yup, ini trading tips. mungkin anda jarang mendengar tips seperti judul diatas, itu karena tips ini adalah murni hasil perenungan saya sebagai trader. halah. original bray. biar pada mahfum, silahkan lanjut baca.

walk it twice? maksud nya opo? jalanin dua kali? … jadi begini, salah satu tips penting bagi trader dalam membuat watchlist adalah harus sedikitnya melakukan 2 kali screening atau yang biasa kita sebut sebagai chart walking.

menurut saya, chart walking untuk mendapatkan shortlist watchlist itu seperti menulis, first draft atau edisi pertama-nya always full of shit. it’s a crap. mau bukti? ya tulisan di blog ini contohnya, it’s messy, ga terstruktur, banyak typo, idenya melompat2 dst dst. well, itu karena semua tulisan di blog ini ditulis sambil mikir. ga pake di re-read ato di edit lagi. haha

balik lagi ke judul diatas, kenapa harus dua kali chart walking? ernest hemingway punya qoute yang cocok untuk mendukung judul artikel ini, atau kenapa kita perlu chart walking at least dua kali sebelum benar benar mendapatkan short list buy / sell. quote doi :

“The first draft of anything is shit.”

yeah, your first (stock) walk (maybe) full of shit. yang sama maksud stock walking adalah kegiatan screening stock dengan menjelajahi chart untuk mendapatkan shortlist watchlist. udah mulai mudeng? jadi dalam membuat watchlist, kita perlu sedikitnya 2 kali melakukan pengulangan stock walking. dari awal sampe akhir. karena your first look (walk) is full of crap. haha.

jadi bagaimana solusinya agar dapat membuat watchlist yang baik? persis seperti judul diatas, walk it twice.

eits, twice walking ga sekedar cuma melihat dua kali. ada beberapa kriteria lebih lanjut untuk stock walking ini.

  1. stock walking sebaiknya dilakukan minimal DUA LAP. jadi misalkan walking pertama dimulai dari AALI diakhiri oleh WSKT. hal ini harus dilakukan dua kali. twice walking bukan berarti melihat chart yang sama lu plototin bolak balik ampe botak diwaktu yang sama. melainkan persis seperti namanya, walking twice. dua lap. ulang dari awal di AALI sampe ke WSKT. kenapa harus walking ulang? nah baca kriteria no 2 dibawah
  2. stock walking yang pertama dan stock walking yang ke dua harus, wajib, kudu memiliki jarak waktu. agar mata kita menjadi otak, mata, daya pikir sudah ter-reset saat melihat ke dua kali. tujuan utamanya adalah biar ga bias. sebagai contoh : pernah ga mengalami hal seperti ini : saat walking pertama, lu liat chart ADHI.JK bagus, tapi karena lu laper, belum mandi dan ngantuk, akhirnya lus makan, mandi n molor dulu. setelah bangun, lu lanjutin chart walking lu, eh kok chart ADHI.JK yang kmaren lu anggep bagus jadi ga sebagus tadi / kemaren saat lu pertama kali chart walking. pernah ga? hayo ngaku. kenapa hal itu bisa terjadi? jawabannya dibawah ini.

kenapa kita cenderung memiliki persepsi yang berbeda terhadap 1 chart yang sama ?

  1. jawabannya : karena kita bias, saya yakin bahkan saat chart walking yang pertama itu chart ADHI.JK udah bolak balik di pelototin. dah lu udah sepakat klo chart ADHI.JK itu menarik, tapi kenapa kok pas besoknya dilihat lagi malah jadi jelek. sekali lagi jawabannya : karena kita bias. lu udah terlanjur suka saat first look, dalam periode itu, mau lu bolak balik itu chart ya tetap aja menarik. makanya chart walking yang ke dua sangat penting dilakukan dengan memberi jarak waktu dari chart walking yang pertama. contoh yang sering saya lakukan : biasanya habis penutupan chart walking. terus malem sblm tidur chart walking lagi.
  2. jawaban ngarang lain adalah karena tingkat konsentrasi / mindfullness kita berbeda beda saat chart walking pertama dan ke dua. makanya persepsinya bisa saja berbeda. begitu.

walaupun terkesan remeh, buat saya chart walking memang harus sedikitnya dilakukan  dua kali di waktu yang berbeda!

semoga bermanfaat!