hari ini memang ditutup positif, tapi saya pikir kenaikan IHSG hari ini tidak didominasi oleh bluechips atau second liner. memang ada yang positif tapi dominan positif ada di third liner. saya percaya bahwa konsep pergerakan saham seperti pergerakan gerbong kereta. setiap kelas saham terdapat di gerbong-gerbong yang berbeda. jika IHSG rebound, saham bluechips atau gerbong pertama yang cenderung positif lebih awal dan diikuti oleh gerbong kedua atau second liner dan terakhir oleh thirdliner. kenaikan thirdliner ini bisa menandakan power kenaikan sudah habis. nah hari ini seperti ulasan diawal. menurut saya IHSG sudah mau kehabisan power. ditambah lagi hari jumat umumnya digunakan untuk hari bersih bersih. karena daytrader cenderung tidak mau berspekulasi.

Maka pergerakan besok sangat dipengaruhi oleh data nanti malam. pukul 08:30 waktu US data jobless claim akan diumumkan. jika rilis data tersebut positif. maka sentimen BUY lalu HOLD hingga pekan depan akan cukup tinggi. namun jika negatif. saya akan ikut-ikutan bersih-bersih besok. porto saya WIKA, LSIP dan INDF. WIKA dan LSIP masih oke. INDF saya spekulasi aja tadi saat running trade, cuma 5 lot. jadi aman-aman aja.

Mari kita menunggu data malam ini. semoga datanya bagus ya :crossfinger: harusnya sih bagus. amiin. jika tidak bagus saya akan full cash sampai h-2 pemilu legislatif deh. sepertinya begitu.