UPDATE :

1 desember. LSIP saya TP aja karna sepertinya angin sudah berhembus kebarat untuk CPO. gegara si opec tu. ACES saya masih hold. rekomendasi saya soal ROTI keceh kan? hold aja. saya sendiri masuk di SMCB. semoga cuan 🙂

UPDATE :
(23 nov) abis liat chart weekly ROTI.JK di reuters, ternyata weekly chartnya suram juga y. tetep yakin? aku sih yes. hahaha. kalau sampai minggu depan 1250 di tembus. maka targetnya jadi 1400. lumayan banget. semoga aces bisa langsung jalan biar ane ga musti spekuliasi di ROTI.JK ini.

—————————————————————————————————————————

Sentimen Luar Negeri : 

As predicted supportnya oil most likely ada di $75. so kalau oil ini rebound. bakal ada sentimen positif secara global. lagian ladang minyak terbesar yang dimiliki isis sudah kembali di rebut oleh tentara pemerintah.

Lalu china juga memotong interest rate mereka. jelas akan memberi sentimen global.

Semalam si bos ECB terbuka akan kemungkinan untuk melakukan QE ala amrik.

plus ada juga data ekonomi amerika yang kemarin cukup netral cenderung positif lah. makanya powernya cuma bisa nahan DOW aja, bukan bisa bkin breakout meyakinkan.

4 hal diatas menyebabkan DOW JONES yang kemarin 3 hari udah ketemu resisten berhasil menembus. dengan resisten berhasil di tembus, maka arah DOW JONES adalah ke level 18000. saya sih masih tetap yakin dengan asumsi saya masih sesuai pada artikel sebelumnya yaitu pergerakan DOW JONES akan cenderung koreksi menuju kisaran support 17280 sebelum melanjutkan trend naiknya. namun kita tidak bisa menyimpulkan sampai ada benar benar tanda pembalikan arah. yang pasti sekarang DOW JONES itu arahnya ke 18000.

btw balik lagi ke harga minyak, barusan baca kalau OPEC ga mau mengurangi jumlah produksi. bener kah?

Sentimen Dalam Negeri : 

Tidak ada sentimen spesial selepas dari kenaikan harga BBM benar benar dilakukan. BI juga sudah menaikkan suku bunga. dari banyak ulasan pakar. pasti pada bahas sektor yang terkena dampak. dampak buruk. yang dapet dampak baik siapa? itu sangat relatif y. tergantung timeframe. timeframe panjang si semua bagus. kalau pendek? ya yang sensitif terhadap kenaikan suku bunga. siapa aja? ya semua yang punya utang.

analisa saya sendiri. nilai tukar rupiah terhadap dollar akan menguat. semakin jos kebijakan jokowi terhadap investasi. semakin baik terhadap kekuatan rupiah. nah, kalau mau analisa emiten yang di untungkan. cari yang sensitif terhadap kurs. tapi ini timeframenya jangka menengah. 6 bulanan lah y.

Portofolio : 

Portofolio saya masih di LSIP dan ACES. masing masing 50% dari total capital. cash saya tinggal secuil. untuk LSIP sudah mulai pop. target saya untul LSIP adalah 2145 atau 2222. ACES yang tadinya +4% sekarang masih nol komaan, targetnya di 890 atau 915. kedua saham ini baik daily maupun weekly chartnya. supportnya sudah ketemu. jadi ini bagus. hanya untuk ACES saya harus waspada sentimen efek inflasi dan daya beli masyarakat.

Stock Pick :

ROTI.JK target minor 1250. lalu 1305. atau 10% potensi. stop loss jika dibawah 1145. hanya untuk roti ini saya ga bisa liat chart weeklynya. dari chart daily si cukup menjanjikan. timeframenya hingga akhir desember ya. apakah saya akan beli? saya liat ACES minggu depan dulu. soalnya ga ada cash euy :). LSIP dijual? engga sampai ada tanda pembalikan arah. so far so good.

ROTI

Evaluasi : 

Artikel 13 november saya merekomendasikan LSIP. saat itu harga 1945. saat ini 2035. berarti anda sudah cuan 4.6%. HOLD aja dulu. targetnya sampai 14%. 🙂 jangan lupa follow @paktua untuk dapet rekomendasi realtime. kita ga tau kalau tiba tiba LSIP muncul sinyal jual.