setelah analisa teknikal diatas, pertimbangan selanjutnya tentu fundamental view, apalagi sekarang musim laporan keuangan, BMRI baru aja keluarin lapkeu, dari lapkeu BMRI, saya rasa you got the sense bagaimana lapkeu banking jagoan lainnya. dan itu bisa menjadi input analisa. dst dst. 

begitu seterus, tujuan analisa diatas cuma satu yaitu mengukur kecenderungan market. berbeda dengan poker dimana kita akan punya kartu dan hasil analisa akan menentukan  how we play the card, analisa market akan menentukan apakah kita akan ambil posisi dan seberapa risk yang mau kita pertaruhkan.

saya yakin anda sudah memahami maksud artikel ini. jadi jangan lupa melakukan market analysis sebelum mengambil keputusan beli dan jual, karena hal tersebut sedikit banyak memperbaiki odds / edge kita terhadap market. ingat, never gamble.

eh, jangan lupa join blisaham.com

semoga bermanfaat.