AMRIKI

tulisan ini ditujukan sebagai reminder untuk saya agar tidak lupa kondisi overall market amriki, maklum mau ga mau harus di akui sentimen dari market amriki punya andil terhadap pergerakan market indonesia. beberapa hal yang patut menjadi perhatian, mari kita bahas satu-satu

US GDP Growth Rate

US GDP Growth Rate Forcast

GDP rate US sejak 2016 menunjukan trend naik, belum lama pengumuman ada di 3.5, luar biasa pdhl 2 tahun lalu mau lewatin 2 aja susah bener. apa yang bisa kita analisa dari potensi pertumbuhan ekonomi amriki yang semakin baik? apa coba.. oiya, selain itu coba perhatikan chart inflasi amrik. karena chart inflasi akan menentukan milestone the FED. 

DJI chart

sedikit berbanding terbalik dari trend GDP diatas, 1-2 minggu terakhir market amrik ngasi kode mau koreksi serius. dimulai dari negatif divergence saat mendekati area 27000, lalu koreksi tanpa ampun hingga jumat lalu, saat ini harga ada di support. penembusan support garis merah di gambar akan menjadi konfirmasi break down trend medium term sedangkan breakdown garis trend warna biru akan mengkonfirmasi double top market amrik. dan entah kenapa saya cukup yakin hal tersebut akan terjadi.. kok berbeda dengan indikator ekonomi yang menunjukan perbaikan? ya kan market jauh di depan indikator ekonomi.

INDONESIA

USDIDR

USDIDR sendiri masih uptrend kuat bet, jika ini adalah pola rounding, maka targetnya masih jauh keatas, yang digambar si jika 15300 ditembus alamat sampai 15930. goodnewsnya ada divergence, lihat puncak RSI di all time high sebelumnya masih lebih tinggi dari RSI saat ini padahal sudah secara price sudah lebih tinggi dari dari all time high di 14788. if ada lower low di candle weekly ini, boleh berharap IDR akan menguat signifikan.

Jakarta Komposite Index

analisa saya tentang indek komposite indonesia masih sama, harga masih berada di area konsolidasi, menunjukan indecisive market. jika digabungkan dengan analisa market amriki diatas, katakanlah marketnya koreksi signifikan, lantas INDR menguat, tentu akan membawa angin segar untuk market indonesia.. untuk memberi konfirmasi, ada beberapa indikator ekonomi yang musti membaik di indonesia, apa itu? CAD? GDP?

IDN GDP Growth rate
IDN Balance of trade

ke duanya menunjukan trend membaik, jika sampai GDP Q3 kita menyentuh angka 5. maka ga pake lama target 6400 pada chart diatas akan kesamber. tapi karena kita tau bahwa market wayyy faster than economic indicator, maka pergerakan indecisive market sampai saat ini menunjukan keragu-raguan market akan capaian 2 indikator diatas. walaupun memang hingga saat ini market masi di dominasi akumulasi, boleh jadi ini adalah masa akumulasi bandar sebelum momentum GDP / CAD membaik. boleh jadi,, boleh juga tidak.. 😀

intinya si, saya cukup kawatir dengan setup market amriki, kita yang double top sejak feb 2018 aja idup jadi susah, cuan sedikit langsung diminta balik ama market. jika indikator ekonomi kita membaik sehingga market kita bisa cukup ‘cuek’ terhadap pergerakan market amrik, maka akan menjadi berita baik, namun jika hal tersebut tidak terjadi, bisa ikut makin turun.. 

saya rasa cukup, artikel ini saya tulis sebagai reminder saya agar tidak gegabah. sekedar mengkristalkan apa yang ada di dalam pikiran agar tidak salah langkah, karena dalam trading rasanya lebih baik menunggu konfirmasi dari pada terburu-buru.

semoga bermanfaat.