Memperingati tahun pertama saya di trading, hari ini saya akan dedikasikan tulisan untuk orang orang yang telah banyak mengajarkan saya trading. baik secara langsung maupun tidak langsung.

anda boleh melanjutkan membaca jika berminat, mungkin saja ada calon mentor saham yang menarik dan cocok dengan profile anda. hehe. nama dibawah ini di urutkan berdasarkan waktu pertemuan saya dengan mazhab mereka. dimulai dari mentor pertama hingga genk saya yang sekarang.

  1. Satrio Utomo – RencanaTrading.com : diawal belajar trading ane ga pernah absen baca blog pak satrio. bahkan kayaknya semua artikel di sub menu artikel untuk pemula dan charting skill udah saya lahap abis. saya juga ada buku pak satrio ttg fibonacci retracement. dijaman ini saya positioning buy on trendline atau buy on retracement.
  2. Ellen May : setelah beres abisin baca blog pak satrio saya beli buku saham pertama. Buku saham pertama saya adalah buku ellen may. yang saya suka dari buku ini adalah ada trading rules para jagoan saham dan pembahasan ttg pentingnya optimisme alam bawah sadar dalam proses trading.
  3. Eyang Ratman : Ketemu doi saat expo junior trader. waktu di expo niatnya ya ketemu pak satrio. eh ngeliat eyang. disitu pertemuan pertama kami. lalu saya mengikuti pelatihan analisa teknikal oleh junior trader. eyang juga menjadi salah satu pembicara. kalo eyang, doi ini gayanya candle yang terkonfirmasi. di swing hingga ada formasi candle reversal. pakai BB, Stochastic dan MACD. that’s it.
  4. John Veter : di pelatihan analisa teknikal, pak john kebagian ngomong terkahir. tapi tentu paling keren menurut saya. emang deh kl dengerin orang ngomong fundamental bener bener buat terkesima. kenapa doi bisa mikir ini ya, kenapa bisa mikir itu ya. korelasinya ternyata ini, itu. dst. walaupun trader, saya sampai sekarang jadi suka analisa makro karna mengikut paham pak john. btw saya punya 2 buku nya pak john juga.
  5. Aria Santoso : doi coach terakhir di pelatihan analisa teknikal junior trader. ngajarin soal swing. buy berdasarkan formasi candle yang ada di suport trendline. keren dan baik banget orangnya.
  6. Hans Kwee : saya tidak pernah diskusi langsung dengan beliau, biasanya cuma ikut dengerin kl pak hans kwee lagi bahas makro ekonomi. setau saya doi trader. tapi analisa makronya keren banget. saya si kegeeran profile saya mirip doi. hahaha.
  7. @kenziesebastian : saya suka akun twitter ini karena tweetnya sangat bermanfaat, suka mengutip buku. menambah ilmu. tapi sayang sepertinya akunnya sudah lama tidak di update.
  8. @kokolato – http://tradingbarengkoko.blogspot.com/ : nemu blog-nya ga sengaja kayaknya, tapi blog ini menurut saya cukup keren. banyak ilmu terselip dimana mana. narasi tulisannya juga bagus, diawali dengan peristiwa kekinian yang diikuti dengan pembahasan dari sudut pandang saham. go check it out.
  9. @kusumok : saya selalu nungguin bagian counting wave nya di akun ini. beliau juga suka share tips tips keren. kalau anda follow doi, pasti ngarep segera di share pdf yang sedang di tulis tu. ya kan? hehe
  10. @aldotjahjadi8 : ini akun twitter favorite saya. akun ini setiap pagi memberikan insight atas sentimen di hari sebelumnya. serius. ini adalah contoh akun twitter yang ketjeh. cuma bahas saham doank isinya. keren deh.
  11. @tradergombal :  profile twitternya yang berbunyi “meskipun Setia (trend-following dan buy-on-breakout)” ini lah yang membawa saya mempelajari trend following. pak nardi juga suka share artikel bagus. ya walaupun belum sukses trend following, beliaulah yang secara tidak sengaja memperkenalkan saya dengan konsep ini melalui profile twitter. oiya, kemarin saya dapet AHA moment saat doi share artikel yang “A tale of two traders and risk”. saya tau kenapa saya suka segera TP bukannya trend following. karena saya mempertaruhkan equity terlalu besar. hal itu membuat psikologi saya tidak nyaman. terima kasih pak nardi
  12. @rotasisaham, @exoticEnegery : dua akun ini memperkenalkan saya dengan konsep relative strength yang digambarkan melalui graph. @lim_gita belum lama pasang status “sbnrnya dg liat index sectoral dan menghindari sector terlemah, under perform, or downtrend aja udh menghindarkan dr bny cutloss. IMHO” ini kalimat bener banget. bisa memanfaatkan graph dari dua akun ini untuk menghindari salah pilih sektor.

Seperti yang sudah saya sebut di beberapa artikel terakhir, saya sekarang sudah join grup telegram QT. apa itu QT? apa it data acum? boleh datang ke expo nya junior trader tanggal 7 maret. denger denger QT akan buka booth disana. boleh tanya suka suka. temen teman di QT saat ini ibarat guru, suhu, teman, kawan dan sahabat buat saya. ya walaupun saya ga aktip aktip amat. tapi saya sangat suka keakraban di grup tsb. saya ga bisa sebutkan semua. ya karena satu grup aja ada 200 nama, grupnya ada 3. wkwkw. bisa panjang banget nanti artikel ini.

dengan penuh hormat, berikut dibawah ini suhu suhu QT yang sampai saat ini dengan senang hati selalu berbagi ilmu.

Pak Toto (ini big boss) , aa , bernandi dz, ko asunn, pak siaophengyou, pak david, pak iman chandra, pak hok1, pak mando, pak dendo, pak ferry, pak frans (dua nama terakhir copeters), ibu dian, ibu kitin, pak yulianto, pak andi, pak edi, ibu siu, pak wempie, pak ari R, mbak agnez, mbak nana, pak adni k, pak rahmat maulana, kenny salim, pak wong, pak andi. dan semuanyaaaa. pokoknya grup ini keren sekaliii.

buat yang belum kesebut mohon maaf, karena jumlahnya banyak, intinya kalian semua keren sekali. baik yang sudah atau akan saya temui nanti, pasti kalian semua orang kereeeennn. semoga saya tidak berhenti sampai disini, saya ingin bertemu guru guru, sahabat, kawan yang lainnya dalam perjalanan saya ke barat mencari kitab suci ini. hahaha.

udah ah, artikel ini akan menjadi pengingat saya nanti kalau saya (semoga) jadi jago (banget). hahaha. biar ada nostalgia gituuu. hahahaha.