Rileks Bro

Posted on Posted in stockactivist

Bagi anda yang baru mengikuti blog ini, fyi, saya memutuskan serius menjadi trading sejak 2013, di tahun pertama saya dedikasikan waktu untuk membaca, kira-kira februari 2014 saya baru punya akun trading, alamat website memang sudah beberapa kali berpindah, jika di cek dalam database , ini adalah tulisan pertama saya sebagai trader

bukan bermaksud membahas bahwa saya sudah tahun ke 4, tapi saya ingin mengajak teman2 kembali di tahun pertama saat saya terjun ke dunia saham. untuk sekedar memberi konteks, jumlah uang yang saya setor sebagai modal awal adalah sepuluh juta,  dengan target belajar sebaik-baiknya selama 1+3 tahun pertama, periode ini saya sebut project RSGN

kita akan fokus sepanjang 2014 menuju 2015, karena kalo bahas hingga akhir 2017 maka anda akan tau ke alay-an saya berganti-ganti broker, gaya trading, metode trading plus sudah pasti berganti-ganti indikator, intinya si jika kita bahas sampe late 2017 atau anda punya waktu membaca seluruh artikel di blog ini maka anda akan percaya crowd wisdom soal 5 stage development seorang trader, mulai dari Unconscious incompetence ke Unconscious competence

anyway… sepanjang 2014, saham paling hot adalah saham konstruksi. sepertinya karena saat itu saham konstruksi harganya terjangkau oleh mayoritas ritel, dan sebagai saham second liner tentu stigma saham konstruksi lebih baik ketimbang saham gorengan, saham third liner (saham grup-grup usaha) dan saham mahal lq45 tentu juga ramai, namun menurut saya tidak seramai atau semenarik geng konstruksi.

ok, lantas apa yang mau lu sampein paktua?

sek sabar,

mari kita lihat kinerja saham konstruksi di tahun 2014-2015, jika januari adalah open dan akhir desember adalah close, maka kinerja saham konstruksi di tahun 2014 sangat luar biasa,

  • diawal tahun WSKT itu sekitar 415 akhir tahun 1470, naik 254%
  • WIKA awal tahun 1537 akhir taun 3408, naik 122%
  • ADHI awal tahun  1273 akhir taun  2953, naik 132%
  • PTPP  awal tahun  1111 akhir taun  3396, naik 206%

tentu agak sukar menemukan trader yang all in dan di hold sepanjang tahun, namun jika setiap 25% capital anda di alokasikan untuk setiap saham diatas, maka jelek-jeleknya performa anda sekitar 178%. 

tau kinerja saya? minus guys.. boro-boro cuan ratusan persen, breakeven aja kagak. T_T

coba waktu itu masuk all in di WSKT atau di PTPP, atau di WIKA yang paling ‘kecil’ juga gpp deh.. coba…

jadi lu mau curhat tahun pertama lu rugi? gitu doank??

sek sabar rek…

informasi di atas saya ingin memberi gambaran bahwa tahun 2014 adalah tahun bancaan di saham konstruksi. jika anda menjadi saya di akhir 2015, anda akan menyesali diri anda TIDAK turut serta dalam bancaan tersebut. bukan cuma nyesel bray.. mengumpat diri juga boleh..

tapi ya kan kl melihat harga kebelakang emang gampang, seolah-olah kita tau harusnya saat itu harusnya kita mengambil tindakan apa.. namanya juga menyesali,, yo gampang rek..

lagi pula di tahun pertama saya tidak menargetkan untung, tapi belajar.. (sok bijak).. (belajar matamu! mosok saham konstruksi naik hampir 150%, lu breakeven aja kagak T_T )

terusss… jadi intinya apa???

sek to.. sabar..

liaten saham konstruksi sekarang, WIKA belum lama menyentuh kisaran harganya saat 2014.

walaupun 3 lainnya masih diatas harga tahun 2014, dimana WSKT close hari ini di 2060, artinya masih naik 300%, PTPP ada dikisaran 130-140%, kalo ADHI masih advance di sekitar 50%.

TAPI Waskita balik kandang rek… 3 saham lain juga sebenarnya konsisten turun sejak awal 2015.

jadi intinya..

Jika saya merefleksikan diri saat ketinggalan ‘kereta’ konstruksi di tahun 2014 tentu boleh saja kecewa,

Namun jika di lihat dari harga geng konstruksi yang balik kandang, hal tersebut menggambarkan bahwa harga saham bergerak.. baik naik atau turun,..

mari kita lihat contoh saham yang justru bergerak turun sepanjang 2014-2015 namun rebound sejak 2016.

see? ITMG  konsisten turun sepanjang 2014-2015 namun rebound sejak 2016.

intinya peluang itu terus ada. 

Saya bisa contohkan saham lain, tapi saya yakin anda sudah mendapat pesan artikel ini… rileks aja, jangan kawatir ketinggalan kereta..

ga ikut kereta geng Banking tahun ini?? Rileks aja,

kawatir ketinggalan BitCoin? Rileks aja,

tugas kita bersiap sebaik-baiknya, jadi saat blackswan event kayak geng konstruksi diatas terjadi lagi, kita tidak lagi menjadi penonton..

tapi yo jo lali bersiap rek..

ps: btw jika anda ingin terjun dan masuk di asset-asset yang disebutkan diatas juga ga masalah, tinggal mengatur potensi risiko.

TAMBAHAN

kunjungi dan bergabunglah di chart.paktua.id , sebuah laman khusus untuk berbagi chart dan analisa saham, Seluruh user di ChartHeroID dapat memberikan dan diberikan rating atas topic diskusi dan komentar yang di input, akumulasi reputasi dapat dilihat di laman profile user.

Terima kasih

One thought on “Rileks Bro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *