Price analysis is the last skill you need

reality of treading. pic credit to : @SJosephBurns

reality of treading. pict credit to : @SJosephBurns

liat gambar ini jadi inget novel supernova akar yang pas si elektra berguru dengan ibu suri. proses pembelajaran terakhir adalah saat si elektra di ajak ke hutan raya di dago pakar.

dikisahkan di hutan tsb si elektra diminta untuk berkonsentrasi , memfokuskan energinya di tangan, lantas terjadilah kejadian yang tidak disangka, tiba tiba bunyi TARR! dan elektra membuka mata dan melihat ibu suri yang tersenyum dan berkata “kamu berhasil!”

pendeknya, di sore itu elektra lulus, udah bisa nyetrum secara mandiri. hehe. yang buat saya inget dengan gambar diatas adalah di sore itu setelah letupan listrik pertama yang keluar dari tubuhnya, si elektra ge’er. meresa sangat percaya diri karena baru sekali coba langsung berhasil. tau jawaban ibu suri?

“lah, kamu pikir urutan belajar kita dari yang paling gampang ke yang paling susah?” kebalik elektra!

kalimat ini yang membuat saya berasumsi bahwa jika anda mau jago di trading. kuasai yang paling susah dulu. a.k.a psikology. lalu money management baru deh yang terakhir strategy a.k.a price analisis.

gampangnya kita tinggal lihat gambar diatas, jika sukses di dunia trading itu ilmunya 100 persen yang dibagi sesuai persentasi di gambar. maka menguasai 2 ilmu terbawah saja kita udah punya 90persen! sembilan puluh persen broo!

walaupun ga ada yang pasti didunia ini kecuali kematian, tapi saya yakin deh kalo kita sudah menguasai dua terberat, maka belajar teknikal / fundamental itu akan sangat mudah. sangaaaattt muudaaaahhh. kenapa? karena lu bakal jaduh lebih woles untuk setiap price movement. lebih pede. lebih rileks.

tentu syaratnya bukan sekedar menguasai, mengerti dan paham. tapi hingga menghidupinya. kalo udah sampe level menghidupi. nanti indikatornya paling cuma moving average. golden cros beli. death cros jual. harga di atas MA X beli, dibawah MA X jual. as simple as that. serius. percaya deh. liat aja artis artis saham. indikator mereka pasti simpel simpel deh.

btw kalo anda belajarnya dari bawah ke atas sesuai gambar piramida diatas. saya yakin anda ga bakal nanya lagi soal pertanyaan umum semacam “masuknya di harga berapa kak?” “besok mau masuk mana kak?” “pake indikator apa kak?” dst dst. because you know that NO body knows where the price gonna be.

udah ya. MUC vs City udah mulai nih. jangan lupa retweet yaa. terima kasih

2 Comments

  1. saya pernah baca di blog lain ada buku judulnya Come Into My Trading Room karangan Prof.Elder. di buku itu dibahas juga tentang piramida di atas, cuma disebut 3M : Mind, Method, Money.

    di buku tsb juga yang dibahas kalo mau belajar trading yang harus dikuasai pertama (ya sambil belajar 2 yg lainnya) adalah Mind (psikologi trading).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 a Trend Trader

Theme by Anders NorenUp ↑