Menurut investopedia contrarian trader adalah “Contrarian trading is an investment style that goes against prevailing market trends by buying assets that are performing poorly and then selling when they perform well.. lengkapnya bisa dibaca disini 

intinya kira kira begini, contrarian trader adalah orang yang punya dorongan melakukan hal yang berbeda dengan sentimen massa yang muncul.. they goes against prevailing market trends… sebagai contoh, IHSG yang telah mencapai all the time high dan terus mencetak high memancing contrarian trader untuk mengambil posisi sebaliknya, jadi mereka bukan membeli, namun menjual.. mereka malah cenderung memilih full cash disaat market bergerak naik seperti saat ini.

lantas apa itu contrarian trap?

first. saya tidak ada masalah soal strategy contrarian, dan memang tidak ada yang salah soal strategy ini. namun, yang sering terjadi dan saya temuai adalah kita malah cenderung terjebak dengan dorongan untuk melakukan hal yang berbeda. disinilah kita terjebak dalam mindset untuk melakukan posisi contrarian.

imho, strategy contrarian sama seperti strategt lainnya yang memiliki kriteria khusus untuk dilakukan..bukan sekedar mengambil posisi berlawanan dengan sentimen market,  bukan karena harga suatu saham telah naik cukup signifikan lantas langsung mengambil berlawanan dengan arah harga. begitupun jika harga saham sudah turun signifikan, sangat tidak bijak kita masuk tanpa ada konfirmasi.. big no. seorang contrarian trader yang baik tau bahwa going against the price trend is always a tough way to play.

nah disinilah masalahnya muncul…

terkadang kita terjebak untuk melakukan hal yang berbeda, terjebak dalam mindset contrarian, main jebrat jebret tanpa mengetahui sepenuhnya bagaimana seorang contrarian trader bekerja. sekali lagi.. seorang contrarian trader yang baik tau bahwa going against the price trend is always a tough way to play. bukan pilihan bijak untuk melawan trend yang sedang terjadi, ingat qoute “trend is your friend” atau “don’t fight the trend” ?

maka sebelum mengambil posisi, seorang contrarian trader akan menganalisis secara mendalam, menurut saya, indikator yang digunakan oleh contrarian trader tidak hanya harga. mereka juga menggunakan analisis sentimen bahkan jika perlu analisis fundamental.

semua indiaktor yang digunakan semata mata untuk memastikan bahwa risiko yang akan mereka ambil merupakan risiko yang seminimal mungkin, dan yang paling penting adalah mereka menunggu konfirmasi. KONFIRMASI!

anyway, satu qoute paling sering di gunakan sebagai dasar melakukan posisi contrary adalah be fearful when others are greedy -nya warrent buffet. mungkin yang gunakan quote ini lupa, buffet itu investor.. bukan seorang trader.

so, jangan sampai kita terkecoh oleh otak sendiri untuk melakukan posisi contrarian yang prematur dan tanpa persiapan yang matang. jika anda seorang trader, maka disiplin lah dengan timeframe dan strategy anda.. kasarnya, jika nyangkut, jangan tiba2 nulis qoute dari kakek wb diatas, dan tiba-tiba peduli fundamental.. hehehe.

semoga bermanfaat. see you.