ternyata semalam DJI turun 200+ poin karena ketegangan russia dan ukraina semakin memanas, hingga saat ini 1 orang dikabarkan meninggal dunia akibat kerusuhan antara pro rusia dan pro ukraina. pasukan russia lengkap dengan tank dll. juga dikabarkan telah bersiap di perbatasan crimea. crimea adalah wilayah yang menjadi sengketa antara ke dua negara ini.

Nah yang menjadi case mari kita tuliskan fakta dan analisis saya terkait perang ini dan dampaknya teharap IHSG, akankan minggu depan kita rebound atau senin IHSG akan turun semakin tajam.

  1. Most likely world war III tidak akan terjadi, orang sudah terlalu waras dan tekoneksi untuk perang. menurut saya. terlalu bodoh saja jika akhirnya perang. tapi memang agar tidak terjadi perang, solusi yang menguntungkan kedua belah pihak wajib hasilkan. dan solusi itu sampai saat ini belum terlihat. makanya heboh banget nih. tapi untuk perang? saya rasa tidak.
  2. Saat ini wakil amerika akan bertemu wakil rusia di london. hasil ini akan menentukan pergerakan saham di hari senin pekan depan. asumsi saya sih hasilnya cenderung gantung atau jawabannya politis. ga perang tapi ga damai. tapi jika dilihat dari tekanan jerman dan eropa lainnya ke rusia, kyknya rusia keder juga.
  3. pada rapat di UN kamis kemarin, Russia sendiri mengatakan tidak ingin perang. jadi menurut saya ini adalah slot untuk putin jika tidak jadi perang, biar ga gengsi gitu loh. seperti pekan lalu saat sempat rusuh,crime dikepung tapi doi cuma bilang itu bukan pasukan rusia, tapi pemberontak. nah, pernyataan ini bisa jadi opsi putih jika mau ngeles lagi. bilang aja kemarin pasukkan saya memang dijadwalkan latihan perang di daerah situ. done. win win solution.
  4. yang bikin berat adalah sentimen rusia terhadap amerika. gengsi bro. masa mundur gara-gara ditekan amerika. mending perang deh. maka solusinya tekanan mundur harusnya datang atas nama eropa. inggri, jerman dkk. obama jangan berlagak deh.
  5. senin itu bakal ada rapat PBB untuk menyusun membahas referendum di crimea. perang atau tidak bergantung pada hasil ini. rusia sendiri sudah bersumpah akan memveto jika referendum criema dibatalkan. gitu ga sih? saya baca disumbernya cepet2 sih. jadi agak lupa. pkoknya lihat senin. ada sidang PBB
  6. sentimen terkahir nanti dari china. china kan cs nya rusia. jadi kl cina bisa membujuk rusia untuk cooling down. terus bisa ngasih opsi ngeles yang baik. maka itu akan sangat bagus.

kesimpulannya adalah jika anda seperti saya sebaiknya hold. jangan average down. jangan cutloss. BSDE saya -20poin. BBNI dan PGAS saya positif. BBNI tadi pagi sih sempet negatif, saya mau average down tapi saya batalkan karena nunggu senin deh. oiya, maksud saya jangan cutloss hanya dan hanya jika blm menyentuh support ya. buat saya sih BSDE saya aman banget dari support. belum bro.

dan liat dong kelakuan IHSG hari ini. masa balik badan POSITIF! padahal DJI semalam turun 200+ poin. gila ni IHSG. kurang ajar banget. tapi alhamdulillah 2 minggu saya berbisnis saham sudah langsung merasakan false signal seperti hari ini. jadi kedepannya sudah bisa mengambil keputusan yang lebih bijaksana. amiiin.