Helo. selamat datang di laporan kinerja project RSGN bulan : maret 2016.

Setelah 2 tahun trading hingga 29 feb 2016 kinerja saya adalah loss -24% dari total capital. lantas saya memutuskan melakukan project RSGN, modal awal project RSGN adalah Rp. 100.000.000,- atau nyaris 2 kali lipat modal yang saya gunakan selama 2 tahun trading, Project RSGN sendiri adalah project menulis review kinerja plus income report tiap bulan dengan tujuan sebagai cermin ‘kelakuan’ saya didunia trading. sebelum dimulai, jika anda ingin tau apa itu project RSGN, atau kenapa saya menulis laporan income bulanan. silahkan klik link-nya ya.

inspirasi menulis laporan pendapatan saya dapat dari website digitalexpats.io yang saat ini berganti url menjadi www.tradingnomads.com , selain www.tradingnomads.com ada beberapa website lain yang juga menuliskan laporan income bulanan seperti PinchOfYum.com dan SmartPassiveIncome.com

sekali lagi, kenapa saya melakukan project RSGN? saya ingin terus menjaga diri saya memiliki banyak opsi. thats it. hehe. because life is about making choices, so i want (hopefully) to make sure that i’ll have a lot of options of choices. get it?

oke. lets see the report.

Total income last month : Rp. 5.991.991 (angka cantik). hehe.  ini equivalent dengan 5.9% capital gain since last Month. dibwaah ini portofolio saya per 2 April 2016.

Screen Shot 2016-04-02 at 2.45.11 PM

REVIEW :

jika dilihat dari kinerja IHSG yang 0.14% untuk bulan maret, tentu kinerja saya bulan ini tidak terlalu memalukan. namun dilihat dari potensi volatility yang terjadi selama bulan maret, saya masih banyak membuang peluang, TAXI, INCO, PTBA adalah sederet saham yang saya ga ikutan. dan BANYAK BANGET yang saya menjual terlalu cepat. contohnya LSIP, sehari setelah saya jual sahamnya naik nyaris 8%, blm lagi AALI, ADRO,  dst dst.

kinerja saya 5,9% termasuk 189rb+ yang ada di portfolio saat ini, sebenarnya sempat menyentuh 7%. namun tentu karena saya hold terlalu lama barang, maka terkadang cuan kita malah balik menjadi minus, contoh yang saya alami di ADHI, cuan gopek, jadi minus gopek. haha. kejadian seperti ini juga cukup BANYAK. harus dianalisa!

untuk positioning size. saya saat ini cenderung maksimum 20% capital. paling lebih 3-5jt untuk saham saham tertentu yang saya avg di hari yang sama. untuk best pick saya jatuh di LPKR.

photo_2016-04-02_17-18-22

mari kita review LPKR. buy decision nya adalah BIB 1080. dari bulan Februari, iya, itu lihat candle merah false breakout itu? yup, itu saya beli disitu. lantas karena dibawa turun saya avg sehingga BUY AVG saya di 1060. dilihat dari buy decision, saya rasa cukup benar, cuma biasanya saya memang ga hold if close < h-1 candle. namun karena saya lihat supportnya ga jauh, maka saya hold plus avg.

saya jual di 1155 karena sudah di resiten. harapan saya LPKR akan gagal menembus, lalu membuat higher low dimana saat itu saya akan ikut masuk. namun ternyata besoknya malah breakout luar biasa. harusnya si saya ikut masuk lagi if breakout. namun karena blm ada higher low. saya rasa risk reward nya tidak sepadan.

worst stockpick bulan maret adalah KLBF.  photo_2016-04-02_17-32-39

mari kita review KLBF. keputusan beli KLBF ini saya sendiri ga tau, hahaha, semata mata ngikut temen temen di grup. sialnya adalah size nya 20% capital. jadi begitu cutloss ya lumayan bet ini. bulan depan ga boleh ada keputusan beli kayak KLBF ini. bahkan jika cuan pun saya sepertinya ga akan bangga.

sebagai recap. total transaksi dibulan maret 2016 ada 123 transaksi (bukan total emiten ya), dengan rincian 74 transaksi BUY dan 49 transaksi SELL. total VALUE TRADE 573.325.600 dengan NET VALUE 9.713.400, itu artinya sebenarnya kinerja GROSS saya nyaris 10%, gitu ga sih? haha.

Screen Shot 2016-04-02 at 2.46.51 PM

NEXT MONTH STRATEGY:

  1. bulan depan adalah bulan terakhir size 20% per posisi,
  2. bulan depan adalah bulan latihan fokus ke reversal trading
  3. bulan depan adalah bulan dengan smaller timeframe 1H / 4H chart.

why? karena bulan berikutnya adalah bulan MEI. kita tau MEI-agustus adalah bulan bulan membunuh trader. harus extra hati hati. saking berbahayanya, jika anda trader baru, sebaiknya switching ke deposito saja, karena dibulan bulan inilah para trader berguguran. itulah kenapa saya perlu melatih diri untuk mengurangi size. PROTECTING CAPITAL broooo.

lantas kenapa fokus ke reversal? perlu diingat asumsi kita bulan MEI adalah bulan bearish, maka saya yang tipe buy if breakout adalah sasaran empuk bandar. selama bearish, akan muncul banyak sekali false breakout, bisa mampus awak nanti, bukan sekedar soal duit, namun secara psikologi akan sangat damaging jika loss berturut-turut.

kenapa harus smaller timeframe? karena asumsinya bearish, maka periode up akan lebih sedikit daripada periode turun, maka using smaller timeframe saya harap dapat menangkap cuan yang lumayan.

okeh. saya rasa cukup. sebenarnya saya ingin kash grafik grafik. namun sepertinya excel di mac ini rada ngeribetin. jika sempat saya akan coba buat di kantor. sementara cukup dulu. semoga laporan income dan review bulanan ini dapat bermanfaat bagi anda. terima kasiih.