Saya sudah bersih bersih sejak postingan terakhir, niatnya masuk lagi setelah masalah criema – ukraina dan rusia ini selesai (asumsi saya sih butuh 1-2minggu lagi baru kelas masalah ini). tapi hari ini gatal sekali rasanya. liat BBNI ama BSDE yang nyentuh support. saya bid di support dan benar saja mereka ditutup naik. kenapa saya beli? spekulasi retracement IHSG cuma sampai di 38% berharap dengan sentimen dalam negeri yang terus mendorong IHSG dan sentimen bahwa tahun politik adalah tahun terbaik IHSG

Ret 38% dari IHSG sendiri ada di 4810. hari ini IHSG ditutup di 4805. jadi mari kita #dugem duduk gemetar hingga besok. sentimen regional sendiri HSI positif dan STI netral. untuk DowFut dari tadi labil. range nya besar juga. tadi +30 sekarang -40. masih nunggu data housing start (ga paham ini apa). data dijadwalkan di publish pukul 08:30 waktu Washington. masih ada beberapa jam lagi. jika positif, mudah mudahan menjadi tambahan sentimen positif.

Masalah crimea sendiri sepertinya dragging banget. putin cuek aja. obama gertaknya doank gede. sanksinya keringanan. konon katanya akan ada sanksi yang lebih berat khususnya untuk ekonomi rusia. tapi sepertinya agak sulit. jika eropa berani meng-sanksi rusia. lalu eropa dapat gas dari mana? yang belanjain jualannya jerman siapa? wah, saat ini saja ekonomi eropa belum pulih sejak krisis sebelumnya. apa lagi ditambah ini. belum lama kan krisis yunani, spanyol, itali.

Terakhir untuk stockpick. saya sebenarnya menunggu beberapa saham yang breakout. tapi hari ini pada turun. jadi saya ambilin yang nyentuh support. incaran saya PGAS di 5100 hampir aja dapet tadi. cuma kalah di antrian aja. terus keburu balik di 5175. besok kalau PGAS turun. ikut bid di 5100 y. tapi kalau naik gimana? kl besok naik, bid nya jangan terlalu dekat sama 5300. atau bisa bid KLBF jika break out dari 1500.