Senin 17 maret 2014 pukul 09:30 waktu brussel seluruh menteri luar negeri eropa dan US akan rapat untuk menentukan sanksi bagi russia. most likely pembekuan aset dan nge-ban pejabat-pejabat yang dianggap menyebabkan crisis di crimea.

Pengumuman resmi hasil referendum criema sendiri diumumkan pukul 10:00 waktu Sevastopol city. saat ini di Sevastopol city masih pukul 08:00. jadi 2 jam lagi. setelah itu surat permohonan join russia akan di teruskan ke presiden putin. jika putin menyetujui maka parlemen rusia akan segera menyediakan hukum sementara bagi crimea.

Saat ini di brussel pukul 3:15 pagi, jadi masih ada waktu 6jam-an untuk sampai waktu rapat. tentu diperkirakan setelah sanksi di tetapkan, akan menyebabkan dampak negatif bagi index dunia termasuk indonesia. jadi saya tadi pagi sudah profit taking. boleh dibagi 600rb ama pak jokowi 🙂

untuk positioning, saya lihat sore nanti dan berita setelah rapat yang disebutkan di atas. incarannya saya mau ambil yang turun-turun aja. tapi ga jauh dari yang biasa saya beli.

update :

  1. hasil referendum. criema positif join russia. parlement crimea sudah membuat permohonan join ke russia
  2. 18 maret jam 3 sore waktu moscow. putin akan ketemu sama parlemen russia untuk pengesahan.
  3. sampai saat ini belum ada pengumuman sanksi untuk russia, sepertinya malam nanti, kan waktu amerika pagi disini malam
  4. sebaiknya full cash sampai semua ini jelas.