anda masih trading? masih mencoba nyopet atau nebak bottom? dengan market yang konsisten koreksi seperti ini saya sejak tulisan terakhir nyaris ga trading ama sekali.

transaksi saya di bulan juni cuma satu! yoi, cuma sekali ngetes masuk pake strategy yang saya kasih nama “super acum green arrow”, strategynya gampang. kalo afl-nya ngasih panah ijo. (afl ini kombinasi data accum dan bid offer gitu deh, boleh dapet dari teman teman QT yang saya modif dikit. credit afl to pak toto) maka saya akan masuk h+1 dengan syarat close diatas latest high. lebih bagus kalo di tutup ijo. kmrin sempt ngetes di SILO. tapi pas nutup malah < latest high. jadi saya jual di di post trading time hari itu juga. udah itu aja transaksi saya di bulan juni.

dengan market yang sepertinya akan masuk di masa trend bearish seriusan, saya jadi mikir, jangan jangan saya bakal ga trading dalam waktu cukup lama. karna bulan lalu seingat saya juga ga banyak banyak amat ambil posisi, belum lagi bulan depan udah puasa. saya rasa market akan cenderung sideways atau sekalian aja lanjut koreksi, mayoritas mungkin akan berharap terjadi rally karna GDP Q2 membaik? semoga aja pemerintah bisa nyerap banyak setelah lebaran. apa bisa nyerap banyak? kantor saya aja eselon II belum dilantik euy. suram.

keadaan makin suram karena strategy saya yang buy n hold ga cocok untuk kondisi market bearish. bahkan yang strategy super accum green arrow  yang saya dapuk akan menjadi senjata saya untuk masuk di retrecement atau teknikal rebound ga berdaya sama trend turun yang kuat bingit begini. suram.

kenapa ga ganti strategy? haduh, kayaknya engga deh, gaya nyopet atau one night stand itu membutuhkan kriteria kriteria tertentu yang saya ga bisa lakukan. saya stick ke strategy batcat aja deh, udah cape cape dicari, masa blm dipake udah ganti strategy.

lama merenung, akhirnya saya berpikir apa saya si monyet yang cuma bisa trading saat bullish ya? apa lagi si batcat kan konsepnya trend following, buy on strength, mostly cocoknya ya saat bullish.

kalo market sedang bullish, monyet aja bisa cuan

mungkin saya memang si monyet yang cuma bisa trading saat bullish, biarin deh, yang penting ga nyangkut. hehehe.