Masih ingat statement saya bahwa dalam jangka panjang, market itu digerakkan oleh fundamental shit? maka dari itu, asumsi pergerakan IHSG dari jagoan fundamentalis JV ato JR sangat layak dipertimbangkan.

berbeda dengan embahjsx yang mampu membaca ‘arah angin’ dalam periode pendek, fundamentalis sekelas mereka ini layak menjadi perhatian. yup. se-teknikal-teknikal-nya saya, statement these double john khususnya tentang prediksi INDEX layak menjadi perhatian. 

untuk apa? ya untuk jaga-jaga biar jika mereka meramalkan bahwa market akan memasuki waktu ‘imsak’ (baca: market diprediksi koreksi tajam), maka sudah seharusnya kita menjaga hawa napsu (baca: mengurangi size).

ya kali JR ato JV punya crystal ball, ya enggalah, PRICE still the only truth full fact. but these guys has the ability and sophisticated infrastructure yang mendukung mereka untuk memprediksi market. serius.

eh, lantas kenapa yang diperhatikan hanya index? entahlah, menurut saya ilmu fundamental, khususnya di sektor tebak-menebak arah harga cukup paten di index composite, kalo di saham? kayaknya sama cupunya kayak teknikal karena semua suka-suka bandar. JV itu suka bet ama AISA, ACES ato saham-saham dengan margin safety cukup plus growth potensial, tapi ya harganya disitu-situ aja. again, tanpa mengurangi rasa hormat, market itu seringnya nurut sama fundamental analysis hanya dalam timeframe panjaaaaang. jadi syarat utama seorang trader fundamental itu selain sabar adalah tetap/rajin average down. jika anda tidak average down, jangan jadi fundamentalis deh.

ok, cukup intronya, ada dua hal informasi yang ingin saya sampaikan sebelum masuk ke pesan utama artikel ini.

pertama seasonal market menurut informasi yang saya peroleh dari grup dan satu lagi prediksi JR untuk outlook 2017. mari kita lihat yang pertama.

Mei – Juli : siksa pelan-pelan,… men, pada udah mulai ngerasain ga?

fyi, floating loss saya saat ini hampir 4R, 3R itu setara 1kali gaji T_T .. gimana agustus – oktober ya. hii. seremm.

sebenarnya ada data dari 2013, tapi saya rasa linechart diatas bisa menggambarkan akurasi ‘ramalan’ JR soal pergerakan index. gimana.. gimana?? makin ngeri ga? serem ya. seasonal ga kondusif ditambah JR prediksi bakal koreksi sampai 5250. klop deh.  hiiiii….

eits. nanti dulu.. jika saat ini portfolio anda dalam kondisi floating loss signifikat, maka informasi diatas akan sangat berbahaya untuk anda, kecenderungan terjebak dalam cognitive biases akan sangat tinggi!

maksud lu gimana paktua?

coba anda posisikan diri anda menjadi saya yang saat ini portfolio sedang floating loss 4R yang notabene lebih besar dari gaji!! plus ditambah informasi bahwa Mei-Juli adalah bulan menyiksa!! yang akan dilanjutkan dengan bulan pembantaian hingga oktober!!. serta ramalan JR bahwa market menuju 5250 sampai akhir september!!!.

saya ulangi ya.. Loss lebih besar dari gaji, Mei-Juli adalah bulan menyiksa, bulan pembantaian hingga oktober,  JR bahwa market menuju 5250 sampai akhir september.

maka peluang untuk menjadi bias akibat informasi diatas sangat tinggi.

menjadi bias itu gimana?

biar mudeng, contoh menjadi bias akibat informasi diatas:  saya menyimpulkan bahwa saat ini adalah saat yang cocok untuk clearing portfolio, atau saya mendadak peduli fundamental saham di portfolio saya.

fakkk. ini lah yang disebut dengan cognitive biases, cognitive biases SCREW UP your decision making. eniwey, penyebab cognitive biases itu ada banyak, berikut infografisnya

ga perlu dibaca semua, intinya si cognitive biases SCREW UP your decision making.

pesannya adalah kita harus mampu menjadi orang ke-tiga yang memperhatikan diri kita jika akan melakukan kebodohan akibat cognitive bias. ingat! jangan terdorong impulse.

etapi loss lu kan udah lebih gede dari gaji.

emang kenapa? itu loh floating loss, sebelum floating loss itu juga floating profit > dari gaji. santai aja.. walaupun memang jika sampai kena stoploss ya bakal sedih ini. T_T

lah kan menurut data dan prediksi JR bahwa market akan koreksi.

kita kembali ke fakta aja. selama area 5580 belum ditembus, maka index masih sideways.

lantas, apa yang harus kita lakukan paktua?

pertama, tarik napas dalam dalam… lalu tanyakan ini kepada diri anda.

  1. apakah stoploss anda sudah tercapai? jual jika sudah, hold jika belum.
  2. apakah target profit anda sudah tercapai? jual jika sudah, hold jika belum.

udah gitu aja?

iya, jangan takut soal waktu ‘imsak’ fundamentalis, karena kita menggunakan teknikal analisis maka jelas waktu imsaknya beda. hehehe.

 

semoga bermanfaat.