Prediksi IHSG pekan ini

Prediksi IHSG pekan ini

Akhir pekan lalu IHSG rebound. karena rebound asumsi prediksi IHSG semakin menarik. nah, mari kita list fakta apa saja yang bisa gunakan sebagai dasar prediksi pergerakan IHSG pekan depan. sebelumnya mungkin anda bertanya, apakah jika IHSG turun lantas saham juga turun? tentu tidak linier seperti itu. namun karena saya hanya membeli saham di LQ 45 yang cenderung linier dengan pergerakan IHSG maka dasar saya positioning tergantung dari predisksi saya akan pergerakan IHSG. apa lagi saya swing trader. beli senin jual di rabu-kamis jadi kalau ujungnya impas/rugi maleees.

Lantas apa saja fakta yang bisa harus diperhatikan. karena sentimen politik tidak dapat dipungkiri juga memberi sentimen kepada IHSG pekan depan, maka saya juga akan menuliskan fakta politik yang bisa dijadikan dasar positioning. Mari kita tulis satu satu :

Sentimen External : 

  1. Jumat lalu 11 April 2014 DJI ditutup minus 143 poin. sentimen negatif muncul dari earning JP Morgan tidak sesuai estimasi.
  2. Index regional dan US saat ini sedang bearish. sentimen utama index regional ada di data ekonomi china (sambil menunggu stimulus lanjutan dari pemerintah china) dan data earning perusahaan di US
  3. Malam sebelum rebound tanggal 11 april lalu DJI juga minus, namun IHSG +50 poin. ini karena saat ini untuk IHSG sentimen dalam negeri lebih kuat dibanding sentimen external. IHSG ditutup positif karena sehari sebelumnya – 3%, opini saya banyak yang spekulasi sehingga terjadi/berharap rebound. (yang dibold ini opini saya)
  4. Awal pekan depan sentimen US adalah Retail sales dengan nilai 0,8% estimated vs 0,3% previous. jika nilai ini dibawha estimasi niscaya kecenderungan bearish masih akan terus berlanjut. (14 april Pukul 08:30 AM waktu US)

Fakta Chart : 

  1. 11 april 2014 IHSG +50 poin dengan volume setengah dari transaksi 10 April 2014.
  2. Candle IHSG membentuk piercing line. pola candle piercing line adalah candle rehearsal, namun pola ini harus terkonfirmasi dengan candle selanjutnya (14 april 2014) yang menembus resisten.
  3. Terbentuk Gap pada chart IHSG, sedangkan ada 3 jenis gap. a. break away gap b. run away gap dan c. Exhaustion Gap. lantas, gap IHSG jenis apa? maap saya newbie 🙂 anda tau?
  4. Dari Chart IHSG diatas 4921 adalah ret 161.8% (tarikan fibonacci A) setelah menyentuh harga tersebut IHSG terkoreksi 2 menuju ret 100% (karena ret 127% sudah ditembus) atau jika menggunakan tarikan fibonacci B maka IHSG menuju ret 38%.
  5. IHSG R2 4829 R3 4906. R1 dan S1 4777 S2 4721
  6. Garis trendline terdekat yang bisa menjadi Support IHSG ada di 4666. (garis merah)

Fakta Politik :

  1. Dari 3 calon presiden ARB, Prabowo dan Jokowi ketiganya belum ada yang mengumumkan wakil presiden.
  2. PDIP dan Golkar menjadwalkan pekan depan akan mengumumkan calon wakil presiden.
  3. (ini opini) Dari ke 3 calon tersebut, Jokowi adalah capres yang di dinginkan market.
  4. PDIP hingga saat ini sudah berkoalisi dengan Nasdem.
  5. Nasdem most likely akan mengusulkan JK sebagai wakil Jokowi
  6. Jokowi mengatakan sudah ada 5 bakal nama calon wapres dan akan diumumkan pekan depan

Nah, karena fakta-fakta diatas tidak bisa dipungkiri senin akan menjadi hari spekulasi 🙂 apa saja dasar spekulasinya atau opini yang dijadikan dasar orang-orang positining?

  1. Spekulasi JK adalah wakil jokowi dan diumumkan paling lambat rabu minggu depan. karena duet Joko – JK ini idaman pasar maka akan terjadi rebound. jadi asumsi saya. jika spekulan senin masuk dan jumlahnya signifikan tentu pasar akan rebound. namun jika saham malah turun mereka tidak akan stop loss mereka akan cenderung floating loss sampai pengumuman wakil ini jelas. eh, atau diumumkan jumat, ba’da shalat jumat. biar kyk pengumuman jokowi.
  2. Spekulasi buy di saham-saham ret 50% atau di sudah ada digaris support. akibat turun -3% setelah pemilu cukup banyak saham yang berada di ret 50%. asumsinya banyak yang akan coba-coba ‘pasang’ posisi. hitung-hitung kalau rebound kan lumayan :). nah semakin banyak yang coba-coba ‘pasang’ ini juga akan cukup menentukan.
  3. Asing bagaimana? dilihat dari harga yang sudah banyak terdiskon. harusnya asing positioning. berapa banyak? nah ini ya ga tau.

Semakin menarik sodara sodara, pertanyaan selanjutnya adalah skenario apa saja yang bisa terjadi? skenario-skenario dibawah semuanya asumsi y. ada dua skenario nya yang pertama : IHSG bisa bergerak naik dulu, menembus resisten / sampai menutup gap lalu bergerak turun ke support. atau skenario kedua turun langsung ke support dan rebound setelah pengumuman wakil jokowi. 

Lalu mana yang menurut saya akan terjadi? menurut saya saya pegang skenario ke dua saja. tapiiii bukan berarti besok ditutup negatif. Jadi besok dibuka gap down. lalu ditutup positif. kenapa? gap down muncul karena sentimen regional dihari jumat dan sentimen jual dari orang-orang yang memilih menunggu kejelasan wakil jokowow. jadi dibuka gap down namun ditutup positif karena spekulan-spekulan. ah, susah deh nebaknya. saya akan positioning hanya dan hanya jika resisten ditembus atau support disentuh. resisten di tembus juga ada gap sih. jadi asumsi IHSG nembus resisten hanya untuk sekedar menutup gap layak diperhitungkan dong. tapi saya cukup yakin pekan depan sentimen external / chart akan sering false signal. ya karena sentimen politik ini.

Jadi positioning atau kagakkk? ya liat besok. jangan buru-buru. bedakan fakta dan opini. baca lagi indikator volume dan jenis-jenis gap deh. biar bisa tau gap IHSG itu jenisnya apa. saya sih kyknya termasuk spekulan yang masuk besok. tapi masuknya siang menjelang sore paling liat resisten ama supportnya dulu.