Catatan Oktober : chose one and stick to it!

Perjalanan trading saya sudah sampai bulan ke 8 sejak memulai maret lalu. mulai nyambung atas artikel dan buku-buku yang saya baca. Dengan pengalaman yang masih sedikit dan pengembangan hasil perenungan saya berusaha meracik pemahaman yang lebih dalam. perenungan ini membawa saya ke tingkat lain dalam melihat proses trading. sudut pandang yang lebih luas.

Jadi tepatnya 5 oktober lalu saya nulis status seperti ini :

Dasar TA dan FA yang kita baca dan pelajari cenderung kulitnya. Ga ada what if, scenario-nya. jadi seperti bisa nyetir tapi belum tentu bisa selamet dijalan.

lengkap tulisan saya bisa di lihat disini : http://stockbit.com/post/209013 – diajurkan dibaca dulu.

Jadi inti kegelisahan saya seperti ini :

TA yang cuma tarik-tarik garis, lihat garis x jika berpotongan dengan garis y maka lakukan ini. atau lakukan itu. ga ribet. tapi mengapa hanya 15 trader dari 100 yang selamat ditahun pertama? 

Semua trader pasti ngeh stochastic, MACD, Moving average. ilmunya sama. lantas mengapa hanya sedikit yang suvive?

Jawabannya : karena walaupun by design kita entry dgn ilmu yg sama. Yg berbeda adalah cara kita menindak lanjuti hasil dr posisi entry tadi. 

Lantas apa yang kita butuhkan?

some say that we need to adjust our psychology to be a winner. some say we need to learn about TA or FA. learn about macro economy, bandarmology etc. yang mana yang benar? semua pendapat itu benar. semua sistem benar selama mendatangkan cuan.

Namun jawaban diatas terlalu makro. adjust psikology kita? maksudnya apa coba. terlalu mengambang. ini kalimat yang mengeluarkan pasti para ahli. bisa di asumsikan begitu karena kata “adjust psikology kita agar bisa menjadi pemenang” itu adalah kesimpulan atau kristalisasi dari kesimpulan mereka dalam proses cara menang di dunia saham.

Jawaban itu ga salah, namun tidak mudah dipahami. kalimat tersebut hanya bisa di pahami bagi orang/trader yang telah memiliki pengalaman cukup banyak hingga mampu menyambungkan apa yang dimaksud oleh para suhu kedalam kejadian yang mereka alami.

Misalnya begini : kita pasti pernah mengalami oh moment. “oalah, ini to yang dimaksud dengan kalimat ……” pantesan aja kok sering diomongin. baru ngeh gue” pernah kan ya? masa ga pernah.

Hal ini juga berlaku untuk saran saran para suhu dalam dunia trading. saran mereka itu kesimpulan akhir. kristalisasi dari perjalanan mereka. kalau kita belum cukup ilmu dan pengalaman. walaupun paham. tapi paham cuma luarnya aja. jadi? apa kita perlu rugi dulu? atau kita butuh x tahun dahulu untuk paham? yang pasti anda harus terus terbuka untuk belajar. semakin anda belajar. semakin cepat anda memahami maksud dari para suhu.

Jadi bagaimana dong biar selamat di dunia saham? kasih jawaban yang praktikal dong!

Jawaban dari pertanyaan sangat bergantung dengan diri anda. serius. bukan saya tidak mau menjawab. namun jawabannya berbeda untuk setiap individu. berbeda karena disesuaikan dengan strategi masing masing indvidu. karena unik dan diharapkan cocok untuk individu diharapkan efek akhirnya strategi tersebut secara tidak langsung memberi kenyamanan secara psikology. kenyamanan psikology akan meningkatkan kepercayaan diri dan tentu berpengaruh dalam kualitas pengambilan keputusan. sehingga potensi cuan semakin baik. nah dari situlah kesimpulan “adjust your psikology” sangat populer.

Anda tau, saya belajar banyak hal dalam proses trading ini. satu hal yang paling saya sukai adalah saya belajar meditasi. mindfullness yoga. semakin memperdalam pengenaldan diri. saya semakin tau apa yang saya mau dan harus lakukan. banyaak hal lain yang tidak perlu saya tuliskan. intinya trading ini membantu pengembangan diri saya.

Balik lagi ke “holy grail” yang anda nanti-nanti. kenapa saya bilang hal itu akan unik untuk setiap individu. karena holy grail yang cocok untuk anda harus di sesuikan dengan keputusan anda dalam bermain dalam permainan ini. anda bermain disaham apa? timeframe anda? pribadi anda seperti apa? indikator anda apa saja? yang pasti. holy grail itu system.bukan cuma indikator. holy grail itu dari hulu sampai hilir dalam proses trading. 

Seperti yang kita ketahui banyak sekali aliran dalam dunia per-tradingan saham. Tenang saja. semua aliran benar. anda juga bisa membuat aliran sendiri. semua aliran / metode saham benar selama membawa cuan. mau lihat indikator. mau pakai 3-5 atau sampai 10 indikator. mau bandarmology. mau astromacci. atau sampai fengsui jika perlu. semua benar. chose one. and stick to it!

Jika anda penganut TA sebaiknya fokus di TA saja. terlalu banyak infomasi akan membuat bias kesimpulan dari TA. seriuosly. jangan digabungkan. even more, imho, antara indikator dalam TA juga ada yang cocok dan tidak cocok untuk di gabungkan. pilih 2-3 indikator. and stick to it. beneran deh. jika anda tidak sependapat saat ini. semoga nanti anda akan sependapat.

Bahkan metode untuk orang yang sama sama memilih menjadi swing trader lalu hanya beli LQ45, menggunakan MA, Stochastic, MACD sebagai indikator juga bisa berbeda. sangat berbeda. ini karena sangat bergantung dari sudut pandang si indvidu membaca indikator. dengan parameter dari tiap indikator. ada yang pakai MA 5, MA 20, MA 200. tahukan anda parameter indikator harus di sesuaikan dengan dengan gaya bermain anda. pilihan chart daily atau weekly sebagai dasar analisis juga mempengaruhi. jadi chose one and stick to it!

biar ga ngawang-ngawang. saya beri contoh bagaimana saya saat ini.

Saya hanya akan positioning jika dalam jangka pendek isu ekonomi membaik. saya mulai memahami makro ekonomi. stimulus ECD. jerman. ekonomi china. suku bunga. kenaikan BBM. saya perlu itu untuk melihat arah sentimen pergerakan IHSG yang menurut saya linier dengan ekonomi dunia. lebih sederhana lagi saya menganalisa semua sentimen yang bisa berpengaruh kepada laba perusahaan. IHSG hanya naik karena ada investor. investor buy jika return perusahaan baik. jadi lihat laba = bisa melihat ihsg.

contohnya begini : BBM sedikit lagi dinaikkan. tentu daya beli masyarakat akan menurun karena akan memilih untuk berhemat. hal ini akan berpengaruh kepada laba perusahaan. so? untuk swing. pilih yang defensif dulu. sambil menunggu kondisi lebih stabil pasca kenaikan bbm.

contoh lain : meningkatnya kalangan menengah di indonesia maka semakin mendorong kemampuan spending masyarakat. lebih banyak belanja. naiknya UMP juga mempengaruhi hal ini. orang akan cenderung mudah untuk belanja. maka sektor konsumsi akan diuntungkan karena laba mereka akan lebih dahulu naik. dan begitu seterusnya. ujungnya adalah laba perusahaan.

lanjut, setelah analisis makro ekonomi lalu saya akan lihat IHSG secara teknikal. candle pattern. stochastic dan MACD indikator. karena saya swing. saya perlu konfirmasi pembalikan arah.

candle pattern mudah. stochastic saya pakai yang slow. 15.3.3 lalu untuk MACD saya default. MACD untuk lagging indikator. Stochastic untuk yang leading lalu candle untuk konfirmasi power dan sentimen.

Sudah. itu aja sistem saya. simple kan? pasti anda juga sudah melakukannya. lantas apa beda kita? pertama, anda masih sibuk mencari. ternyata. yang kita cari sudah kita lakukan sejauh ini. hanya kita tidak bisa menerima bahwa sebenarnya cukup itu saja ilmunya. kedua. cara kita menindak lanjuti hasil dr posisi entry berbeda. cara menindaklanjuti sangat bergantung dari trading plan setiap indvidu. ini unik. tidak ada yang benar dan salah. semua relatif terhadap trading plan. karena saya swing. jadi selama tidak ada tanda pembalikan arah. saya akan stik sama sama itu. btw saya tipe yang beli 1-2 saham. lalu menunggu.

Dulu saat diawal-awal. saya sangat ketat dalam penembusan support. saya tidak menjalankan prinsip stoploss. selama support ditembus saya akan langsung cutloss. hal itu saya lakukan karena saya tipe bottom fishing. jadi memang sudah di bottom. seharusnya tidak ditembus. hal itu menurut saya tidak salah. bahkan jika saya kembali ke sistem itu saya yakin tetap akan cuan. namun saat ini kebutuhan saya berbeda.

Sistem yang dulu saya gunakan cocok karena saya masih nganggur dirumah. cuma sibuk kuliah. saya standby intraday. setiap saat mampu melihat running trade. hal itu berbeda dengan saat ini. saya sibuk ngantor. lalu dinas. jangankan lihat running trade. bisa lihat chart EOD aja sukur. jadi strategi saya ubah sesuai kebutuhan. jadi holy grail tiap orang itu unik. dan itu bukan sekedar indikator. namun serangkaian metode mulai dari menentukan watchlist. screening. positioning, stoploss atau profit taking hingga evaluating. 

btw saya saat ini nyangkut di KAEF full power. tapi santai banget tuh. lihat market juga hanya sesekali jika sempat. saya lagi sibuk dinas dan persiapan wisuda. hehe. enak kalau sudah seperti ini. semoga anda segera menemukan way of trading yang cocok untuk anda.

4 Comments

  1. sebenarnya semua sistem benar selama bisa cuan. Jadi sudah cuan banyak setelah memakai sistem anda? berapa persen dari modal yg sudah dikeluarkan? maaf kalo terlalu pribadi pertanyaannya…

    • salam. setuju gan. ypc. yang penting cuan.
      “…Seperti yang kita ketahui banyak sekali aliran dalam dunia per-tradingan saham. Tenang saja. semua aliran benar. anda juga bisa membuat aliran sendiri. semua aliran / metode saham benar selama membawa cuan. mau lihat indikator. mau pakai 3-5 atau sampai 10 indikator. mau bandarmology. mau astromacci. atau sampai fengsui jika perlu. semua benar. chose one. and stick to it!…”

      saya baru 8 persen. belum nemu juga yang bener bener sreg. masih dalam perjalanan mencari gan. setaun juga belum gan. 🙂

  2. saya juga baru mulai Juni kemarin, semangat ya! saya bahkan baru cuan 3% dari total modal. Itupun baru saya kejar bulan november kemarin. Sebelumnya untung sedikit dijual. Rugi banyak ditahan. Sekarang sudah agak lebih baik, pasang cutloss, trail stop n let profit run. Minus bulan2 sebelumnya sudah tertutupi. Lebih mudah memulai dari 0 kan drpd minus. Pemula (dibawah 2 tahun) tidak rugi saja sudah merupakan prestasi gan. Kondisi lagi baik, ayo cari cuan. Hehehe, saya trend following cuma pake 1 indikator untuk entry n exit. Ceritanya mau nguji dulu, nanti kalo sdh mnguasai baru saya tambah indikator lain. Nulis terus ya…tar saya komentarin deh. Hehehe ayo berjuang menjadi bagian dari 15% trader yg berhasil melewati tahun pertama.

    • wah keren. 1 indikator, 3 persen. keceh. kl sudah nemu feelnya mudah mudahan lancar. yoih, semangattttt! 🙂 go 15%! hehe. thanks udah mampir yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2018 a Trend Trader

Theme by Anders NorenUp ↑