Salam semua, hari ini saya mau share tips untuk trader pemula, ya walaupun saya juga masih sangat pemula. sampai februari ini berarti tepat 1 tahun saya trading. jadi kita sama sama pemula. walaupun sesama pemula saya ada tips yang saya anggap sangat penting diketahui oleh trader pemula, atau bahkan trader yang sudah 3-6 tahun namun belum cuan maksimal.

Tipsnya sederhana, bukan soal teknikal, fundamental atau indikator. tips ini menurut saya jauh lebih penting dari itu semua. tipsnya adalah : you should gangging up. gather with other traders. share knowledge with them. discuss about your trading plan. elevate knowledge together or even better, make one of them your mentor.

image1

Gambar diatas saya ambil dari buku trading with profitunity-nya husni gumilang. imho, nama nama di atas itu ring satu-nya suhu suhu trader se INDONESIA!, se INDONESIAAAA! kalau kamu trader pastinya telah mengekor disalah satu nama di atas, ada harry wijaya dari hose trader, tommy yu, coach aria, eyang ratman, sampai ada ellen may si @pakarsaham dst dst.

gile gak si, punya grup isinya jagoan semua gitu, bisa mendadak pinter trading kalau boleh join grup itu. haha. tapi pesannya adalah mereka dulu pasti sama kayak kita. newbie, trader pemula, nyangkuters. sekarang mereka jelas bukan pemula. twiiternya kita follow, bukunya kita beli. salah satu faktor mereka bisa jago parah kayak sekarang ya karena mereka berkumpul. ada teman diskusi. ada teman belajar bareng.

saya bisa saja mengutip artikel / riset agar tulisan ini lebih dramatis, bahwa gangging up itu pentiing pake bangettt. tapi ga usah lah, pesannya emng sederhana. tapi saya yakin efeknya luar bisaa jika di ikuti.

Nah, saya sendiri sudah join milis saham, milis junior trader, dan yang terkahir saya join grup telegram QT-nya pak toto, terus terang, semenjak join grup QT saya mendadak jago trading. hahaha. seriously, you should join a grup too, ga mesti grup QT, yang penting ada grup untuk diskusi. btw kalau niat dan dicari banyak tersedia grup saham. di kaskus ada, di stockbit, di bei5000, bahkan di chat pluginnya angguntrader.

mau cari grup yang berbayar juga ada, ada punya pak tommy di rencanatrading, ogalugi, alphatrader dst dst. kalau berbayar mungkin mereka menempatkan diri sebagai mentor kali y. soalnya bayar gitu loh.

btw, yang kita cari di grup bukan share stockpick y, itu sih cupu, yang kita cari share ilmunya, contohnya di QT kemarin ada yang ngajarin pake buaya, diajarin nyopet juga, serius ini. belum lama dibuat grup QT – Gorengan, tempat berkumpul copeters elit. haha. itulah yang kita cari! biar kita bisa mengembangkan kemampuan.

pokoknya pesan dari artikel ini si anda harus bekerjasama dengan trader lain. asal niat dan haus akan ilmu, joining grup make you learn super fast.

udah ya. terima kasih telah membaca.

ps : kalau merasa artikel ini, atau artikel lain di blog ini mohon bantu share y 😛 biar pembacanya makin banyak. haha. terima kasiih