Jika anda membaca  part I dan part II dari artikel tentang Outlook dan Rekomendasi saham IHSG agustus 2014 berati anda mengetahui posisi porto saya ada 4 saham yaitu TLKM, MLPL, BMTR dan GJTL. 2 emiten pertama saya sudah profit taking. Pertama karena TLKM sepertinya sudah bergerak membentuk first pull back. lalu MLPL menembus support.

Rekap profitnya seperti ini. MLPL buy 735 sell 805 atau 9,5% gain dan TLKM buy 2720 sell 2765 atau 1,6%, lumayan kan buat 3 hari :) Saya jual karena saya mau ayun untuk beli lagi dua saham tsb. namun mungkin untuk buyback MLPL agak riskan. sebaiknya menunggu penembusan resisten. untuk TLKM boleh antri lagi di 2710-2715. 

Nah karena posisi tinggal 2 emiten tentu saya akhirnya stockpic lagi. kecenderungan saya sebenarnya nambah posisi di GJTL. karena dari 3 rekomendasi pada artikel sebelumnya, hanya GJTL yang belum bergerak. namun saya juga antri di TLKM dan saya menemukan satu saham yang layak koleksi yaitu SMCB. SMCB layak dikoleksi diharga ret 50% yaitu 2800 dengan target price 3100. saya sih biasanya bid di 2805 atau bahkan 2810 karena takut ga kebagian 🙂

Namun hal penting yang menjadi catatan adalah pergerakan DJI. kita tau bahwa pergerakan IHSG selain dipengaruhi oleh sentimen nasional, sentimen pergerakan DJI juga sangat mempengaruhi pergerakan IHSG. nah mari kita lihat posisi chart DJI hingga tanggal 14 malam.

7

did u see? DJI saat ini resisten testing di 16717. dan imho, trend pergerakan DJI menurut saya adalah trend turun. jadi resisten testingnya ini adalah first pull up aja atau cuma sampai resisten lalu akan bergerak kebawah membentuk new low. so? jika kita tau DJI akan turun, apakah kita mau koleksi? namun potensi penembusan resisten tidak dapat dihilangkan. apalagi data pengangguran yang lebih besar dari pada ekspektasi memberi sentimen bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga rendah. hal ini dapat menjadi sentimen positif. apakah cukup kuat mendorong?

Maksud saya kita harus ekstra hati hati. kalau perlu auto sell dipasang. saya sendiri akan tetap coba bid SMCB, TLKM atau menambah porsi di GJTL. saham konstruksi? hanya PTPP yang menarik. tapi untuk trading, masuk sekarang sih telat. kecuali mau jadi investor.