Ahir pekan lalu saya dibandung. ngurus thesis. bolak balik ketemu dosen. planning cuma sehari di bandung namun karena yang mulia dosen tidak berkenan maka saya harus nambah sehari. ternyata akibat nambah sehari dibandung saya mendapat hikmah yang begitu luar biasa. begini ceritanya.

Sebelum ke bandung saya punya posisis di BDMN, CPIN dan SSIA. sehari sebelum kebandung, minggu malam saya sudah mau pasang auto sell karena sentimen negatif. namun karena tidur telat. telat bangun. buru-buru ke travel. tidak ketemu sinyal bahkan hingga sore maka jadilah porto saya floating loss. paragraf ini cuma mo ngasih tau kalau saya tidak disipilin. sudah dua kali terjadi. dua duanya disebabkan saya harus mendadak ke bandung. dua duanya ke bandung untuk ketemu yang mulia dosen pembimbing 🙂

Dibandung emang sibuk mondar mandir. ke kampus atas, kampus bawha. ke asrama mahasiswa. pokoknya cape deh. menjelang sore saya mulai bingung mau tidur dimana, lantas saya menghubungi NOGEL, teman jaman di pesantren dulu. saya suka numpang nginep di nogel karena biasanya obrolan kami itu obrolan macam pengusaha beneran, ngomongin marketing, sistem penjualan dll. maklum saya dan nogel sama sama memiliki usaha bisnis online. singkat cerita magrib di yomart dekat BIP si nogel menjemput. dibawa lah saya ke kontrakan doi. dan seperti yang sudah saya duga. mulailah kami ngobrol tentang bisnis kami. ngobrol bisnis di skip aja ya. karena inspirasi muncul saat saya mau nyombong bahwa saya sekarang trader. diluar dugaan. NOGEL was a trader. yes. he was. dan ilmunya jauh banget di banding saya. jaauuuuh banget. skalanya bukan lagi ngomong analisis teknikal / fundamental. doi sudah di level mental analisys. psikologi analisis. gawat deh, seperti di tampar bolak balik. begini inti sari

Bahwa semua analisis teknikal yang kita pelajari as a trader sebenarnya untuk memetakan batas supply and demmand dari pergerakan saham. yang kita kenal sebagai resisten adalah batas dimana supply lebih besar dari demmand. dan support adalah sebaliknya. lebih jauh lagi menurut nogel jika memang ingin trading. sebaiknya kita harus tahu terlebih dahulu siap pemain besar yang bisa menggerakan pasar. karena menurut doi the bigboys always be the winner. we cant againts the bigboys. we only need to follow and understanding their game. si nogel mulai menyebutkan bahwa bigboys penggerak market. terdengan seperti teori konsipirasi saya tentu berusaha mengorek dari mana ia dapat pengetahuan ini. nogel was a trader. dan nogel itu, kalo mengejar sesuatu dia mencari cara terbaik untuk menjadi yang terdepan. alkisah doi berkecimpung di banyak forum. baik luar dan dalam negeri. kegigihannya belajar dan aktif di berbagai forum mempertemukan nogel dengan sang ‘guru’. awalnya saling balas komen di forum hingga mereka sering berkorespondensi melalui skype. pkoknya udah kayak murid dan guru. sang guru tersebut adalah mantan treasury team di sebuah bank. sang guru yang menjelaskan bahwa trader itu dibagi menjadi dua golongan. insider dan outsider. insider adalah bigboys, hendgfud besar. outsider adalah kita, sekuritas, bank dan pemain yang tidak cukup kuat menggerakan pasar. insider lah yang menggerakan pasar. bahkan analisis teknikal adalah buah karya insider. TA dibuat insider agar outsider menggunakannya sehingga jika outsider menggunakan TA yang tentu ber-pattern maka bigboys dapat dengan mudah mempermainkan mereka. 

contoh kalimat yang di bold adalah sebagi berikut, kita sebagai outsider menggunakan analisis teknikal semisal MA, Fibo, Bollinger mengatakan bahwa support ada di 1000. insider well aware nilai ini. maka nilai dibanting dulu dibawah nilai tersebut sehingga terjadi selling panic. tentu saat itu juga harga akan rebound. sederhanya seperti itu. poinnya sih kita harus tau bagaimana bigboys bermaain dan mempermainkan pasar agar tidak seperti kambing melawan harimau. kambing kita harus full equipped dengan senjata yang pantas untuk melawan si harimau. apa senjata kita? analisis terkait supply and demmand dan psikologi serta mental yang baik.

Saya yang cuma modal fibo, rsi dan obv kayak di tampar bolak balik. maka malam hingga pagi si nogel sibuk menjelaskan konsep supply dan demmand kepada saya. kenapa saya yakin si nogel sangat paham karena setelah dari bandung dan saya baca berbagai artikel teori supply and demmand. tidak ada yang bisa menjelaskan secara mendalam seperti nogel. dia paham betul mana pullback boongan mana beneran. mana si pulback sedang istirahat. mana gap new bie dan gap pro. dia tau secara detail hal tsb. sampai azan subuh baru nyerah karena jam 10 saya harus ketemu dosen lagi.

Saat nogel menjelaskan konsep dan cara menganalisis supply and demmand saya sudah bilang ke nogel bahwa knowledge ini akan membuat saya menjad alay. karena ilmu baru ini konflik dengan pemahaman saya selama ini. pesannya cuma satu. ‘lu baca dulu deh itu buku psikologi trading’, lu pelajari siapa itu bigboys. the house dll. biar lu tau cara mainnya permainan saham ini, biar lu ga cuma nyerahin daging ke si harimau’

Balik lagi ke alay tadi. saya memang sempat jadi alay karna ilmu baru ini. balik dari bandung saya kan coba otomatis menggunakan teori itu. ternyata tidak sepenuhnya cocok. hingga saat ini porto saya SSIA dan masih floating loss. saya juga baru selesai memnbaca ‘trading in the zone’. banyak sekali yang saya pelajari pekan ini. target saya saya harus sudha bisa merapihkan mental dan sistem trading seminggu ke depan. karena memang tentu tidak sepenuhnya ilmu yang nogel ajarkan akan saya terapkan karena everybody is unique. tidak semua sistem yang dia ajarkan cocok untuk saya.

harapan saya melalui tulisan ini bisa menyadarkan bahwa kita adalah kambing yang melawan harimau. kita butuh senjata yang sepadan untuk melawan. dan menurut saya mental dan psikologi analisis adalah yang terbaik. karena menurut buku ‘trading in the zone’ bisnis saham tidak lebih dan HANYA / HARUS seperti sekedar flipping koin. tanpa ada phisical atau emotional pain. hanya itu! the more we know about market the less successfull you’ll be. eits. tentu predifine risk in advance perlu dilalkukan.