Ditulisan sebelumnya tentang Sentimen pergerakan DJI saya sebutkan bahwa DJI sedang resisten testing, kita harus hati-hati. ternyata asumsi tersebut terbukti. DJI sempat minus 100 poin sebelum ditutup -50 poin. walaupun harga ditutup masih diatas support namun harga support sempat ditembus. jadi kita wajib waspada.

Seperti asumsi bahwa trend pergerakan DJI menurut saya adalah trend turun. jadi resisten testingnya ini adalah first pull up aja atau cuma sampai resisten lalu akan bergerak kebawah membentuk new low. jadi perlu trik khusus untuk stock pick saat saham dalam trend turun ini. cari yang lebih defensif atau yang sudah mau teknikal rebound.

oiya, sesuai judul saya mau update data portofolio. masih nyambung pada tulisan sebelumnya, saya sembut tulis bahwa saya sepertinya akan ayun di TLKM. dan benar saya akhirnya akumulasi TLKM di 2715 dan SMCB di 2857. sedangkan BMTR saya sell di harga 1885 atau gain sekitar 5%. saya jual karena sudah mendekat trendline. kalau mau koleksi lagi, tunggu penembusan trendline y.

porto

Untuk sentimen ke depan hanya ada 2 hal yang perlu diperhatikan. sentimen pergolakan geopolitik di ukraina. dan satu lagi kita akan menanti putusan MK pada tanggal 21. as predicted. setelah IHSG mencapai resisten. kita hanya akan sideways resisten testing sambil menunggu sentimen terbaru. jadi stay alert y.