Ditulisan sebelumnya, saya sudah tulis terkait asumsi arah pergerak DJI dibulan september 2014. di baca dulu ya karena di tulisan ini saya hanya akan update chartnya seperti dibawah ini :

Dow Industrial Average Chart 

DJI September 2014
Seperti ditulisan sebelumnya, bahwa jika ingin mengetahui arah pergerakan IHSG, kita tinggal tebak saja arah pergerakan DJI. chart DJI sendiri sudah sampai ke targetnya. sudah membentuk first pull up pertama (lihat gambar diatas). karena akhir agustus kemarin ternyata masih ditutup dengan sentimen netral. jadi kita belum tau kepastian arah pergerakan DJI. kenapa sentimen netral? karena harga terakhir di bulan agustus di tutup tidak menembus support maupun resisten. ya walaupun di tutup positif tetap saja dihitung netral. Pendeknya. kita harus melihat konfirmasi nanti hari selasa tanggal 2 september. (senin DJI libur).

Nah, tugas kita sekarang memperkirakan sentimen untuk DJI minggu depan. karna jangka pendek maka sentimennya adalah ukraina vs russia. jika dilihat dari berita yang ada, EU dan US sepertinya kembali akan menerapkan sanksi yang lebih berat kepada russia. karena terakhir ada penerjun russia yang kedapatan mendarat di wilayah ukraina. presiden ukraina kasih statement yang ngeri-ngeri sedap.

let see, Minggu depan EU dan US ngasih sanksi, pasti rapat-rapat dulu. dragging, kira-kira 1-2 minggu pertama september menyebabkan index sideways cenderung koreksi. lalu setelah itu russia dan ukraina disuruh berunding, ini di minggu ke 3 dan baru deh ada rebound. reboundnya sangat bergantung dari hasil pertemuan russia dan ukraina trs. (prasaan belum lama juga udah berunding). keren kan tebakan gue. hahahaha.

Pertanyaannya adalah berapa persen korelasi pergerakan DJI dengan IHSG? 

IHSG Chart 

ihsg september

Gimana dengan IHSG?, sebenarnya IHSG sampai tanggal 29 jam 2 sore sih masih bagus-bagus aja. arahnya masih ke atas. eh tiba-tiba saat pre-closing ada yang buang barang. langsung minus 0,91%. jadi jelek deh chartnya. karena saya pure analisis teknikal. kita harus disiplin dengan chart. maka sentimen IHSG adalah sentimen negatif dengan arah pergerakan menuju trendline di 5052 atau di ret 50% di 5026 atau menutup gap di ret 618%. di 4979.

Sentimen untuk IHSG masih sekitar subsidi BBM, tekanan buat SBY sepertinya sangat kuat, opini publik sudah dibentuk kalau BBM sebaiknya naik untuk menolong anggaran negara (baca:jokowow) ditahun depan. saya sendiri TIDAK setuju BBM naik. masih banyak duit yang bocor kok. anggaran kementerian, korupsi, pajak, inefisiensi dll. kalau cuma hasil mikir adalah subsidi BBM di alihkan ke yang lain itu jalan keluar terlalu mudah. kurang di kuras otaknya buat cari opsi lain.

Kembali ke IHSG. karena yang dibahas nanti kebanyakan pro-kontra kenaikan BBM, bahasan pro-kontrak ini akan menghiasi layar kaca anda sampai mendekati pelantikan Jokowow. SBY akan terus ditekan. IHSG akan minim sentimen positif. satu-satunya sentimen yang perlu di nanti adalah senin besok terkait neraca perdagangan. jika itu positif. bisa saja IHSG menembus resisten, jika tidak. maka asumsi arah pergerakan IHSG seperti gambar diatas sepertinya masuk akal.

Jadi, kesimpulannya. menurut saya dan chart diatas IHSG dibulan september ini akan cenderung koreksi. 

Namun, skenario ini sangat tergantung besok. hasil rilis data neraca perdagangan oleh BPS. penutupan IHSG besok akan membla-bla..blaa (ga nemu kata yang cocok) ulasan saya diatas.

Rekomendasi saya untuk besok adalah sell on strength. lalu sepanjang bulan september kita bisa BOW dan bermain dengan timeframe sangat pendek 1-3hari. stockpick harus cukup selektif, cari yang teknikal rebound. lalu jauhi emiten yang terkena dampak atas kenaikan BBM.

Catatan perlu di ingat saya bukan tipe investor, saya trader dengan time frame 2-10hari Jadi rekomendasi dan stockpick saya hanya cocok untuk trader setipe. Terima Kasih