Tahukah anda 8 dari 10 tahun terakhir IHSG selalu mengalami penurunan dibulan agustus . 4 taun terakhir malah selalu ditutup negatif. lantas apakah agustus tahun 2014 juga akan mengalami hal yang sama yaitu IHSG akan ditutup negatif? lalu saham apa saja yang layak dikoleksi dibulan ini. mana saham yang cocok untuk trading, mana yang cocok untuk swing.  mari kita uraikan beberapa fakta dan pendapat :

SENTIMEN DOMESTIK

1. Hingga saat ini 10 agustus 2014 akumulasi kinerja IHSG adalah -0,69%. 

2. Rata-rata persentase kinerja IHSG hingga bulan agustus 2014 adalah 2.54% ( 17,76 dibagi 7 bulan ) gain.  lihat tabel dibawah untuk perhitungan.

Untitled

3. Jadi jika rata-rata adalah +2,5% dan hingga saat ini kinerja IHSG dibulan austus adalah negatif -0,69% maka atas dasar itu saya rasa bulan agustus 2014 kinerja IHSG akan positif. kenapa? karena seperti yang sudah-sudah, akan terjadi euforia atas hasil putusan MK. Dimana most likely akan tetap menetapkan Jokowi – JK sebagai pasangan pemenang pemilu. dan biasanya euforia itu cukup signifikan. memang asumsi tidak ilmiah. tapi saya rasa masuk akal juga. nanti akan seperti euforia mursi di India.

4. Asumsi no 3 juga didukung dari chart IHSG yang memiliki level psikologi dan support kuat di angka 5000 – 5050.angka ini support kuat. Akumulasi posisi disarankan dilakukan jika IHSG berada di angka support ini.

5. Data GDP Indonesia yang melemah membuat sentimen agustus koreksi semakin kuat.

6. Kenaikan tarif tenaga listrik dan pembatasan waktu penyaluran solar bersubsidi telah berdampak ke sektor saham seperti sektor konsumsi dan industri dasar terutama emiten semen. (sumber : http://goo.gl/vdTXq7)

6. Sentimen terakhir adalah tuntutan kubu prabowo di MK. sudah sama sama tau lah yang ini.

SENTIMEN REGIONAL : 

1. Stimulus the fed yang akan berakhir (kalau tidak salah) dibulan oktober.

2. Rencana kenaikan suku bunga US. rumornya akan dilakukan diantara semester pertama atau semester kedua tahun depan. hal ini akan sangat bergantung dari data ekonomi US. semakin baik data, semakin cepat kenaikan suku bunga diterapkan. jadi walaupun tahun depan diimplementasikan, efeknya sudah akan mulai muncul akhir tahun ini. atau dengan kata lain, good news about DJI is bad news. 

3. Krisis geopolitik. russia – europa – US – ukraine, US – irak – issis, Gaza – Israel. update (10/8/2014) Mengatakan pemberontak ukraina setuju untuk genjatan senjata. sumber : http://on.mktw.net/1udrS4s Hal ini akan menjadi sentimen positif diawal pekan depan.

4. Pergerakan kinerja DJI yang dikatakan sudah terlampau over value. sentimen bahwa DJI butuh koreksi sehat sudah muncul sejak menyentuh level psikologi 1700. ini angka all the time high. 

4. kalau lihat di trendingeconomics. minggu depan banyak sekali data ekonomi penting. catat! pekan depan ya. 

AKIBAT :

1. Akibat sentimen bahwa bulan agustus adalah bulan koreksi bagi IHSG dan pekan depan rame data ekonomi china dan US maka positioning juga harus sangat diperhatikan atas sentimen ini. lihat tanggal rilis data ekonomi di tradingeconomics. lalu jangan lupa senin besok jadwal sidang MK kembali digelar. terus ditambah bulan agustus ini adalah bulan laporan keuangan.

2. Efek kenaikan suku bunga di US most likely adalah menguatnya dollar artinya melemahnya rupiah. banyak emiten yang terpengaruh atas kejadian ini. tapi… tapi… kalau jokowi ditetapkan jadi presiden. lalu tanggal 22 kabinet diumumkan dan skuad yang diumumkan kece-kece tentu hal ini bisa memberi sentimen baik bagi rupiah. semoga saja.

3. Efek berakhirnya stimulus yang masih sedikit membingungkan. karena belum pernah kejadian. asumsinya sih aliran dana asing tidak akan sekencang semenjak adanya stimulus. tapi menurut saya efeknya hanya akan jangka sangat pendek. 1-2 minggu saja. karena stimulus yang berakhir dibulan oktober itu sudah diantisipasi semua pihak. jadi harusnya sih tidak terlalu besar dampaknya.

Chart IHSG dan Rekomendasi Saham .. panjang euy. sambung artikel part II dari Outlook dan Rekomendasi saham IHSG agustus 2014