the fourth horseman

the fourth horseman

The Four Horsemen of the Apocalypse adalah kuartet entitas yang menggambarkan empat konsep utama Apocalypse. a.k.a kehancuran dunia. masing-masing dikenal sebagai: Penaklukan, Perang, Kelaparan, dan yang ke empat adalah jeng.. jeenggg… kematian.

masing-masing punya kisah sendiri, ya mirip-mirip The Tale of the Three Brothers-nya harry potter lah.  tapi saya bukan mau bicara soal mitologi cerita diatas, karena terus terang ga gitu paham, pertama denger the four horseman juga dari plesetan bukunya scott-galloway the four. 

di the four, 4 entitas yang punya kekuatan besar yang akan membawa dunia menuju ‘Apocalypse’ adalah amazon, apple, facebook dan google. 

yang pertama, amazon,  pengecer yang menolak membayar pajak penjualan, memperlakukan karyawannya dengan buruk, menghancurkan ratusan ribu pekerjaan, namun dirayakan sebagai teladan inovasi bisnis.

kedua, apple, sebuah perusahaan komputer yang menyembunyikan informasi tentang tindakan domestik terorisme dari penyidik federal, dengan dukungan dari basis penggemar yang memandang perusahaan mirip dengan agama.

ketiga, facebook, perusahaan media sosial yang menganalisis ribuan gambar anak-anak Anda, mengaktifkan telepon Anda sebagai alat pendengar, dan menjual informasi ini ke perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Dan empat, google, platform iklan yang mengomando, di beberapa pasar, 90 persen bagian dari sektor yang paling menguntungkan di media, namun menghindari peraturan anti persaingan melalui litigasi dan pelobi yang agresif.

itu menurut scott-galloway loh ya.. lantas apa hubungannya dengan saham?

saya cuma suka istilahnya the four horseman, hehe. itu aja.. kebetulan dalam trading saya punya 3 kriteria utama, yang saya singkat menjadi A-B-C, jika 3 hal ini tidak terpenuhi jangan harap saya entry di sebuah saham. jadi setiap ada setup menarik, saya akan membuat checklist apakah setup tersebut memenuhi kriteria A- akumulasi / volume yang cukup/mengkonfirmasi, B – Breakout (karena saya adalah trader seorang yang memanfaatkan momentum) , C – conflucence, saham ini harus memiliki dukungan indikator yang confluence, berhimpit atau saya artikan saling mendukung. simpel kan?semua berjalan baik dengan 3 kriteria di atas, 3 kriteria diatas juga umum, rasanya banyak trader menggunakan kriteria diatas,.. 

lalu kemarin saya belajar soal time. the fourth horseman. 

ada kegalauan saat pertama belajar soal time, karena buat saya menebak timing market adalah hal yang sia-sia, diawali dengan rasa penasaran, akhirnya saya belajar soal substansi ini. 

dan hasilnya

pendeknya, saat ini sistem saya menggunakan 4 kriteria, saya sebut the four horseman, tapi ini bukan soal Apocalypse apalagi membawa akun saya menuju ke hancuran, ini cuma nama-nama-an, akronim, cocokology, biar saya gampang mengingat dan tidak lupa melakukan checklist setiap entry. 

mau liat chart yanga ada timenya? nantikan di blisaham.com 😛

Leave a Comment