selamat tinggal februari, selamat datang maret. karena sudah akhir bulan. maka seperti biasa, artikel kali ini adalah analisis atas kelakukan saya selama bulan februari… jika anda membaca tulisan terakhir saya, tentu anda sudah mengira-ngira bahwa kinerja saya kacau balau di bulan ini… pendeknya si begini, jika expectancy saya tidak membaik, maka 17 bulan lagi saya akan jatuh miskin alias kehabisan modal. T_T

berikut tabel kinerja saya di bulan februari.


untuk proses entri sendiri dari total 19 closed trade. ada 3 yang memang tidak bisa saya justifikasi. artinya masih ada 3 trade yang proses entrinya tidak sesuai kriteria saya. dan ke 3 trade inilah yang memberi sumbangsih minus R tertinggi yang saya alami di bulan februari.

jika tujuan saya terus memperbaiki diri, maka sudah seharusnya seluruh / sebagaian catatan pada review kinerja di bulan januari saya jalankan. dan terus terang saja, dari 4 kesimpulan pada artikel review bulan januari. tidak satupun yang saya perbaiki…….. dammit paktua!!

again.. i disrespect my self… i am so pissed off by my own attitude.

hhhhh… maka untuk menghindari fomo trading atau cut winner short maka saya membuat sistem checklist yang wajib saya isi sebelum membeli dan mengeksekusi trading. tujuannya agar sebagai ‘pagar’ terakhir sebelum akhirnya saya memutuskan untuk mengambil posisi. baik beli maupun jual.

dengan adanya sistem checklist ini juga nanti data yang tersedia bisa di olah sebagai rekomendasi perbaikan kelakuan saya di bulan berikutnya.

seperti dapat di lihat pada chart dibawah, secara rasio R. kinerja saya di bulan februari sangat buruk, target saya untuk mengurangi high -R berantakan.

jadi apa sih penyebabnya? 3 high -R? ya walaupun tidak dipungkiri 3 loss ini memberi sumbangsih yang cukup lumayan sehingga nilai expectancy saya negatif, namun ada satu hal yang jelas hilang dari kinerja saya di bulan sebelumnya. apa itu? yaitu high +R. 

yup. bulan ini saya tidak memperoleh reward R yang signifikan.. fyi. bulan lalu loss trade saya itu ada 19 vs 5 cuan, namun expectancy masih positif. bulan ini 13 loss vs 6 cuan.. dan nilai expectancynya hampir 5 kali lipat bulan januari. sayangnya negatif. T_T

jadi ini soal stockpick? hmm, sepertinya bukan karena stockpick saya jelek,, analisis saya, nilai expectancy bulan ini merupakan akibat karena saya (lagi lagi) terlalu pengecut. saya cut winner too short. saya punya SRIL, EXCL, BBTN, SCMA jauh sebelum harganya meledak. namun semua saya cut terlalu pendek. semata mata ketakutan cuan saya di ambil balik… saya mensabotase potensi reward… akibatnya 5 stock tersebut cuma jadi small / medium +R.

maka, untuk bulan maret saya ga mau banyak bacot… bulan maret adalah bulan dimana i only sell the stock if and only if the stop price is hit.. thats it.

kita akan buktikan, lebih baik cuan di ambil balik atau let winner run. mari…