Hari ini ditutup negatif, sesuai estimasi saya pada artikel sebelum ini yang menyatakan IHSG telah kehabisan power. jeleknya menjelang penutupan kemarin saya masih hold. berharap porto saya yang saya memang anggap akan berkurang hari ini tidak terlalu turun. ternyata LSIP sempat menyentuh modal. saya otomatis proteksi profit. 70 lot saya jual semua. eh ternyata balik lagi tu harga 🙂 sialen. hehehe. tapi hari ini saya kembali mendapatkan pelajaran. sebaiknya gunakan trailing stop untuk saham-saham yang positif dan bervolume besar. profit saya sekitar 500rb-an ilang gara itu. gpp. yang penting belajar kan?

Untuk WIKA juga kembali di harga modal saya 2495. tetapi saya malah nambah sampai 80lot untuk WIKA. kenapa? 2495 itu support WIKA. dengan asumsi malam ini data jobless claim di US bagus. dan DJI ditutup positif maka hal ini akan berimbas pada IHSG pada hari senin yang menyebabkan WIKA akan terbang.. amiiinnn. belum lagi ditambah sentimen pemilu legislatif. mestinya pada positioning untuk spekulasi hasil pemilu. ketauan lah. orang indonesia suka spekulasi. hehehe.

Balik lagi kepelajaran yang saya dapatkan hari ini. trailing stop untuk proteksi profit sepertinya untuk tipe trader seperti saya. saya adalah swing trader. trader jangka 3-5 hari. tapi jika para pembaca perhatikan. saya tidak pernah menentukan resisten. karena buat saya selama trend bagus. hold saja. nah karena tidak ada harga target tersebut potensi kehilangan profit yang sudah di dapatkan cukup besar.

Oiya, data yang malam ini di rilis adalah data jobless claim. data ini data paling penting untuk menentukan sentimen minggu depan (yaiyalah. ini kan jumat). jika data ini jelek. sepertinya IHSG akan terus koreksi sampai rabu – kamis. jika data ini bagus. kita bisa rally sampai akhir pekan depan. amiinn. entah kenapa asumsi saya 5200 tercapai bulan ini atau extremenya pekan ini. namun tercapai atau tidaknya tergantung pekan besok ini. jika memang pekan ini tembus 5200. maka sampai akhir bulan cenderung sideways sebelum koreksi di bulan maret. cape uey rally terus. 🙂