JK hampir dipastikan sebagai calon wakil presiden dari PDIP untuk mendampingi Jokowi. sepertinya pasangan ini akan memberikan sentimen positif bagi market sepanjang pekan depan. tapi kenapa dijudul artikel ini saya tulis ‘koreksi sehat?’ well semata mata sanya ingat pengalaman saat jokowi melakukan pengumuman diri sebagai capres. Pengalaman tersebut adalah pengalaman saya yang pertama di atmosfer pemilu, maklum ya, kan newbie. dan pengalaman tersebut adalah kenaikan hampir 4% saat jokowi mengumumkan diri sebagai capres dari PDIP. besoknya bahkan 2-3 hari setelahnya terjadi koreksi sehat untuk membalance kan kenaikan 4% tadi.

Atas pengalaman tersebut maka stokpick kali ini saya ketat di kriteria risk : reward. kita tau jika jokowi – JK di umumkan. mostly saham yang booming adalah konstruksi. karena jokowi dan apalagi JK sangat mendukung pemerataan. watchlist saya hingga akhir bulan adalah : HRUM. PTPP. WIKA. ASII. ADRO. PTBA. MNCN. BDMN dan KAEF.

Pilihan watchlist diatas tidak semuanya menuju kenaikan harga. KAEF saya menunggu koreksi hingga target yang saya telah tetapkan. jadi tidak semua menuju nilai positif. hal lain adalah reward WIKA, PTBA, ASII sangat potensial namun risk nya juga cukup tinggi. atau dengan kata lain harganya udah jalan sedikit. kalau mau longterm sih cocok. cuma ini targetnya 4-5 hari maka ada emiten yang lebih menarik.

Pilihannya stock pick pekan ini jatuh ke PTPP dan HRUM. kita ulas satu satu dulu. pertama HRUM.

hrum

Saya sempat punya harum saat di RET 0%. lalu saya jual saat menyentuh ret 50%. lalu duitnya saya putar ke PTBA karena power dan rewardnya jauh lebih kece di PTBA. sekarang PTBA sudah 4 hari beruntun naik signifikan. bukan berarti akan turun. namun risk nya lebih gede dari pada kita fokuskan duit kita yang minim ke HRUM. HRUM punya support di 2370. Target harganya adalah 2650. dengan saat ini harga 2420 maka target reward HRUM 9%. dan potensial loss nya 2%. atau ratio risk rewardnya 1:4.x 🙂

PTPP

Seperti udah dijelaskan sebelumnya WIKA rewardnya cukup menggiurkan. tapi saya lebih memilih PTPP. saham konstruksi menurut saya adalah saham paling ga adil. saat terjadi koreksi. mereka tentu koreksi. dikit dikit. karena sedang koreksi maka banyak trader akumulasi di saham saham ‘murah’ bukan di saham konstruksi ini tujuannya tentu biar bisa nampung banyak. saat reversal. sektor konstruksi adalah sektor paling ga tau sopan santun. dengan harga 2000-3000 ratio harga naiknya itu kurang ajar. ga sesuai sama harga. naiknya itu bisa seperti emiten yang harganya 4000-5000.

PTPP diatas saat ini ada di harga support. kalau mau kasih toleransi 2-4 tick untuk batas cutloss gpp. rewardnya? sekitar Rp. 200. lumayan banget. ratio rewardnya? hitung sendiri deh. bandingkan dengan potensial lossnya.

Demikian stokpick saya untuk pekan depan. prediksi saya harga target tercapai paling lambat 2 minggu. tapi dengan sentimen pengumuman capress yang begitu kuat. sepertinya 4-5 hari sudah tercapai. happy trading 🙂