Sebelum baca artikel ini, baca dulu part I artikel tentang Outlook dan Rekomendasi saham IHSG agustus 2014  di artikel pertama telah dijelaskan berbagai sentimen yang perlu diperhatikan baik dari sentimen dalam negeri dan sentimen regional. selanjutnya akan dibahas analisis berdasarkan chart IHSG dan emiten apa saja yang layak dikoleksi.

CHART IHSG. :

2
Chart tanggal 11 agustus. Dari chat diatas dapat di ketahui bahwa IHSG saat ini dalam posisi sideways dengan support 5040 dan resisten 5165.  penembusan support dan resisten tersebut akan menentukan pergerakan hingga akhir tahun. semoga saja yang tembus resistennya 🙂

Karna analisis ini hanya fokus untuk bulan agustus. maka analisis kami dengan sentimen positif dan negatif yang tidak cukup kuat pergerakan IHSG akan cenderung sideways. namun yang perlu menjadi catatan. bahwa hari ini 11 agustus 2014 IHSG menembus resisten terdekatnya di 5088 ( high candle tanggal 6 ). Yang menjadi pertanyaan kenapa bisa terjadi penembusan resisten? ada sentimen apa?

Menurut analisis kami terdapat 2 sentimen yang membuat IHSG berhasil menembus resisten. :

1. Berita mengenai pemberontak ukraina setuju untuk genjatan senjata. sumber : http://on.mktw.net/1udrS4s – berita ini menyebabkan meredanya aksi jual investor asing. sentimen ini juga menyebabkan DJI rebound.

2. Sidang MK yang ditayangkan langsung ini sepertinya menunjukan tanda-tanda ketidak becusan tuntutan kubu prabowo. jadi memberi sentimen terkait kepastian politik di indonesia.

Menurut arah pergerakan, candle IHSG saat ini sedang first pull up ke arah resisten 5165. yang kami yakini akan tercapai di minggu ini. untuk minggu depan IHSG akan resisten testing sambil menunggu putusan MK terkait tuntutan prabowo. sentimen dari regional akan hanya sedikit mempengaruhi pergerakan IHSG. karena isu siapa presiden kita ini sangat hot broo. 🙂

REKOMENDASI SAHAM : 

Rekomendasi saham dibawah ini dibagi menjadi 2 kelompok. pertama kelompok buy and hold. kedua kelompok emiten yang cocok untuk posisi trading. emiten buy dan hold tentu cocok untuk buy dan hold. pemilihan emiten ini didasari oleh pola dari chart yang terbentuk. saya sendiri suka sekali mecari pola triangle. emiten trading ini tentu cocok untuk saham yang di hold 3-5 hari saja. sangat dinamis. tergantung pergerakan harian dari candle emiten tersebut. saya tulis yang buy dan hold aja ya. untuk rekomendasi saham trading bisa follow @paktua. karena dinamis sekali.

BUY dan HOLD.

GJTL – Support 1750 Resisten 1935 Target 2210.  harga saat ini 1790.

3

BMTR – Support 1755 Resisten 1990. target 1990. 

4
MLPL – Support 730 Resisten 780 Target 850. 

5
Penting : perlu diketahui, gaya positioning orang berbeda, nah gaya saya adalah tipe trader yang pelit. belinya selalu di harga support. jadi setiap rekomendasi saya cenderung sudah sangat dekat dengan support. saham lain yang lebih liquid memang menarik. namun karena terlalu jauh dari support. jadi saya tidak rekomendasikan.

Untuk periode hold sendiri saya estimasi ada disekitar 1-2 minggu. namun karena saham favorit bandar jokowi adalah konstruksi. maka menyebabkan rekomendasi ini menjadi sedikit galau. maksudnya jangan full power. sisakan untuk copet di saham konstruksi y. 

Untuk stoploss. boleh stoploss jika support di tembus namun karena kita tau terkadang bandar suka menggoyang harga sedikit sebelum di geber. maka pilihan batas toleransi sangat tergantung dari analisis masing masing. terkadang 2-3 poin dibawah harga support saya masih hold.

Jika ada yang bertanya. kenapa tidak ada saham konstruksi? well. saat ini saham tersebut masuknya ke yang trading. masih belum tembus resisten namun sudah jauh dari support. jadi tidak cocok untuk buy dan hold.

UPDATE : Posisi 11 Agustus 2014

6

Lets see how good my kungfu in couple weeks. bye!