Pasca gone from 0 to 17 stocks in one weeks, turn over portfolio saya cepet aja. 17 saham yang minggu ke dua mei itu udah pada kelaut alias di jual. sempat ada yang di buyback tapi akhirnya sekarang sudah berputar, rata-rata saya megang stock paling 1-2 hari. kecuali inkp dan kren. dua ini rasanya kita bisa sepakat sedang uptrend.

volatilitas yang berlebihan membuat saya menggunakan chart 6h untuk analisa, mas bern malah pakai chart hourly. di saat market (yang dianalisa akan) turun begini, maka pilihan bijak adalah menepi jika memang mood market tidak kompatible dengan sistem yang kita anut. pertanyaannya apa benar index kita sedang downtrend? dari 100 saham yang menjadi shortlist chartwalking saya setiap malam, harus di akui mayoritas medium termnya downtrend.

biar afdol, maka mari kita analisa satu persatu index sektoral, agar kita bisa memilah saham yang layak di hold (di-trend following-kan, ) karena sektoralnya masi uptrend. atau bahkan mencari saham yang sektornya downtrend tapi dia malah sideways, karena saham dengan konstruksi seperti itu punya tendensi uptrend kuat saat sektornya berhenti koreksi.

mari kita mulai..

COMPOSITE:

ciri harga mau berubah trend adalah menembus garis trend, lalu menguji kembali garis trendline sebelum melanjutkan arah penembusan garis trend, (jika yang ditembus garis uptrend, maka arahnya downtrend/sideways, dan begitu sebaliknya).

sialnya, IHSG menunjukan gelagat tersebut.. iya, jika menurut chart, maka arah gerakan selanjutnya dari IHSG adalah koreksi kecuali… kecuali garis diagonal downtrend nya di tembus. jika ditembus maka kode kalo index mau sideways.

kesimpulan: konsisten membentuk HL dan LL, garis diagonal downtrend sebagai resisten.

MISC-IND

perhatikan garis uptrendline oct 2015 sampai juli 2017, pasca ditembus, si garis sempat di uji di okt 2017. yang disusul sidewaysnya sektor misc IND. lantas diawal 2018 brekdown support, DAN si support yang berubah menjadi resisten kembali di uji SEBELUM melanjutkan downtrendnya.. polanya memang begitu, garis trend di tembus, lalu sempat di uji untuk di tembus, gagal, akhirnya si harga melanjutkan downtrend.

kesimpulan: konsisten membentuk HL dan LL, garis diagonal downtrend sebagai resisten (ga ada di gambar).

FINANCE

finance punya pola yang sama, garis trend di tembus, lalu sempat di uji untuk di tembus, gagal, akhirnya si harga melanjutkan downtrend.

kesimpulan: konsisten membentuk HL dan LL, garis diagonal downtrend sebagai resisten (ga ada di gambar).

BASIC-IND

akhirnya… nemu yang uptrend. sejak awal tahun basic ind konsisten membentuk HH HL, ada channel yang terbentuk. selama ga breakdown, kita boleh menyimpulkan sektor ini terus uptrend. anyway, pergerakan basic ind ini di monopoly sama inkp dan tkim.

kesimpulan: konsisten membentuk HH dan HL, channel uptrend sebagai support.

MINING

selama 1505 tidak ditembus, sektor ini secara long term uptrend, di medium to short term mining sedang ‘koreksi sehat’, jika downline-nya ditembus, maka sektor ini makin menarik,. satu hal yang worth mention adalah rotasi weekly mining itu berbalik dari melemah ke leading. awal mei lalu rotasi daily dan weekly confluence sama sama menuju leading, jarang banget hal tsb terjadi. maka jika daily mining menguat, ga ada salahnya terjun serius di sektor ini.

kesimpulan: sedang koreksi sehat, membentuk chanel koreksi dengan garis downline sebagai resisten.

INFRASTRUKTUR

secara longterm dan chart weekly sektor ini sedang menuji area support. 945 adalah pertahanan yang harus dijaga. medium term nya sejak sebelum okt 2017 sektor ini sudah downtrend. liat TLKM tu.. suram.. jangan dilawan kalo harga downtrend. apalagi niat investor tapi jiwa trader, baru beli kemarin langsung minta naik.. ntr malah sakit ati.

kesimpulan: konsisten membentuk HL dan LL, garis diagonal downtrend sebagai resisten. secara longterm sektor ini menuji area support 945

CONSUMER

pasca menembus pola segitiga di nov 2017 dan mencapai target pada januari 2018. sektor ini konsisten membentuk HL, LL, saat ini harga menuji garis diagonal downtrend sebagai resisten

kesimpulan: konsisten membentuk HL dan LL, garis diagonal downtrend sebagai resisten.

TRADE

pelan tapi pasti sejak 2016 sektor trade naik sedikit sedikit. walaupun medium term konsisten membentuk HL dan LL, selama harga tidak di tutup dibawah garis support box digambar, artinya upaya uptrend masi intact. berkaca dari area support, sepertinya harga sektor ini sudah / sedang menguji di support. btw ERAA sektor trade kan? edan ga nurut sama sektornya.

kesimpulan: konsisten membentukHL dan LL, garis diagonal downtrend sebagai resisten.

PROPERTY

hingga maret 2018 sektor ini sukses mengkonstruksi HH, lalu sekarang malah bikin LL, artinya sektor ini ga nurut dow theory karena pasangannya HH itu HL, halo HL ya LL. berarti sektor ini sideways di longterm, lalu downtrend di medium term.

kesimpulan: ini sideways di longterm, lalu downtrend di medium term.

AGRI

jelas digambar sektor ini konsisten mengkonstruksi HL dan LL, menariknya jika mengikuti penjelasan saya soal penembusan garis trend, maka resisten yang di uji lumayan jauh. tapi ya itu kalo sukses nembusa resisten horisontalnya

kesimpulan: konsisten membentuk HL dan LL,

done.

gimana?

perlu disimpulkan? ga perlu lah ya, tinggal mengartikan dari seluruh sektor itu mayoritas naik apa turun, tapi jangan lupa, perlu di cek juga chart individu disetiap sektor, kali aja walaupun sektornya membuat LL si saham konsisten sideway atau bahkan membentuk HH, saham-saham kayak begitu yang layak dicurigain sedang pasang kuda-kuda mau uptrend kuat.

salam. semoga bermanfaat.

.