jika anda suka grup walking seperti saya, akhir juni lalu banyak yang share chart TLKM dengan analisa potensi inverted HnS. kira kira gambarnya seperti dibawah ini.

TLKM berapa di pertemuan resisten. pertama resisten diagonal downtrend. yang kedua adalah resisten horisontal yang jika ditembus akan mengkonfirmasi penembusan neckline pattern Inverted HnS. karena menemui resisten yang berhimpit, bisa di kategorikan resisten ini seharusnya resisten kuat. maka saat penembusan terjadi save to conclude setidaknya TLKM keluar dari jalur downtrend-nya.

let’s see what happen.

tepat 9/07 TLKM breakout, ditutup 3.1% dengan candle penutupan cukup meyakinkan. dihari yang sama IHSG ditutup 2%, juga menuju resisten downtrendnya.. what a day.. happy cuan statement in every group.

lantas pertanyaan selanjutnya adalah target harga. jika menggunakan pola iHnS sebagai dasar target harga. maka seharusnya target harga setinggi puncak head ke neckline. digambar target rasional saya adalah garis diagonal biru, seminimalnya seharusnya angkat itu disamperin.. fyi. puncak head ke neckline itu +- 17%.. orang-orang di grup makin sumringah potensi cuan segitu.. apalagi.. hal yang selanjutnya terjadi sangat rasional.. yaitu koreksi sehat sebatas neckline.. 

what a text book trade. di hari yang sama 13 july, IHSG persis di garis resisten, dan 16 july adalah koreksi signifikan IHSG sejak 9 july yang konsisten naik.. pasca koreksi di dua hari tsb, TLKM sideways.. dengan pertahanan neckline masih menjadi batas aman.. di hari-hari tersebut IHSG sukses menembus resisten, walauTLKM tidak menjadi motor.. setidaknya dia tidak menjadi pemberat..

sampai disini hodler TLKM seharusnya masih percaya diri tinggi.. the neckline still hold.. sideways bisa mengindikasi si bandar masih dalam proses akumulasi.. IHSG pun menunjukan sentimen positif.. mungkin sebagian banyak akan avg up di area ini.. ga ada salahnya avg up. ini text book trade. semua sesuai yang ada di buku… TLKM breakout dengan pattern iHnS lalu menguji garis resisten yang berubah menjadi support (neckline) yang selanjutnya akan lanjut naik.. that’s what book says..

and what happen? you know what happen. shit happen.

TAKE AWAY.

saya rasa pembelaan pertama kita adalah namanya juga trading, Nothing is certain.. i agree with this.. hal-hal seperti ini selalu terjadi dalam trading. ga ada yang pasti dalam trading,. tapi ada hal yang ingin saya sampaikan yang mungkin bisa menjadi bahan renungan bersama.

pertama perhatikan gambar dibawah.

gambar diatas biasa disebut Müller-Lyer illusion, sebuah ilusi optik dimana biasanya kita diminta untuk menebak dari 3 gambar diatas, mana yang memiliki garis body paling panjang… biasanya, secara otomatis otak kita akan mengirimkan signal bahwa gambar nomor 2 lah yang paling panjang.. padahal nyatanya 3 gambar diatas memiliki panjang yang sama..

iya, ini panjangnya sama.

apa yang bisa kita simpulkan? otak kita, our beloved system 1, memiliki kecenderungan menyimpulkan dengan segera terkait hal-hal yang sudah kita simpulkan sebelumnya..

ah.. this is iHnS pattern, so if the neckline breakout,, maka seharusnya begini.. maka seharusnya begitu..

padahal nothing is certain…

dan sialnya, untuk pattern-pattern harga, sama seperti ilusi muller diatas, we cant unsee it.. sekali lu bisa liat pattern, maka otak lu akan otomatis mengasosiasikan pattern dengan believe-believe tertentu.. 

saya bisa nulis panjang lebar tentang 2 hal diatas,but you know the rest… silahkan di renungkan..

semoga bermanfaat.

note: waktu breakout saya ga beli TLKM, karena volume-nya tidak mengkonfirmasi. saya belinya EXCL.