maret

hello april. this month gonna be my re-debut. hehe.

walaupun sejak awal tahun saya sudah menargetkan untuk naik kelas. akhirnya proses ini bisa dilakukan bulan april ini. semoga lancar. yup. sudah saatnya saya naik kelas. sudah saatnya nyari duit serius nih. maklum sebagai newbie di dunia saham. saya sejak dulu membatasi jumlah capital yang saya gunakan. jadi kalo loss ya segitu aja. kalo gain ya segitu juga aja. kenapa saya batasi? ya namanya juga newbie. hehe.

terus maksudnya naik kelas gimana? duit capital saya nambah, nambahnya saya ambil dari tabungan reksadana, jadi ceritanya saat saya masuk ke saham. plot capitalnya saya pecah 2. sebagian kecil saya pakai di saham. sisanya saya taro di reksadana. yup. di reksadanain dulu sambil nunggu saya ‘jago’ tradingnya. hehe.

kenapa saya berani memutuskan untuk lebih serius? well. ini susah di jelaskan. hhm, mungkin karena saya rasa how i did stokpick saat ini jauh lebih ‘oke’, how i manage loss, how i let profit run. how i take action while intraday market sudah lebih mature. lebih sistematis. mungkin begitu. sudah setahun 2 bulan juga saya trading. masa ga naik kelas. hehe. btw i already wrote my trading rules. nanti saya share yaa.

ngaku stockpick udah lebih oke kok rasio winrate masih < 50%!!, hehe. ga tau tuh, mungkin ngaruh karena perubahan positioning size kali ya. saya reaktif banget di awal awal. liat deh gambar di atas. saya kalo udah loss itu berjejer. btw walaupun winrate < 50%, jika dilihat dari sudut gain. maret berujung positive. way better than expected. saya pikir saya bakal menutup bulan dengan minus. eh ternyata positif.

sejak awal maret saya memang menargetnya april akan jadi bulan saya naik kelas. jadi sejak awal maret positioning size saya naik nyaris 3-4x lipat untuk sebuah saham. walah. hal ini membuat agak ‘dredeg’, makan dan tidur tak nyaman. mungkin itu yang menyebabkan kalo udah loss langsung berjeber. hehe. sepanjang maret saya berusaha menyesuaikan psikologi saya. agak keder di awal awal kena loss berturut turut. tapi akhirnya jadi lebih mendingan.

you should notice that sizing up positioning size is a path that any trader will face.

btw kenapa saya harus menaikkan posisioning size? karena pandangan saya diversifikasi itu maintaining wealth. jadi karena saya pengen kaya. or gaining wealth jadi i dont do diversifikasi yang terlalu lebar. jadi positioning size saya sekitar 30-50% untuk sebuah saham. yes. thats true. mostly 30-40%. jadi walaupun capital saya nambah, jumlah maksimum saham di portofolio saya ga berubah, maksimum 4 saham deh. sudah kebayang gimana bulan maret ini lebih seru dari biasanya?. hehe.

di bulan maret juga saya akhirnya mahfum i’m not avg up tipe. saya bukan tipe yang let profit run lama bet. saya itu yang kalo low candle h-1 sudah di lewatin ya jual. jika anda lihat gambar di atas, ada beberapa saham yang saya beli berkali kali. ya karena udah saya jual. eh doi lanjut jalan lagi. ya saya beli lagi. contohnya LPKR. lagi pula starting position saya sudah cukup besar. ga usah di avg juga efeknya sudah lumayan ke overall capital. kalo di inget inget pun, selama ini saya jarang sekali avg up. mostly i ended up profit taking. hehe.

dibulan maret saya juga belajar nyopet. sekali impas. sekali gain. nyopet di TRAM. yang pas si tram kemaren heboh. tapi setelah di renungkan. saya juga bukan tipe nyopet. siapa disini yang berani nyopet pake 30-50% capital? sangat sedikit kali ya. namanya nyopet. pas nyopet saya cuma target dpet duit makan siang. dikit aja. nah karena potensi gain kecil. dan terlalu risky. jadi saya putuskan saya ga pernah akan nyopet lagi. titik. kemarin ada CPGT ama CPRO. engga deh.

di bulan maret juga ada satu hal yang unik. saya rasa alam bawah sadar saya cukup kece untuk tau si support kuat ato engga. si resisten potensi di tembus atau tidak. kalo anda sudah pernah baca ‘blink’ nya malcolm glandwell. anda pasti ngerti maksud saya. contohnya? TINS, INAF, BKSL diatas. 3 saham itu saya beli saat sudah mantul dari support. tapi segera saya jual walaupun belum support testing. masih minus dikit gitu. hanya rasanya kok doest feel right. jadi saya jual. eh beneran supportnya jebol. hoki kali. hehe.

april akan menjadi bulan saya masuk di TK nol besar. paktua 2.0. semoga proses naik kelas ini lancar. hehe. semoga tuhan mengijikan dan diberkahi. amiinn. semoga bulan april ini pembaca blog saya juga di beri gain yang keceh. makin keceh. dan keren. hehe. amiiin.