udah 20 hari lalu dari artikel terakhir, semua karena wifi di rumah mati, semalam provider baru dipasang, akhirnya bisa ngenet via pc lagi, banyak ide nulis di 20 hari terakhir, apalagi market juga melewati periode krusial, jadi banyak yang harus di rapel ni 

anyway, bicara soal periode krusial, mari kita analisa via teknikal IHSG, perhatikan gambar dibawah

teknikal IHSG 

jika anda mengikuti video saya disini https://www.youtube.com/watch?v=Zh6B70x_Y0M 

saya menyatakan bahwa jika area 5975 (area merah) ditembus maka downtrend IHSG sejak september berubah trend menjadi sideways. akan terus sideways selama area 6100 blm di tembus. yang tidak muncul di video adalah bullish wedge sejak oktober, maka saat diagonal nya ditembus target logisnya adalah 6064 yang kebetulan sudah di samperin.

so, saat ini area 5975 akan menjadi area imbalance, jika berhasil di lewati maka 6100 sudah siap menghadang, apakah akan ditembus? ga ada yang tau, tp good newsnya  kita sedang ada di periode akhir tahun, jangan remehkan keinginan para manajer investasi untuk memiliki rapot baik

gelagat windes sudah muncul saat BANKING menggila 2-3 minggu lalu, terus terang saya melewati hal tersebut, karena sejak IHSG downtrend saya menghindari saham banking, ya namanya juga index downtrend, maka terlibat di pergerakan bluechip buat saya terlalu beresiko. jadilah saya cuma nonton orang-orang cuan di BANKING. 

lantas seminggu terakhir PROPERTY bergerak, diawali gerakan 4 jagoan konstruksi lalu 2-3 hari terakhir saham-saham property ikut menggeliat ditambah lagi ada niat pemerintah memotong pajak rumah mewah. makin yahud sektor PROP. 

tau bedanya trader yang sukses ama yang so-so?

waittttttt.. kok tau-tau ngasi pertanyaan aneh lu paktua, apa hubungannya? 

jadi intro segaban diatas tujuan saya sebenarnya mau mengingatkan diri sendiri bahwa bedanya trader cuan ga cuan itu di exit mereka pada periode khusus kek gini. 

dengan adanya pattern + windres sayang banget kl jadi dengkul kopong yang baru 10-20% crot. apalagi abis di whipsaw all year. dari februari udah di whipsaw cing.

udah ya. silahkan di renungi.