Seni melakukan bottom fishing

artikel ini catatan saya dalam melakukan bottom fishing. jadi sekedar sharing how did i do it. walaupun sekarang saya suka buy on break out. namun mencari yang mau teknikal rebound cukup menggoda. hehe.

dalam bottom fishing buat saya ada kriteria kriteria yang ga boleh di lewatkan, apa itu? pertama asumsi teknikal IHSG.

contohnya begini. dengan data pengangguran yang lebih baik di atas ekpektasi telah membuat DJI koreksi di hari jumat. hal ini akan memberi sentimen negatif atas pergerakan IHSG di hari senin. karena bla bla bla. panjang deh. nah. imho, untuk saham-saham yang sedang teknikal rebound. selain resisten, sentimen arah IHSG bisa menjadi turn point. harus sangat di perhatikan.

hal selanjut yang musti diperhatikan adalah konfirmasi. biasanya, target koreksi diproyeksikan dengan fibo extension. atau garis trend. btw fibo retracement memang ajaib menurut saya. kenanya pas mulu. tapi jangan sekali kali spekulasi tanpa konfirmasi. ingat, sahamnya sedang downtrend. punya probability 80 persen melanjutkan downtrendnya. konfirmasi bisa dilihat dari formasi candle si emiten.

Terakhir adalah pelemahan trend. pelemahan dari trend turun saham yang kita analisa. melihat pelemahan trend turun bisa dilihat dari indikator indikator teknikal. bisa stochastic dan atau MACD. eh, ingat, ini hanya sekedar pelemahan. belum bisa diangap reversal y. jangan sampai sudah cuan terus balik jadi minus.

biar lebih jelas. anda bisa lihat chart TAXI dibawah.

46145_1511452939185_2980162_n

dari chart taxi diatas, mari kita cek semua kriteria diatas.

  1. konfirmasi? check. formasi candle di ret 161.% persen mendukung tanda tanda teknikal rebound. arahnya menuju 1062.
  2. pelemahan trend turun? check. stochastic yang merupakan leading indikator sudah golden cross. disusul MACD (lagging) juga nyaris golden cross.
  3. Nah. tinggal arah IHSG. imho, buat saya. kriteria ini yang paling penting dalam bottom fishing. dan teknikal rebound itu hanya bonus buat kita untuk SOS. atau dapat cuan sekedar sampai resisten. kecuali nanti resisten di bablas semua, dan menunjukan tanda tanda reversal.

eh tapi bukan berarti bottom fishing ga bisa cuan ya, minggu kemarin ada PGAS, MEDC. pesan dari artikel ini adalah jangan lupa saham downtrend adalah saham yang sedang downtrend 😀 . kita cuma nyari teknikal rebound. dikasih sampai ret 50% udah alhamdulillah. jangan terlena. itu aja.

terakhir, tanggal 6 feb saya sempat nulis twit ttg chart taxi. “imho, memenuhi kriteria WS1,WS2 dan potensi WS3. if senin > 1045 bisa haka. tp resisten diatasnya banyak”

jadi saya sendiri tertarik si masuk TAXI. digrup telegram juga rame tu yang ngaku udah masuk taxi. namun karena asumsi IHSG akan koreksi. terus capital terbatas. yang terakhir, ada ASRI n GJTL yang menurut saya lebih menarik plus saya juga mau avg up SMRA kalau besok doi naik. jadi ya bukan jelek ya si TAXI. hanya masalah kenyamanan aja. hehe.

so, itu tadi seni melakukan bottom fishing menurut saya. semoga bermanfaat.

ps. saya tanggal 3 feb udah punya taxi. liat deh di twit saya. udah ngarep teknikal rebound dari tanggal 3 saya. tapi kejual karena trailing stopnya ketat amat. 😀 btw contoh selain TAXI ada PNLF.

3 Comments

  1. saya ga berani main bottom fishing (tapi berani main gorengan). Hehehe…

  2. Mas, boleh donk aku di add group telegram saham. no ku 082124589706. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 a Trend Trader

Theme by Anders NorenUp ↑