Diawal agustus saya memprediksi kinerja IHSG dibulan agustus akan berbeda dari ‘jadwal’ yang biasanya diakhiri dengan kinerja negatif. menurut tulisan outlook dan kinerja IHSG dibulan agustus part I dan part II dengan berbagai pertimbangan saya asumsikan IHSG akan ditutup dengar kinerja positif, and yes it does!. IHSG ditutup dengan kinerja +0,95% vs kinerja saya sendiri di 2.24%. jadi walaupun cupu saya berhasil outperform IHSG 🙂

Catatan trading saya dibulan agustus juga cukup rapi sepertinya. dua kali saya melakukan update porto disini saat pertengahan agustus dan satu lagi kemarin saya juga update portofolio menjelang bulan september. selain itu ada tiga artikel yang mengomentari sentimen-sentimen terbaru yang perlu diperhatikan. ada sentimen pergerakan DJI lalu asumsi pergerakan IHSG di pekan terkahir agustus dan yang terakhir prediksi arah IHSG di bulan september. rajin juga ya gue. hehe

Tercatat juga dari 9 positioning ada 3 yang di CL dan 6 pilihan alhamdulillah bisa profit taking. dari semua catatan yang saya tulis. statistik ini paling penting. karena menurut buku si douglas jika dengan sebaran 20 kali positioning anda lebih banyak loss dari pada gain. anda harus segera intropeksi. sangat perlu mengubah strategi. well. kita bisa saja defensse kalu statistik tidak penting, yang penting itu rasio gain berbanding loss. kalau anda bilang begitu ya terserah juga sih. dibawah ini tabel rasio gain dan loss saya selama bulan agustus. btw itu CTRS ditabel dibawah adalah yang kemarin saya beli (lihat diartikel ini). saya langsung TP karena asumsi saya akan ayun (akan saya beli lagi, karena asumsi saya senin besok akan turun)

IHSG

Kinerja itu hadiah, yang penting apa yang kita pelajari. mari kita list apa saja pelajaran yang saya pelajari dibulan agustus.

1. Jika IHSG sudah mulai sideways. index pefindo mulai muncul sebagai topgainers. sebaiknya main di saham lapis 2. property / semen yang kecil kecil. kenapa? karena kecenderungannya, IHSG akan sideways begete cenderung koreksi. rugi juga punya duit diam di lagger. mending pasang di yang kecil kecil tapi memang harus selektif.

2. Saya masih pelit dalam positioning. buktinya dari 6 kali TP dengan rasio yang bisa dibilang jauh lebih yahud dari pada lossnya. performa cuma 2.24% itu cupu. saya harus lebih berani positioning dengan lot besar asal sangat yakin. harus yakin!

3. Sebulan ini, ga ada kisahnya saya average up. ada juga average down contoh si TLKM. eh ada ding GJTL average up. tapi malah CL. yakin banget itu padahal. saya pernah baca. traders do average up, not down. btw  kalau diingat ingat. semua yang saya tambahkan posisinya, itu saya CL. aneh y.

4. Modal kurang (baca SEDIKIT BANGET), ga cocok maen di emiten lagger. kayak MEDC yang super sideways. walaupun akhirnya di TP. tapi modalnya gede. dah gitu cuma 1%. enak duitnya dipake buat beli yang laen. yang murah dapet banyak lot. (btw MEDC hari ini +4%. saa kurang sabar).

Akhir kata. Alhamdulillah ya Allah, terima kasih banyak atas kesempatan dan ilmu yang kece ini. saya akan terus belajar. eh btw. porto saya nambah SMBR di 408. lagi bentuk triangle. semoga capai target. lumayan banget kalo kena.