wah, akhirnya menulis lagi, saya 2 hari tidak menulis karena kemarin kamis ke bandung, asistensi thesis. banyak revisi deh. tapi alhamdulillah banget, setidaknya tau apa yang mau direvisi dan tau gimana akan jadinya, dari pada mbambung ga jelas kan? makasih buat cewecuh @rahmahamalyah untuk dukungannya yaaa.

btw habis asistensi saya cepet colong-an lihat saham, asumsi saya terhadap pergerakan IHSG untuk pertama kali tidak tepat (untuk pertama kali setelah menulis yah) dari hal tersbut saya belajar, saya dapat ilmu yang sangat berguna yaitu menggunakan batas resisten dan support sebagai sentimen pergerakan IHSG di kemudian hari. biasanya saya hanya gunakan HSI positif, STI positif, DJI positif berarti aman besoknya IHSG insya allah akan positif. jika salah satu minus maka tidak aman. begitu saja. ternyata tanggal 6 tersebut pergerakan IHSG tidak sesuai perkiraan saya. IHSG bergerak positif, hal yang bikin berat adalah semua saham watchlist saya sudah jalan. pada nge-gas semua. BBNI, LSIP. tanggal 6, HSI, STI ditutup dengan sentimen positif, maka asumsi saya IHSG akan terus bergerak naik. esoknya saya justru mendapatkan pelajaran berharga lainnya

Seperti asumsi saya. IHSG pun bergerak naik. malamnya saya sudah buat sortlist saham yang saya incar di tanggal 7 tersebut (posisi porto saya tgl 6 kosong, karena tanggal 5 saya early TP). seperti gambar di atas ada 4 saham yang saya  incar, dengan asumsi saya mendapatkan sedikitnya 3 dari 4 saham tersebut. kenyataannya dan memang 3 dari saham tersebut saya dapatkan. harganya relatif bagus. BSDE, JSMR dan WIKA tapi.. saya dapat pelajaran yang sangat berharga. yaitu :

  1. As a swing trader, jangan terpengaruh sama pergerakan harga dalam sehari (ditengah hari). beli, hold. liat harga sebelum tutup untuk konfirmasi hold , buy atau sell. jangan sok alaayy! DAMN!!!
  2. Saham dengan potensi penembusan resisten lebih menarik dari pada saham yang sedang di antara resisten dan support (sudh jalan). jika melihat sebuah saham berada di dekat resisten, BUY / BID hanya dan hanya jika resisten tersebut di tembus dan dikonfirmasi dengan volume yang mendukung. 

Pelajaran pertama saya dapat dari WIKA dan JSMR, karena tahu bahwa dua saham ini akan test resisten, saya bid di bawah, tidak jauh, namun dibawah. padahal belum ada konfirmasi resisten tersebut di tembus. pendek cerita dapatlah saya WIKA di harga resisten. well -45 poin. bahkan itu menembus support saya. tapi saya ambil posisi contrarian. saya bid juga di support dan dapat. semoga saja senin rebound. saya pasang support dekat. walaupun jika nantinya harus cutloss maka pelajaran ini akan sangat saya ingat.

lalu JSMR. saya dapat harga satu tingkat di bawah resisten. lalu turun 50 poin, entahlah, giliran WIKA saya average down yang ini tidak, mungkin karena harganya mahal maka saya cutloss. terjualah ini si JSMR. lalu harganya naik +75 poin. jika saya hold maka saya +100 poin. bener-bener ngeselin. yah, tapi saya akhirnya beli lagi si JSMR.

Saya selalu ajarkan si rahmah tentang poker di facebook. sebaiknya fold dari pada call sebelum 3 kartu terbuka. tujuannya sederhana, meminimalisir risiko. Hari ini saya tidak melakukan itu. dan saya di ajarkan dengan baik akibatnya oleh market. dan semoga saya sudah belajar. jika di lihat di gambar, sangat jelas tulisan saya bahwa BUY WIKA dan JSMR jika harga di market melebihi harga yang saya tetapkan. harga belum tembus saya sudah BUY. Hanya BSDE yang sesuai rencana. saya dapat +45 poin. sekali lagi, terima kasih tuhan, saya banyak belajar hari ini. Terima Kasih