IHSG MEI

sell in may? faktanya, selama mei IHSG konsisten naik, baru di 3 candle terakhir doi koreksi. terus terang pergerakan ini diluar dugaan saya, ya walaupun tentu dengan koreksi yang heboh di akhir april, teknikal rebound adalah hal yang lumrah,tapi yang saya ga nyangka adalah : teknikal reboundnya sepanjang bulan MEI. lama amaat.

saya sejak koreksi besar di akhir april kemarin menepi hingga tengah mei, baru ambil posisi di tengah mei, TMAS, MYRX, PBRX, ROTI, LPKR, terus tanggal 20an pada saya jualin. lanjut beli SMRA, GJTL, dua duanya gagal. ada lagi si yang lain, tapi ga sesuai kriteria batcat. intinya si kinerja saya dibawah index T_T

bukan salah tebaknya yang bikin kesel, bukan pula kinerja yang dibawah index, tapi saya yang diem di pinggiran terlalu lama yang bikin mules. kalo anda perhatikan dari porto diatas. hanya LPKR dan GJTL yang nyari teknikal rebound. sisanya buy on strength. saya terlalu banyak melewatkan peluang. padahal mah kalo mau kan ada banyak tu yang rebundnya heboh.

di sepanjang mei, nyari yang breakout atau rally emang ga banyak, mostly teknikal rebound atau potensi reversal dari saham komoditas. itulah alasan kenapa saya kebanyakan diem di pinggiran. pertama saya selalu ga nyaman ama saham komodiatas, kedua si batcat saat itu tidak ada kriteria untuk rebound hunting. saya sejak dulu udah ngaku kalo selalu mules tiap beli saham downtrend. kemarin ngetes di GJTL langsung KO. hahaha.

well, saat itu memang belum ada kriteria untuk rebound hunting, tapi saat ini sudah adaaa. hahahaha. lumayan lah ya, selama duduk manis di pinggiran, saya mempersiapkan strategy ini. worthed lah. hehe. jadi sementara ini batcat trading sistem ada 2 strategy, pertama long on strength, yang kedua saya kasih nama, green arrow strategy. jadi nunggu panah ijo di chart nongol, terus bikin HH, masuk deh. hehe. buat saya si dua strategy aja cukup. so, i’m ready welcoming june. bring it on!