Jika anda membaca prediksi pergerakan IHSG saya pada artikel ini saya memperkirakan bahwa IHSG akan terkoreksi ke support di 4611 sebelum menembus gap yang terbentuk termasuk menembus resisten diatasnya. well ternyata market bergerak tidak sesuai prediksi saya. sentimen siapa wakil jokowi dan asumsi bahwa akan diumumkan diawal pekan ke 3 dibulan april memberi sentimen spekulasi bagi market. namun tentu sentimen spekulasi tersebut tidak menembus resisten. hingga saat ini masih di 4897 sedangkan resisten yang harus dilewati ada di 4921. jika anda analisis lebih lanjut sepanjang pekan ke 3 IHSG selalu ditutup positif. namun grafiknya makin lama semakin positif seadanya. coba di cek deh. spekulan mulai galau 🙂

Lalu poinnya apa? saya masih percaya IHSG harus terkoreksi ke 4611 terlebih dahulu. sejak awal bulan saya memang berasumsi koreksi dalam akan terjadi di bulan mei. kenapa ? tentu karena ‘sell in May and go away’ atau historic parttern dari pergerakan DJI yang secara tidak langsung memperngaruhi pergerakan IHSG. namun tentu karena tahun ini adalah tahun politik sentimen DJI bisa kalah pamor ketimbang sentimen dalam negeri. pergerakan market tidak pernah salah. traderlah yang salah. namun tentu agar kita tidak keliru memprediksi maka kita harus pandai-pandai membaca mood market. 

Pertanyaan menjadi lebih berkembang. bagaimana IHSG prediksi pergerakan jangka pendek dan bagaimana prediksi pergerakan IHSG jangka panjang? lalu bagaimana strategi trading terbaik IHSG dimasa koreksi? mari kita jawab satu satu :

  1. Prediksi IHSG jangka pendek dengan asumsi hingga pengumuman wakil jokowi market akan bergerak pada rentang dekat. positif seadanya, hingga negatif seadanya. margin positif cukup signifikan akan terbentuk h-1 pengumuman wakil presiden jokowi. tentu karena spekulasi semakin tinggi. intinya masalah wakil jokowi ini sangat mempengaruhi pasar.
  2. lantas sentimen koalisi bagaimana? asumsi saya koalisi yang disukai market adalah koalisi PDIP dengan maksimum 2 partai lain.koalisi tsb dirasa cukup untuk memenangkan jokowi namun bukan koalisi besar sehingga sentimen bagi-bagi kursi yang akhirnya tidak mengerogoti rencana kerja pembangunan.
  3. Tidak bisa dipungkiri 2 jagoan calon presiden adalah prabowo atau jokowi. jika prabowo duet dengan hatta. saya rasa market juga akan menyambut positif. karena ada hatta. maka informasi rencana ekonomi dari masing-masing calon presiden cukup penting bagi anda yang investor.
  4. Balik lagi ke prediksi jangka pendek. sentimen  dominan tentu masih sentimen dalam negeri. namun jika kepastian wakil presiden / koalisi adem-ayem seperti 2 hari terakhir di pekan lalu. sentimen menjadi agak mixed. untungnya DJI dan regional juga ditutup positif. makanya kita bisa positif seadanya.
  5. Jadi prediksi saya. market bergerak dalam rentang dekat hingga h-2 pengumuman wakil presiden jokowi. lalu dead cat bounce di hari pengumuman hingga paling lama h+2. selanjutnya market baru kembali ke realita bahwa pasar ini perlu koreksi. itu dalah prediksi jangka pendek untuk IHSG.
  6. Untuk prediksi pergerakan IHSG jangka panjang tentu saya bullish. karena ini tahun politik. akhir tahun saya prediksi IHSG di 5400+. catatannya asal yang menang jokowi / prabowo-hatta y. itu hingga akhir tahun. untuk prekdiksi pergerakan IHSG jangka menengah koreksi tiap tengah kuartal masih akan terjadi. karena market memang perlu koreksi secara periodik untuk ‘balancing’. jadi asumsinya bearish di awal mei hingga awal juni. mulai bullish lagi di mid juni hingga akhir juli.
  7. Nah lantas strategi yang cocok agar profit kita maksimal bagaimana? yang paling menguntungkan tentu beli jika mau naik. jual jika mau turun. tapi prakteknya sangatlah sulit. jika masa bullish seperti saat ini banyak sekali pemenang. karena mudah sekali mendapatkan untung. periode trading pun tidak menjadi masalah signifikan. loss sedikit. tahan aja toh akan rebound selama megang saham yang liquid. karena kita siap-siap memasuki mei dan masa koreksi tentu short selling adalah strategi paling baik. atau trend trading. namun apapun strateginya tentu berbera dengan strategi dimasa bullish. lalu apakah kita memiliki kecerdasan emosi yang dibutuhkan dalam masa bearish? karena saya belum pernah memasuki masa bearish saya belum tahu strategi yang cocok. namun asumsi saya yang pasti gaya tradingnya akan berbeda. disiplin tinggi jauh lebih dituntut dimasa bearish. kemampuan membaca sentimen pasar juga sangat penting.

sudah jam 2. lanjut di tulisan berikutnya y